Apakah Motor Listrik Aman Saat Hujan? Begini Penjelasannya

Apakah motor listrik aman saat hujan sering ditanyakan oleh khalayak yang tertarik menggunakan kendaraan electric vehicle (EV) ini. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Motor listrik dirancang untuk menjadi kendaraan sehari-hari yang efisien dan juga ramah lingkungan.

Pasalnya, kendaraan roda dua ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga penggeraknya dan juga sensor elektronik.

Selain efisien, harga motor listrik yang relatif terjangkau bila dibandingkan motor konvensional juga menjadi alasan mengapa kendaraan EV semakin populer di Indonesia.

Namun demikian, masih ada saja yang bertanya-tanya apakah motor listrik bisa dipakai saat hujan? Hmm, bisa jadi ada yang takut tersetrum. 

Melansir laman Kompas.com, pemilik bengkel spesialis motor listrik EVCentrum, Adyta Muhammad Sina menerangkan bahwa kendaraan EV ini bisa digunakan meski kehujanan.

Simak ulasan blog SkorLife mengenai hal ini lebih lanjut. 

Apakah Motor Listrik Aman Saat Hujan

Lebih lanjut, Adyta mengatakan bahwa aman-aman saja motor listrik kena hujan.

Hal itu disebabkan baterai motor listrik memiliki standardisasi Ingress Protection atau IP Rating.

Sekedar informasi, IP Rating adalah standardisasi dalam pengukuran kekuatan dan ketahanan peralatan elektronik (baterai) dari paparan debu serta tahan air, bahkan saat direndam.

Dengan demikian, IP Rating itu artinya menjadi kewajiban dasar di semua jenis baterai motor maupun sepeda listrik.

“Model baterai SLA (sealed lead acid) yang merupakan jenis paling murah juga telah IP Rating. Jadi, jangan takut korslet,” terang Adyta.

Menurut dia, dengan standardisasi itu masyarakat tidak perlu khawatir apakah sepeda motor listrik aman saat hujan.

“Kendala yang harus diperhatikan konsumen adalah resiko karat, yang bisa terjadi setelah motor listrik kehujanan,” kata Adyta.

Oleh sebab itu, cara melindungi sepeda motor listrik dari hujan agar tak karat yakni dengan selalu mencuci dengan air bersih setelah terkena hujan.

Nah, itulah penjelasan mengenai apakah motor listrik aman saat hujan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kamu tidak perlu khawatir tersetrum ya lantaran kendaraan roda ini memang sudah dirancang dengan baik. 

Mau tahu mengenai panduan investasi properti, emas, obligasi, hingga saham, baca terus artikel-artikel terbaru di blog SkorLife.

Bagi kamu yang ingin membeli mobil baru dengan skema cicilan ke multifinance, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Ajukan aplikasi untuk mendapatkan Mayapada Skorcard, kalau kamu ingin memiliki kartu kredit yang memberikan banyak kelebihan setelah bertransaksi.

Hanya di blog Skorcard, kamu bisa memperoleh rekomendasi destinasi wisata, hotel, belanja, dan makanan terkini. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments