Apakah Motor Listrik Bisa Nyetrum? Begini Jawabannya

Sebagian masyarakat sering bertanya-tanya, apakah motor listrik bisa nyetrum atau tidak? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini.

Masyarakat perkotaan yang dikenal memiliki mobilitas tinggi semakin melirik motor listrik sebagai alternatif pilihan kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.

Bersamaan dengan itu, sejumlah pertanyaan unik seputar kendaraan listrik juga bermunculan di kalangan masyarakat. 

Salah satu hal paling sering ditanyakan yakni, apakah motor listrik bisa konslet atau tidak, mengingat Indonesia memiliki musim hujan.

Sebagai sebuah produk massal, tentunya motor listrik telah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi segala risiko, termasuk hujan dan banjir.

Kendaraan roda dua berjenis electric vehicle atau EV ini dibekali dengan tiga bagian utama yaitu baterai, dinamo, dan kontroler.

Namun, apakah motor listrik bisa nyetrum saat terendam banjir? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, blog Skorlife merangkum dari laman Detik.com.

Berbahayakah Motor Listrik?

Direktur Sales dan Partnership SWAP dan Smoot, Rosyeni menjelaskan bahwa korsleting tidak akan terjadi saat motor listrik terendam banjir.

Sebab, kendaraan listrik roda dua telah memiliki sistem proteksi yang akan melindungi penggunanya sehingga aliran listrik tidak akan keluar.

“Secara teknis itu (motor listrik) sudah terproteksi. Jadi, motornya sendiri tidak akan nyetrum,” kata Rosyeni.

Jadi, kalau kamu penasaran apakah motor listrik aman saat hujan, tentunya kendaraan kesayangan kamu akan baik-baik saja.

Kamu tidak perlu khawatir kalau motor akan nyetrum atau konslet saat terkena air hujan lantaran sudah dirancang aman.

Namun, apakah motor listrik bisa dicuci? Tentu saja pengguna bisa mencuci kendaraan EV miliknya, tetapi disarankan untuk tidak menggunakan semprotan air.

Para pengguna motor listrik juga tetap harus berhati-hati dan memperhatikan ketika kendaraannya terkena hujan, bahkan banjir.

Menurut dia, motor listrik sama seperti kendaraan konvensional berbasis mesin yang akan rusak bila terlalu lama terendam banjir.

Rosyeni juga memperingatkan agar motor listrik tidak dibiarkan terendam banjir hingga melewati area motor penggeraknya.

“Kalau terendam di banjir lama, pasti rusak. Tetapi kalau masih menerobos banjir yang semata kaki, itu masih oke,” ujarnya lagi.

Nah, itulah penjelasan apakah motor listrik bisa nyetrum atau tidak yang perlu diketahui oleh kamu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Hanya di blog SkorLife yang memberikan panduan investasi emas, properti, saham, sukuk, dan obligasi secara lengkap. 

Bagi yang ingin membeli motor listrik baru dengan skema cicilan ke multifinance, yuk cek dulu skor kreditnya melalui aplikasi SkorLife.

Segera ajukan aplikasi untuk mendapatkan Mayapada Skorcard, agar kamu memiliki kartu kredit yang memberikan banyak kelebihan setelah bertransaksi

Ingin update mengenai rekomendasi daerah tujuan wisata, hotel, dan kuliner kekinian, baca terus artikel terbaru di blog Skorcard

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments