Menikah di Tahun Depan? Yuk Hitung Berapa Biaya Pernikahan yang Sederhana

Ketika hati sudah mantap menentukan pilihan untuk lanjut ke jenjang pernikahan, menghitung biaya untuk maju ke pelaminan menjadi hal yang penting. Menikah dengan pesta sederhana pun tetap memerlukan biaya. Sebenarnya biaya apa saja sih yang perlu menjadi perhatian? Berapa biaya pernikahan sederhana yang harus disiapkan? Setidaknya biaya mahar, katering, dan biaya dekorasi pernikahan adalah pos yang cukup besar dan perlu diperhitungkan dengan matang. Kamu sedang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat? Yuk simak rincian biaya pernikahan yang perlu masuk dalam anggaran kamu.

Biaya Hantaran

Sebelum pesta pernikahan digelar, prosesi lamaran adalah momen yang sangat penting. Pada prosesi ini pihak pria akan melakukan tradisi hantaran, yakni membawa sejumlah seserahan kepada calon mempelai perempuan. Biaya seserahan ini bisa berbeda-beda tergantung isi dari seserahan itu sendiri. Umumnya seserahan berisi kebutuhan perempuan seperti tas, baju, sepatu, peralatan makeup, parfum, dan sebagainya. Semakin mewah barang di dalamnya semakin mahal biayanya. Namun kamu bisa menghemat biaya seserahan ini dengan produk lokal yang tidak kalah berkualitas dan bergengsi dengan barang bermerek. Dengan biaya sekitar 4-5 juta rupiah kamu sudah bisa mendapatkan hantaran yang layak. Namun bukan hanya biaya seserahan, kamu juga perlu memperhitungkan ongkos lamaran ke tempat calon mempelai berada. Apalagi jika mereka tinggal di kota berbeda

Biaya Mahar

Untuk mahar atau mas kawin jumlahnya sesuai yang disepakati calon mempelai. Dapat berupa perhiasan, uang tunai, atau barang berharga lainnya. Cek harga emas per gramnya untuk estimasi mas kawin berupa perhiasan atau logam mulia.

Biaya KUA

Menurut PP Nomor 48 tahun 2014 biaya nikah di Kantor Urusan Agama adalah gratis jika dilakukan pada hari kerja di jam kerja. Sementara jika di luar itu akan dikenai biaya setidaknya 600 ribu rupiah.

Biaya Sewa Lokasi Pernikahan

Untuk sewa gedung pernikahan, biayanya bervariasi bisa jutaan hingga ratusan juta rupiah tergantung lokasi dan fasilitas. Aula perkantoran atau balai pertemuan yang disewakan cenderung mematok harga lebih rendah dibandingkan di hotel berbintang. Untuk zero biaya sewa kamu bisa menikah di rumah, tapi repotnya bisa berkali lipat dibanding menyewa tempat. Siapkan dana setidaknya 15 juta rupiah untuk sewa tempat. Hal ini biasanya belum termasuk dekor dan katering.

Biaya Wedding Organizer

Wedding organizer (WO) biasanya disewa untuk membantu mengurangi kepusingan calon mempelai mengelola seluruh tetek bengek pesta pernikahan. Mulai mengatur acara prosesi pernikahan, mengurus fotografi, hingga mengatur flow katering. Biaya WO memang beragam mereka memiliki paket-paket sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biaya WO umumnya sekitar 10 juta rupiah, namun bisa juga di bawah itu. Hal yang penting adalah pastikan WO yang kamu pilih adalah mereka yang berpengalaman, bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Biaya Katering

Biaya katering termasuk biaya pokok dalam pesta pernikahan. Jumlahnya kadang sulit ditekan karena sebagai tuan rumah, kita ingin memberikan yang terbaik untuk para tamu. Untuk katering paket pernikahan umumnya minimal 100 pax. Harga per pax sendiri bervariasi bisa mulai 65 ribu rupiah bahkan kurang. Semakin banyak pax yang dipesan, potongan harga juga biasanya semakin besar. Jika kamu mengundang 300 pax setidaknya kamu membutuhkan dana sebesar Rp19.500.000 Untuk amannya sih pesan pax sedikit lebih dari tamu yang diundang agar tidak kehabisan makanan sebelum pesta usai.

Biaya Undangan & Suvenir

Di era digital ini kamu bisa menekan biaya kartu undangan, karena kamu bisa mengirimnya secara digital. Sementara untuk suvenir, harganya juga banyak kok yang terjangkau. Dengan harga 5000 rupiah per item, kamu sudah bisa mendapatkan suvenir cantik seperti pouch, kipas, gantungan kunci dan sebagainya. Jika kamu mengundang 500 orang, biaya suvenir yang kamu siapkan adalah sekitar 1,5 juta saja.

Biaya Make up & Busana Pengantin

Makeup pengantin sesimpel apapun butuh ekstra effort seorang MUA atau make up artist. Tidak heran biaya makeup ini cukup mahal. Setidaknya siapkan dana 10 juta rupiah untuk make up hari penting yang akan menjadi kenangan seumur hidupmu. Untuk gaun atau kebaya pengantin pun membutuhkan biaya yang tidak kecil mulai dari bahan hingga ongkos menjahit. Setidaknya 3-5 juta harus disiapkan untuk gaun pengantin. Untuk menekan biaya, ada opsi untuk menyewa saja.

Biaya Dokumentasi dan Hiburan

Untuk dokumentasi harga yang harus disiapkan berkisar di angka 5 juta rupiah sementara untuk live music saat pesta, kamu harus menyiapkan anggaran sewa home band atau wedding singer setidaknya 4-5 juta rupiah, dan juga MC-nya jangan lupa sekitar 1 juta rupiah.

Biaya Tidak Terduga

Selalu siapkan anggaran tak terduga agar kamu tidak terkaget-kaget ketika biaya membengkak tiba-tiba. Siapkan dana tak terduga kira-kira 3 juta rupiah.

Untuk menekan pengeluaran, kamu bisa mengatur ulang jumlah tamu hingga pilihan suvenir dan biaya tersier seperti entertainment dan pre wedding. Jika kamu telah menjalin hubungan serius dan merencanakan pernikahan, ada baiknya juga kamu secara terbuka membicarakan budget pernikahan yang disepakati kemudian membuka pos atau rekening pernikahan bersama dan menabung dana di pos tersebut setiap bulannya secara rutin. Hal ini juga bisa menjadi deteksi awal untuk mengenal cara pasangan mengatur uang dan komitmen soal uang. Ini juga salah satu basic penting saat mengatur keuangan rumah tangga nantinya. Selamat merencanakan pernikahan ya, semoga lancar sampai hari H!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments