10 Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula dengan Potensi Keuntungan Besar

Inilah berbagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula dengan modal kecil. Kamu bisa coba menggeluti salah dari ide usaha ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ketika kamu berencana untuk membuka usaha sendiri, tentunya harus melewati proses rencana matang dan juga modal yang mencukupi.

Ketekunan juga sangat diperlukan ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha sendiri alias berwirausaha.

Namun, sering kali banyak orang yang ingin memulai usaha mengalami kebingungan. Mau bisnis apa yang mudah untuk orang yang belum pernah merintis usaha?

Pastinya, ada banyak hal yang harus dipikirkan mulai dari modal, tempat usaha, jejaring, kemudahan dalam menjalankan usaha, dan lainnya.

Lantas, usaha rumahan apa yang cocok untuk pemula?

Blog Skorlife melansir dari situs berita Detik.com dan sumber lainnya, inilah daftar bisnis yang dapat dilakukan dari tempat tinggal untuk mereka yang masih baru. 

Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

1. Jualan Aneka Cemilan

Bagi kamu yang punya ketertarikan terhadap dunia kuliner, mungkin akan bertanya jual makanan yang laku setiap hari apa saja?

Masyarakat di kota-kota besar, seperti Jakarta biasanya suka sekali ngemil sambil bersantai.

Nah, kamu bisa banget lo membuka usaha toko aneka cemilan yang dijual kiloan, seperti kacang, kerupuk, kue kering dan sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan cemilan secara online. Tidak hanya itu, kamu bisa menggunakan teras atau carport kalau ingin menjual secara offline.

2. Drop Shopping

Menggeluti bisnis dropshipping juga bisa jadi ide usaha rumahan yang cocok dilakukan pemula di tahun 2024 ini.

Usaha ini bisa dilakukan melalui online, tanpa perlu  mengelola produk fisik. Hal ini berbeda dengan reseller. Setidaknya kamu harus memiliki stok barang. 

Kamu bisa membangun kemitraan usaha rumahan dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan.

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk memberitahukan orang-orang terdekat mengenai bisnis kamu.

3. Jualan Aksesoris

Ide usaha kecil-kecilan untuk pemula berikutnya yang bisa menghasilkan keuntungan adalah berjualan aksesoris Korea, seperti aksesoris untuk handphone, gelang, kalung, jepit rambut dan lain-lain.

Selain mencari supplier aksesoris Korea tangan pertama, kamu juga bisa bereksperimen dengan membuat pernak-pernik buatan sendiri.

Jangan lupa, untuk memanfaatkan aplikasi e-commerce untuk menjual produk buatanmu sendiri ya. Atau kamu bisa memasarkannya via media sosial seperti TikTok atau Instagram. 

4. Warung Sembako

Usaha apa yang cocok di depan rumah? Salah satu ide usaha rumahan yang berpeluang mendatangkan omset jutaan adalah membuka warung sembako.

Sebab, warung sembako menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari, seperti beras, bumbu dapur, minyak goreng, telur ayam dan sebagainya yang biasa dibutuhkan rumah tangga.

Oleh karena itu, warung sembako termasuk dalam usaha rumahan yang tidak ada matinya. Kamu bisa memanfaatkan carport dan teras rumah untuk membuat warung.

5. Budidaya Ikan Hias

Bila kamu hobi dan memiliki pengetahuan tentang ikan hias, maka tidak ada salahnya mencoba membuka usaha rumahan budidaya hewan peliharaan tersebut.

Kamu bisa mempelajari jenis-jenis ikan hias yang bisa dijual dengan harga sangat tinggi dan banyak peminatnya.

Jangan lupa untuk ikut komunitas agar kamu bisa selalu mendapatkan update mengenai bisnis ikan.

6. Buka Catering

Sebagian kaum hawa mungkin saja ada ingin tahu, kira-kira usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga?

Ide usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil dan jago masak salah satunya adalah membuka jasa catering.

Kamu bisa membuat menu catering kantoran, catering sehat, catering snack box, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu bisa membuka warung makan agar orang bisa tahu kalau usaha kamu juga memiliki diversifikasi.

7. Jual Desain dan Kaos Print on Demand

Ide usaha rumahan yang cocok untuk pemula lainnya yakni desain grafis dan menjual kaos dengan sistem print on demand.

Agar bisnis ini dapat berjalan, kamu bisa menjalin kemitraan usaha rumahan milikmu dengan tempat sablon kaos satuan terdekat dan terbaik.

Jangan lupa untuk memamerkan desain yang ada di media sosial agar orang tertarik. Siapa tahu ada yang ingin memesan dalam jumlah besar.

8. Jasa Foto Produk Katalog

Ide usaha rumahan kreatif satu ini pastinya cocok bagi kamu yang hobi fotografi dan memiliki kemampuan memotret berbagai macam produk.

Jasa foto produk kini banyak dicari oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang membuka usaha online shop, baik jualan produk fashion maupun makanan.

Kamu bisa menawarkan jasa kepada teman-teman terdekat yang memiliki usaha cemilan, cafe, warung makan, atau katering.

9. Warung Kopi atau Warkop

Saat kamu berencana berwirausaha dalam bidang kuliner, mungkin saja akan mencari tahu usaha makanan apa yang cocok untuk pemula?

Salah satu usaha makanan untuk pemula yang menguntungkan adalah membuka warung kopi atau warkop.

Biasanya, warkop di Indonesia menyediakan menu yang mudah dibuat, seperti kopi, teh, mi instan dan juga aneka gorengan.

Kamu tidak perlu mencari tempat usaha, kalau bisa memanfaatkan teras dan carport.

10. Buka Pertamini

Membuka Pertamini di pinggir jalan juga merupakan ide usaha rumahan yang tidak ada matinya dan berpotensi mendatangkan keuntungan.

Pasalnya, saat ini jumlah pengendara motor bensin semakin banyak dan kamu bisa memanfaatkan kondisi ini dengan menjual bensin eceran.

Usaha kecil ini cocok kalau rumah kamu berada di pinggir jalan.

Hmm, ternyata itulah berbagai usaha rumahan yang cocok untuk dilakukan oleh para pemula dan bisa mendatangkan cuan besar.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti berita terbaru mengenai pasar modal hingga rekomendasi produk otomotif terbaru, hanya di blog Skorlife.

Kalau kamu yang ingin memiliki rumah baru  dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya melalui aplikasi Skorlife.

Yuk, pakai kartu kredit Mayapada Skorcard untuk setiap transaksi agar kamu mendapatkan Skorpoin lebih banyak.  

Intip blog Skorcard yang memberikan panduan dan rekomendasi mengenai hotel terbaik dan tempat tujuan wisata terbaru.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments