Apa yang Bisa Dilakukan Ketika Kartu Kredit Over Limit?

Kelebihan pakai kartu kredit? Meski setiap bank penerbit kartu kredit punya biaya masing-masing untuk pemakaian over limit, biasanya biaya ini berkisar di angka 5%.

Selain dikenakan biaya, kartu kredit kamu juga bisa terblokir sehingga tidak bisa dipakai sebelum melunasi tagihan dan denda nya.

Bukan cuma itu, hal ini nantinya akan berdampak buruk pada skor kredit kamu, dimana nilai skor kredit akan dijadikan salah satu bahan pertimbangan oleh pihak bank dalam menyetujui pinjaman atau tidak kalau kamu mengajukannya di kemudian hari.

Over limit artinya kondisi yang akan terjadi ketika pemakaian telah melebihi limit kartu kredit yang diberikan oleh bank penerbit.

Contoh, kamu punya kartu kredit dengan limit 20 juta, tapi sudah kamu pakai hingga 21 juta. Di kondisi ini kamu kelebihan pakai 1juta, anggaplah biaya over limit 5%, maka denda yang harus kamu bayar adalah 5% x 1juta yaitu 50ribu.

Nah, kalau kartu kredit kamu sudah terlanjur over limit, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kartu kredit dapat digunakan kembali. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Segera bayar tagihan

Pastinya hal utama yang harus dilakukan adalah bayar semua tagihan beserta dendanya. Lebih cepat lebih baik karena sebelum melunasi semua tagihan, transaksi dengan kartu kredit yang over limit akan terus dikenakan biaya over limit (5% tadi).

Setelah membayar seluruh tagihan, kartu kredit kamu akan kembali di bawah limit dan semua transaksi tidak akan kena persenan denda overlimit.

Sebaiknya kamu membayar sebanyak mungkin yang kamu sanggup, untuk menghindari terjadi over limit kedepannya dan kena denda 5% lagi.

Baca: Cara menghapus iuran tahunan kartu kredit


2. Minta bank untuk meningkatkan batas limit

Ketika kartu kredit kamu terblokir karena telah mencapai limit, kamu dapat menghubungi pihak bank penerbit untuk meminta kenaikan limit agar transaksi kamu bisa berjalan dan diterima.

Namun, perlu diingat, menaikkan limit kartu kredit tidaklah mudah dan pengajuan pun seringkali ditolak karena alasan-alasan tertentu meskipun finansial kamu dalam kondisi yang baik.

Kalau ingin meminta kenaikan limit kartu kredit, kamu perlu mengajukannya di saat yang tepat, misalnya ketika kamu dalam kondisi keuangan yang stabil seperti memiliki penghasilan yang tetap, baru naik gaji, hingga sedang tidak punta hutang besar.

Pasalnya, sebelum bank menyetujui permohonan kamu, mereka akan memeriksa rekening koran selama beberapa bulan terakhir untuk memastikan kamu mampu membayar ketika limit sudah disetujui.

Hal ini untuk menghindari kenaikan rasio kredit bermasalah karena kondisi dimana kamu tidak dapat membayar tagihan kartu kredit. Itulah mengapa pengajuan kenaikan limit ke pihak bank terbilang sulit dan tidak semua nasabah bisa mendapatkan fasilitas kenaikan limit.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga riwayat kartu kredit dalam keadaan baik dengan membayar tagihan dalam waktu yang ditentukan. Hal ini karena riwayat pemakaian kartu kredit juga dapat mempengaruhi kenaikan limit yang diajukan.

Apabila menurut bank kamu memenuhi semua kriteria, maka pengajuan limit kartu kredit kamu pun akan diterima.


3. Minta penggantian jenis kartu kredit

Cara yang bisa kamu lakukan selanjutnya ketika kartu kredit kamu over limit adalah mengajukan penggantian jenis kartu kredit ke yang lebih tinggi seperti platinum, infinite, signature, dan masih banyak lagi.

Pasalnya, semakin tinggi jenis kartu kredit maka limit yang ditawarkan pada kartu kredit tersebut pun semakin besar.

Kamu dapat menghubungi pihak bank penerbit dalam hal pengajuannya. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan batas limit tetap di bawah agar tidak terjadi lagi over limit kedepannya.

Demikianlah pembahasan mengenai hal-hal yang bisa dilakukan ketika kartu kredit kamu mengalami over limit. Pastikan kamu mengingat berapa jumlah limit yang telah ditentukan oleh bank ketika bertransaksi serta biaya yang dibebankan apabila kartu kredit kamu over limit.

Sebisa mungkin, hindari adanya over limit kartu kredit karena hanya akan menambah beban keuangan kamu. Bayarlah tagihan kartu kredit beserta biaya nya dan ajukan kenaikan limit apabila kamu merasa kartu kredit yang kamu miliki terbatas.

Jangan lupa untuk menjaga riwayat kartu kredit dalam kondisi yang baik dan membayar tagihan tepat waktu dan tidak melebihi batas agar pengajuan kenaikan limit kartu kredit kamu disetujui oleh bank.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments