Cara Investasi Emas untuk Pemula

Investasi emas telah lama dikenal sebagai salah satu cara berinvestasi yang relatif aman dan stabil. Emas sering dianggap sebagai ‘safe haven’ di tengah ketidakpastian ekonomi. Bagi kamu yang baru memulai, berikut ini adalah beberapa cara investasi emas yang mudah bagi pemula.

1. Membeli Emas Fisik

Investasi dalam emas fisik adalah pilihan populer bagi banyak investor. Cara ini memberikan keamanan dan stabilitas dalam portofolio investasi. Ada dua cara utama dalam investasi emas fisik, yaitu melalui pembelian perhiasan dan bullion atau batangan emas. Masing-masing memiliki karakteristik dan pertimbangan tersendiri yang penting untuk dipahami.

Perhiasan Emas

Perhiasan emas tidak hanya berfungsi sebagai hiasan tetapi juga sebagai bentuk investasi. Saat membeli perhiasan emas:

  • Harga: Perlu diingat bahwa harganya tidak sepenuhnya bergantung pada nilai emas karena faktor desain dan biaya pembuatan juga mempengaruhi.
  • Nilai Estetika: Perhiasan bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menggabungkan aspek estetika dengan investasi.
  • Fluktuasi Harga: Harga jual kembali perhiasan dapat berfluktuasi berdasarkan tren mode dan permintaan desain, bukan hanya harga emas murni.

Bullion atau Batangan Emas

Investasi dalam bentuk bullion atau batangan emas lebih diutamakan untuk tujuan investasi murni:

  • Kemurnian Tinggi: Bullion biasanya memiliki kemurnian emas yang lebih tinggi dibandingkan dengan perhiasan.
  • Prediksi Harga: Harga jual kembali cenderung lebih stabil dan lebih mudah diprediksi karena dekat dengan harga pasar emas global.
  • Pertimbangan Penyimpanan: Memiliki bullion memerlukan pertimbangan penyimpanan yang aman karena sifatnya yang murni dan bernilai tinggi.

2. Reksa Dana Emas

Reksa Dana Emas adalah jenis reksa dana yang khusus menginvestasikan dana kolektif para investor ke dalam instrumen yang berbasis emas. Ini bisa berupa saham perusahaan pertambangan emas, sertifikat emas, atau produk keuangan lain yang nilainya terkait dengan harga emas. Berikut cara kerja Reksa Dana Emas:

  • Pengelolaan oleh Manajer Investasi: Dana yang kamu investasikan dalam Reksa Dana Emas dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Mereka bertanggung jawab untuk memilih instrumen investasi terbaik yang berkaitan dengan emas dan mengelola portofolio investasi.
  • Diversifikasi Risiko: Investasi kamu tersebar di berbagai instrumen, yang membantu dalam diversifikasi risiko.
  • Likuiditas: Reksa Dana Emas biasanya menawarkan likuiditas yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas fisik, memudahkan kamu untuk membeli dan menjual unit investasi.

Beberapa contoh Reksa Dana Emas yang populer di Indonesia antara lain:

  • Reksa Dana Schroder Dana Prestasi Plus: Salah satu reksa dana yang berinvestasi dalam berbagai instrumen termasuk saham perusahaan pertambangan emas.
  • Reksa Dana Mandiri Investa Atraktif: Menawarkan diversifikasi dengan berinvestasi pada saham-saham perusahaan emas serta instrumen lainnya.
  • Reksa Dana Batavia Dana Saham: Memiliki portofolio yang mencakup saham-saham perusahaan pertambangan emas, memberikan kesempatan kepada investor untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan sektor emas.

3. Emas Digital

Emas Digital memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam emas tanpa perlu khawatir tentang penyimpanan fisik dan keamanan emas.

Berikut adalah beberapa platform populer di Indonesia untuk investasi Emas Digital:

  • Pegadaian Digital: Sebagai pelopor investasi emas digital, Pegadaian Digital menyediakan tabungan emas yang dapat diakses dengan mudah. Kamu dapat memulai investasi dengan nominal minimal Rp. 50.000 dan mengelola saldo emas secara digital.
  • Tabungan Emas di Shopee: Platform marketplace populer ini juga menawarkan layanan tabungan emas. Pengguna dapat membeli dan menyimpan emas secara digital melalui aplikasi Shopee.
  • DANA eMAS: Menurut survei, DANA eMAS adalah salah satu platform investasi emas digital terpopuler di Indonesia. Platform ini memungkinkan pembelian emas dalam jumlah kecil dan penyimpanan secara digital.
  • Pluang: Menawarkan investasi emas digital dengan harga kompetitif dan proses yang mudah. Emas yang kamu miliki di Pluang dapat dicetak dalam bentuk fisik dengan merek dagang Antam.
  • IndoGold: Mulai dari Rp 10.000, kamu dapat berinvestasi emas online melalui aplikasi IndoGold. Emas yang diinvestasikan dapat dicetak dalam bentuk fisik seperti emas Antam dan UBS.
  • BukaEmas: Sebuah layanan investasi emas online dari Bukalapak, memungkinkan investasi emas mulai dari Rp 100 ribu atau 0,0001 gram.
  • LakuEmas: Menawarkan layanan jual-beli emas online mulai dari Rp 50 ribu. LakuEmas terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI.

4. ETF (Exchange-Traded Funds) Emas

ETF Emas memungkinkan kamu untuk berinvestasi dalam emas tanpa harus memiliki emas fisik. ETF ini diperdagangkan di bursa saham seperti saham biasa.

5. Sertifikat Emas

Sertifikat emas adalah cara lain untuk berinvestasi tanpa harus memiliki emas fisik. Sertifikat ini memberikan kamu kepemilikan atas sejumlah emas yang disimpan oleh penerbit sertifikat tersebut.

ETF Emas adalah jenis dana yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham layaknya saham perusahaan. ETF ini mengikuti harga emas dan memberikan cara efisien untuk berinvestasi dalam emas.

Tips Investasi Emas

  • Pahami Pasar: Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami pasar emas dan faktor-faktor yang mempengaruhi harganya.
  • Diversifikasi: Jangan menaruh semua investasi kamu dalam emas. Diversifikasi portofolio penting untuk mengurangi risiko.
  • Waktu Pembelian: Membeli emas ketika harga rendah dan menjual ketika harga tinggi tentu adalah strategi ideal, namun memprediksi pasar bisa sangat sulit.

Investasi emas menawarkan berbagai pilihan bagi pemula, mulai dari pembelian emas fisik hingga instrumen investasi berbasis emas. Penting untuk melakukan riset dan memilih metode yang paling sesuai dengan tujuan dan kemampuan finansial kamu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara investasi emas dan tips investasi lainnya, unduh aplikasi SkorLife dan jelajahi artikel di blog SkorLife.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments