Mengenal Apa Itu IPL Apartemen:  Komponen dan Cara Menghitungnya

Kamu berencana tinggal di hunian vertikal? Pahami terlebih dahulu apa itu IPL apartemen yang harus dibayar setiap bulannya. 

Saat memutuskan untuk tinggal di apartemen, ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui bila dibandingkan menghuni rumah tapak.

Salah satu perbedaan antara apartemen dan rumah adalah iuran wajib yang dibayarkan setiap bulan oleh para penghuninya.

Para penghuni rumah tapak umumnya berkewajiban membayar iuran warga perumahan untuk keamanan dan kebersihan.

Sementara pada apartemen, ada Iuran Pengelolaan Lingkungan atau IPL yang artinya biaya perawatan dan harus dibayar oleh penghuni apartemen secara rutin.

Lalu, kapan IPL dibayarkan? Penghuni atau pemilik wajib membayar IPL apartemen setiap bulannya untuk kebutuhan pemeliharaan dan perawatan lingkungan.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasan mengenai IPL hunian vertikal di bawah ini yang blog Skorlife rangkum dari berbagai sumber.

Apa Itu IPL Apartemen?

Dilansir dari laman Detik.com yang mengutip buku berjudul Hukum Apartemen dan Kondominium (2023), IPL adalah singkatan dari Iuran Pengelolaan Lingkungan.

IPL itu artinya biaya yang harus dibayarkan setiap pemilik atau penghuni apartemen untuk pengelolaan, pemeliharaan, perbaikan, serta penggantian sehari-hari atas sarana dan fasilitas lingkungan.

Adapun dasar hukum pungutan IPL apartemen dan perumahan telah diatur dalam pasal 57 ayat 1 UU No.20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun.

Selain itu, pemungutan IPL juga diatur dalam Peraturan Pemerintah No.4 Tahun 1998 tentang Rumah Susun.

Lantas, siapa yang wajib membayar IPL apartemen? 

Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) menjadi salah satu biaya yang wajib dibayarkan oleh penghuni kepada manajemen pengelola hunian vertikal.

Komponen Iuran Pengelolaan Lingkungan Apartemen

Di antara kamu mungkin ada yang penasaran, IPL meliputi apa saja? IPL hunian vertikal kerap kali disebut sebagai maintenance fee yang terdiri dari:

1. Biaya Utilitas

Biaya utilitas adalah biaya perawatan dan pengelolaan instalasi yang meliputi air, listrik, gas, dan engineering.

Dalam komponen biaya utilitas juga termasuk biaya penggantian dan perawatan untuk peralatan yang ada di apartemen, seperti AC, lift, dan eskalator.

2. Service Charge

Komponen dalam IPL apartemen juga mencangkup services charge, yang biasanya biaya tersebut digunakan untuk keperluan operasional.

Contohnya saja, biaya untuk menggaji karyawan apartemen serta kebutuhan operasional lainnya.

3. Sinking Fund

Sudah tahu belum apa itu sinking fund di IPL apartemen?

Biaya sinking fund adalah dana simpanan wajib yang dikumpul dari setiap pemilik unit apartemen untuk menutup biaya perawatan dan pemeliharaan gedung dalam jangka panjang.

Artinya, kalau ada fasilitas apartemen rusak dan harus segera diperbaiki, maka biaya perbaikannya menggunakan dana ini.

Cara Menghitung IPL Apartemen

Setelah mengetahui apa itu Iuran Pengelolaan Lingkungan dan komponennya, lantas berapa biaya IPL apartemen?

Melansir situs jual beli properti Rumah123.com, besaran Iuran Pengelolaan Lingkungan disesuaikan dengan luas unit apartemen yang dimiliki atau dihuni oleh penghuni.

Jadi semakin luas unit hunian vertikal yang kamu punya, maka semakin besar pula IPL yang harus dibayarkan.

Adapun rumus penghitungan iuran apartemen sebagai berikut:

  • IPL apartemen x luas unit apartemen.

Contohnya, bila kamu memiliki unit apartemen di Green Pramuka City tipe studio seluas 25 m2. Lalu, biaya IPL yang dikenakan adalah Rp25.000 per m2.

Maka, besaran IPL hunian vertikal Green Pramuka City yang harus kamu bayar setiap bulannya, yakni Rp25.000 x 25 m2 = Rp625.000.

Nah, demikianlah penjelasan apa itu Iuran Pengelolaan Lingkungan apartemen, komponen dan juga cara menghitungnya. Semoga artikel ini bermanfaat, untuk kamu ya!

Hanya di blog SkorLife yang memberikan panduan dan rekomendasi investasi emas, properti, saham, dan obligasi secara lengkap. 

Bagi yang ingin membeli apartemen baru dengan skema Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya dengan aplikasi SkorLife.

Ingin mempunyai kartu kredit yang memberikan banyak manfaat setelah bertransaksi? Segera ajukan aplikasi untuk memperoleh Mayapada Skorcard

Yuk, cari tahu mengenai rekomendasi daerah tujuan wisata, hotel, belanja, dan makanan terkini, hanya di blog Skorcard

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments