5 Cara Target Menabung Tercapai. Yuk, Biasakan Mengatur Keuangan

Ingin mencapai kebebasan finansial, kamu bisa mencoba sejumlah cara target menabung bisa tercapai dengan mudah. Semua ada jalannya.

Saat berbicara tentang menabung, seringkali yang menjadi masalah adalah bagaimana cara agar kamu tetap berkomitmen untuk menyisihkan sejumlah uang setiap bulan. 

Jangankan untuk berinvestasi emas, reksadana, atau lainnya, masih banyak orang yang kesulitan untuk menyisihkan uang ke dalam tabungan padahal penghasilan lebih dari cukup.

Kalau memahami beberapa strategi yang efektif dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dapat mewujudkan target menabung hingga tercapai.

Saat kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung, berarti pengelolaan keuangan bisa dikatakan baik karena bisa membagi pos pengeluaran dan pendapatan.

Setelah menabung, kamu bisa berpikir untuk mulai berinvestasi skala kecil seperti Sukuk Tabungan dan Sukuk Ritel.

Dalam artikel kali ini,  akan membahas cara agar target menabung dapat tercapai. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber dan menjelaskannya lebih lanjut.

5 Cara Target Menabung Tercapai

1. Gunakan Akun Terpisah untuk Setiap Target Tabungan

Memisahkan dana untuk setiap target tabungan membantu mengelola keuangan kamu lebih teratur, jelas, dan efektif.

Hal ini akan memudahkan kamu untuk selalu mengetahui posisi finansial dengan tepat.

2. Manfaatkan Produk Tabungan dari Bank

Produk tabungan dari bank biasanya menawarkan bunga atas saldo tabungan kamu, meski sebenarnya memang terbilang kecil. 

Dengan menyimpan uang di bank, kamu dapat memanfaatkan bunga ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tabungan kamu. 

Beberapa bank juga menawarkan produk investasi seperti sertifikat deposito (CD) atau Reksadana Pasar Uang.

Kamu bisa menginvestasikan dana dalam instrumen keuangan yang menghasilkan bunga atau pengembalian investasi yang lebih tinggi.

3. Komitmen Menyisihkan Sejumlah Uang Setiap Bulan

Penting untuk terus berkomitmen menyisihkan sejumlah uang setiap bulan ke dalam akun tabungan kamu. 

Jika pendapatan kamu relatif stabil setiap bulan, maka kamu bisa menentukan besaran yang perlu kamu sisihkan tiap bulan.

Namun, jika pendapatan kamu bervariasi, maka kamu bisa menetapkan besaran secara persentase dari pendapatan agar tidak mengganggu cash flow bulanan.

4. Manfaatkan Fitur Autodebet

Mengaktifkan fitur autodebet artinya uang yang disisihkan untuk menabung akan masuk ke rekening tabungan kamu tanpa perlu melakukan transfer manual. 

Cara ini merupakan cara yang cerdas untuk memastikan kamu tetap disiplin, konsisten dan efisien dalam mencapai tujuan keuangan kamu.

5. Sesuaikan Autodebet dengan Tanggal Gajian

Setelah mengaktifkan fitur autodebet, penting untuk mengatur autodebet dengan tanggal gajian. Mengatur transfer otomatis pada hari gajian bisa mencegah diri kamu untuk menghabiskannya. 

Jangan lupa untuk terus memantau saldo tabungan dari waktu ke waktu.

Pasalnya, melihat tabungan terus bertambah memberikan kepuasan dan dorongan, serta menunjukkan bahwa rencana yang kamu buat membuahkan hasil. 

Penting untuk diingat bahwa mencapai target menabung membutuhkan kesabaran, disiplin dan komitmen yang kuat.

Dengan menerapkan cara-cara diatas, peluang untuk mencapai tujuan keuangan kamu bisa tercapai.

Hmm, inilah sejumlah langkah dan cara target menabung bisa tercapai dengan mudah. Mungkin kamu berencana membeli mobil impian keluarga lewat menabung.

Yuk, selalu menambah pengetahuan kamu mengenai menabung hingga investasi dengan membaca artikel terbaru dari blog SkorLife.

Sebelum mengajukan kredit pembiayaan untuk membeli motor listrik, cek skor kredit kamu melalui aplikasi SkorLife yang diunduh via smartphone.

Saatnya kamu memiliki kartu kredit Mayapada Skorcard yang menyediakan sejumlah keunggulan usai bertransaksi di mana saja.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments