10 Peluang Usaha Rumahan di Desa. Modal Kecil Untung Besar

Ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang hanya membutuhkan modal kecil tetapi dapat menghasilkan untung besar. Penasaran bisnis apa sajakah itu? Yuk, baca info selengkapnya di sini.

Pemerintah pusat terus mendorong perekonomian warga desa melalui sejumlah program yang dijalankan beberapa tahun terakhir.

Misalnya saja, KUR yang merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Ada sejumlah bank yang menyalurkan kredit ini, salah satunya BRI

KUR adalah program pembiayaan modal kerja dari pemerintah bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di desa dan kota.

Dengan program pembiayaan kredit itu masyarakat dapat menciptakan peluang usaha di desa. Memangnya, usaha apa yang cocok di kampung?

Ada sejumlah usaha yang menjanjikan dan cocok untuk masyarakat di desa. Bagi kamu yang menetap di kampung, tentu tidak perlu khawatir. 

Blog Skorlife telah merangkum dari berbagai sumber, inilah ide bisnis yang berpeluang menghasilkan keuntungan.

Peluang Usaha Rumahan di Desa pada 2024

1. Usaha Pertanian Hidroponik

Salah satu kelebihan tinggal di desa atau kampung adalah kondisi lingkungan serta iklim lebih segar lantaran bebas polusi.

Selain itu, biasanya rumah-rumah di desa masih memiliki halaman yang luas atau masih ada lahan perkebunan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan keuntungan tersebut dengan membuat bisnis pertanian hidroponik, meski sebenarnya pasokan air di desa masih banyak.

Selain bisa menjual hasil panen, kamu pun dapat membuka pelatihan budidaya hidroponik kepada masyarakat di balai warga.

2. Sewa Alat Pertanian

Usaha apa yang menjanjikan di desa tahun 2024? Salah satu contoh usaha yang berpeluang mendatang untung besar, yakni membuka persewaan alat pertanian.

Kamu bisa menawarkan sewa traktor pertanian kepada warga kampung. Apalagi, bila memasuki masa menanam tentu permintaan akan alat untuk membajak sawah bakal tinggi.

3. Beternak Ayam Kampung

Peluang usaha rumahan menguntungkan tapi modal kecil selanjutnya yakni beternak ayam kampung. Kamu bisa memulainya dari beberapa ekor.

Biasanya, rumah di desa masih mempunyai lahan luas serta memiliki lingkungan yang mendukung untuk bisnis ternak ayam.

4. Jasa Jahit Pakaian

Kamu punya modal 5 juta dan bingung usaha apa yang cocok? Bagi kamu yang memiliki kemampuan menjahit, mungkin membuka jasa jahit pakaian menjadi peluang usaha paling menguntungkan.

Banyak masyarakat di desa membutuhkan jasa jahit atau konveksi untuk berbagai keperluan, pastinya kondisi ini mendatangkan peluang usaha tersendiri untuk kamu.

5. Pertamini

Sebagian besar warga desa berprofesi sebagai petani. Biasanya, saat waktu panen tiba mereka membutuhkan kendaraan pengangkut, seperti motor dan mobil bak terbuka.

Untuk menjalankan kendaraan tersebut pastinya memerlukan bahan bakar bensin. Namun, jarak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU terbatas dan jaraknya jauh.

Nah, cobalah untuk menangkap peluang usaha yang tidak pernah sepi ini dengan membuka SPBU Pertamini.

6. Sub Agen Elpiji 3 kg

Peluang usaha di kampung yang menjanjikan keuntungan lainnya adalah sub agen gas Elpiji 3 kg.

Bagi yang belum tahu, subagen Elpiji 3 kg merupakan pihak yang mempunyai izin untuk menyalurkan gas elpiji kepada pengecer atau masyarakat umum.

Selain kepada masyarakat umum, kamu bisa memasarkan kepada pemilik warung dan pedagang kaki lima lantaran kebutuhan lebih tinggi.

7. Jasa Servis Motor

Jasa servis motor atau bengkel merupakan jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya, baik di kota maupun desa.

Apalagi motor tentunya menjadi salah satu sarana transportasi andalan di desa.

Nah, bila kamu memiliki kemampuan teknik dalam memperbaiki motor dan memiliki cukup modal, bisa juga membuka usaha bengkel motor di kampung.

8. Buka Penginapan atau Homestay

Sudah tahu belum apa saja potensi ekonomi desa? Selain pertanian dan peternakan, sektor pariwisata juga menjadi potensi dan penggerak ekonomi masyarakat desa.

Nah, kalau lokasi rumah kamu misalkan berada dekat dengan tempat wisata populer di Jogja atau destinasi lainnya, maka membuka homestay murah bagi wisatawan tentu punya peluang bagus.

Kamu bisa menyediakan fasilitas yang menunjang untuk usaha ini sehingga tamu yang menginap bisa merasa nyaman.

9. Jasa Servis Parabola

Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya yakni membuka jasa servis antena parabola. Nah, mungkin hal ini tidak familiar di kota besar. 

Sekedar informasi, parabola menjadi alat yang penting bagi masyarakat  yang tinggal di desa agak terpencil sebagai alat untuk menerima siaran TV. 

Sama halnya dengan alat-alat elektronik lainnya, antena parabola juga membutuhkan perawatan dan teknisi khusus jika bermasalah.

10. Bisnis Jual Voucher Pulsa HP dan Token Listrik

Berjualan voucher pulsa handphone dan token listrik termasuk usaha di kampung modal 2 juta yang bisa kamu lakukan.

Pasar bisnis pulsa di kampung dan kota tergolong sangat luas dan dapat meliputi semua kelas. Jadi, ide bisnis ini berpotensi mendatangkan cuan yang banyak untuk kamu.

Saat ini, siapa sih yang tidak menggunakan telepon. Selain itu, setiap rumah juga biasanya menggunakan aliran listrik PLN.

Wah, banyak juga ya peluang usaha rumahan di desa tahun 2024 yang bisa dijalankan dengan modal kecil dan untung besar.

Semoga artikel ini mendatangkan manfaat untuk kamu yang membacanya, ya!

Jangan lupa untuk selalu mengikuti berita dan artikel terbaru mengenai rekomendasi otomotif, apartemen, dan rumah, hanya di blog SkorLife.

Kalau kamu ingin membeli rumah second  dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife.

Pastikan kamu telah memiliki Mayapada Skorcard, kartu kredit yang menghadirkan banyak kelebihan setelah bertransaksi.

Ingin jalan-jalan, menyantap makanan, dan mencari rekomendasi hotel terbaik, baca artikel-artikel terbaru dari blog Skorcard.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments