Mengenal Apa itu Accumulation Goals dan Cara Mencapainya

Yuk, saatnya mulai mengenal accumulation goals dan cara mencapai agar kamu bisa mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

Accumulation goals adalah salah satu tujuan keuangan yang berfokus pada akumulasi atau pengumpulan dana (menabung) untuk mencapai target tertentu di masa depan.

Kebanyakan orang memiliki beberapa tujuan accumulation goals yang ingin dicapai, seperti pembelian properti, dana darurat, persiapan pensiun, dan dana pendidikan anak.

Atau bisa juga investasi jangka panjang lainnya yang masing-masing memerlukan strategi tabungan atau investasi yang khusus.

Ketidakmampuan untuk merencanakan tujuan keuangan dengan jelas dan strategi yang tepat untuk mencapainya membuat accumulation goals sulit diraih.

Nah, dalam Personal Finance kali ini, akan membahas cara mencapai accumulation goals, terutama jika kalian punya beberapa jumlah target tabungan yang ingin dicapai.

Meraih accumulation goals tentunya membutuhkan langkah dan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk bisa mencapai accumulation goals.

Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Cara Mencapai Accumulation Goals

1. Sadari Pentingnya Menabung

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kamu harus pahami terlebih dahulu mengapa menabung itu hal yang penting.

Selain itu, tentukan dengan jelas tujuan kamu menabung, apakah untuk keperluan jangka pendek atau jangka panjang.

2. Buat Strategi Menabung

Setelah mengidentifikasi tujuan kamu menabung, selanjutnya tentukan jumlah uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut dan tentukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai angka itu.

Jika tabungan tersebut dibutuhkan dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan, maka sebaiknya alokasikan dana tersebut ke dalam tabungan yang likuid.

Tabungan yang mudah diakses dalam waktu singkat tanpa adanya hambatan yang signifikan, seperti rekening tabungan atau sertifikat deposito. 

Melirik Investasi Setelah Rutin Menabung

Namun, jika tujuan kamu menabung untuk persiapan pensiun, dana pendidikan anak atau keperluan jangka panjang lainnya, maka mengalokasikan sebagian dana tabungan untuk investasi bisa menjadi langkah yang tepat. 

Dengan berinvestasi, kamu dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan dana secara lebih optimal. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu, mulai dari obligasi hingga investasi saham

Strategi menabung dan investasi memegang peranan krusial dalam mencapai accumulation goals. Dengan menetapkan tujuan yang jelas dan disiplin dalam menyisihkan dana, kamu dapat membentuk kebiasaan menabung yang kuat.

Namun, untuk mencapai tujuan jangka panjang yang memerlukan pertumbuhan nilai, investasi adalah kunci.

Melalui investasi yang tepat, kamu dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan dan mengatasi inflasi untuk meningkatkan nilai uang seiring waktu. 

Apabila ada kebutuhan mendesak dalam jangka waktu dekat, menjaga sebagian besar dana dalam bentuk tabungan likuid adalah pilihan yang bijaksana.

Dengan menyusun rencana yang terperinci dan mengadaptasi strategi sesuai kebutuhan, kamu dapat meraih accumulation goals dengan sukses.

Jika tidak ingin melewatkan kabar terbaru seputar investasi saham, properti, hingga emas, baca terus artikel dari blog SkorLife.

Sebelum kamu mengajukan kredit motor ke lembaga pembiayaan, coba deh cek lebih dulu skor kredit melalui aplikasi SkorLife yang diunduh di smartphone.

Sudah memiliki kartu kredit Mayapada Skorcard, gunakan terus untuk meraih sejumlah kelebihan setelah bertransaksi di mana saja.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments