Mengenal Kredit Mobil Bekas Syariah. Bebas dari Riba

Apakah kamu sudah tahu kalau ada kredit mobil bekas syariah. Pilihan pembiayaan kendaraan bermotor yang bebas riba.  

Layanan pembiayaan dengan prinsip syariah semakin popular dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Skema cicilan ke bank atau lembaga pembiayaan memang lebih ringan dibandingkan menabung lantas membeli mobil secara tunai. 

Tidak hanya untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah, metode pembiayaan tanpa riba ini juga terdapat pada jual-beli mobil baru maupun bekas.

Penasaran seperti apa prinsip dan skema yang ditawarkan metode pembiayaan satu ini? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Apa Itu Kredit Mobil Syariah?

Mengutip dari laman Bprsalsalaam.co.id, kredit mobil syariah adalah proses pembiayaan mobil dengan menggunakan akad murabahah dan mengutamakan prinsip syariah.

Secara umum, apa yang dimaksud dengan akad murabahah merupakan perjanjian dalam transaksi jual-beli yang ditetapkan bersama oleh penjual dan pembeli.

Dalam transaksi jual-beli mobil baru atau bekas, calon debitur akan melakukan perjanjian profit dengan pihak bank dengan menegaskan harga barang.

Dengan kata lain, prinsip kredit syariah mobil didasarkan pada sistem bagi hasil dan berjalan transparan.

Metode pembiayaan mobil syariah juga tak tergantung dengan besaran suku bunga kredit lantaran telah menggunakan sistem bagi hasil melalui mekanisme margin keuntungan yang disepakati bersama.

simulasi kredit mobil bekas syariah
Foto: Toyota.astra.co.id

Skema Kredit Mobil Syariah

Lantas, berapa margin kredit mobil syariah? Margin kredit mobil syariah relatif bervariasi.

Sebagai contoh, Bank Syariah Indonesia (BSI) OTO untuk mobil bekas menawarkan margin mulai 2,22%.

Jadi, apakah BSI OTO bebas riba? Berdasarkan penjelasan di laman resminya, salah satu keunggulan kredit mobil syariah BSI OTO adalah tanpa bunga riba.

Sedangkan BCA Syariah dalam laman resminya menawarkan skema pembayaran dengan jangka waktu hingga 6 tahun dan margin yang telah disepakati di awal.

Adapun skema kredit mobil bekas syariah di BFI Finance dijalankan dengan akad murabahah, proses pengajuan dan biaya dilakukan transparan, dan tanpa denda.

Simulasi Kredit Mobil Bekas Syariah

Agar kamu lebih paham perhitungan bagaimana cicilan kredit mobil bekas secara syariah, simak contoh simulasinya berikut ini.

Dudung mengajukan pembiayaan kredit syariah untuk mobil bekas Honda CRV seharga Rp250.000.000.

Misalkan Dudung menggunakan pembiayaan BSI OTO mobil bekas dan bank menambahkan margin 2,22% (Rp11.100.000) untuk tenor selama 2 tahun.

Total untuk harga mobil yang diberikan oleh perbankan syariah kepada nasabah menjadi Rp261.100.000.

Maka, perhitungan simulasi cicilan kredit mobil syariah BSI per bulan Dudung sebagai berikut.

  • Total harga mobil : tenor kredit
  • = Rp261.100.000 : 24 bulan (2 tahun)
  • = Rp10.879.166

Dengan demikian, angsuran BSI OTO mobil bekas yang harus dibayarkan Dudung setiap bulannya sebesar Rp10.879.166 hingga masa akhir kredit tanpa ada perubahan jumlah cicilan.

Nah, itulah sekelumit tentang kredit mobil bekas dan simulasinya yang patut kamu ketahui.

Semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!

Sebelumnya, ada artikel yang membahas mengenai pembiayaan kredit motor melalui Pegadaian Syariah, bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menghindari riba. 

Jangan lupa untuk membaca artikel yang mengulas perkembangan terkini mengenai bisnis, ekonomi, dan finansial di Indonesia, hanya di blog SkorLife.

Bila kamu berencana membeli mobil second dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang diunduh melalui smartphone.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments