Mengenal Apa Itu Dana Investasi Real Estate Syariah. Investor Perlu Banyak Tahu Instrumen Investasi

Yuk, cari tahu apa itu Dana Investasi Real Estate Syariah yang termasuk dalam instrumen investasi menguntungkan di sektor properti.

Sebagian dari kamu mungkin masih merasa asing dengan instrumen investasi DIRE syariah itu apa, lantaran bentuk produknya tidak banyak.

Biasanya, orang hanya mengenal investasi terkait properti tentunya dengan kepemilikan apartemen, ruko, atau toko. 

Bentuk atau pilihan investasi properti lainnya berupa saham yang dimiliki oleh perusahaan pengembang alias developer. 

Seperti halnya produk yang konvensional, DIRE Syariah merupakan salah satu wadah mengumpulkan dana investasi di pasar modal.

Perlu kamu ketahui, apa yang dimaksud dengan dana investasi adalah produk keuangan atau investasi yang mengumpulkan uang dari banyak investor untuk membeli portofolio aset, seperti saham, obligasi, dan Dana Investasi Real Estat (DIRE) Syariah.

Sebelumnya, ada pembahasan DIRE konvensional yang bisa menjadi panduan untuk kamu memahami instrumen investasi ini.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai apa itu DIRE Syariah, yuk baca penjelasannya di bawah ini. Blog SkorLife telah merangkum dari berbagai sumber untuk membahasnya. 

Pengertian Dana Investasi Real Estate Syariah

Menurut laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dana Investasi Real Estate (DIRE) Syariah adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat (pemodal).

Dana tersebut selanjutnya diinvestasikan pada aset real estat atau aset yang berkaitan dengan sektor properti dan tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

DIRE syariah ini hadir sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/POJK.04/2016 tentang Dana Investasi Real Estat Syariah atau DINFRA.

Adapun bentuk dana investasi real estate syariah berupa kontrak investasi kolektif yang merupakan wadah untuk menghimpun dana dari pemodal dengan skema DIRE sebagai berikut:

  • Akad.
  • Cara pengelolaan.
  • Aset real estate dan/atau kas dan setara kas.
  • Tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Ketentuan DIRE Syariah

Seperti telah dijelaskan di atas apa itu DIRE Syariah yang artinya kontrak investasi kolektif pada sektor properti.

Kamu juga harus tahu Kontrak Investasi Kolektif DIRE Syariah wajib membuat sejumlah ketentuan khusus. Melansir dari Idxchannel.com, inilah penjelasannya.

  • Manajer Investasi merupakan Wakil yang diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif. Sedangkan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.
  • Aset real estat dan/atau kas dan setara kas tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.
  • Mekanisme pembersihan aset real estat dan/atau kas dan setara kas dari unsur yang bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.
  • Akad dan skema transaksi yang digunakan dalam penerbitan DIRE Syariah berbentuk Kontrak Investasi Kolektif.
  • Ringkasan akad syariah yang dilakukan oleh para Pihak.
  • Besarnya nisbah pembayaran bagi hasil, marjin, atau imbal jasa.
  • Rencana jadwal dan tata cara pembagian dan/atau pembayaran bagi hasil, marjin, atau imbal jasa.

Nah, itulah pembahasan apa itu dana investasi real estate (DIRE) syariah yang harus diketahui oleh para investor.

Jangan lupa untuk membaca pembahasan mengenai Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang menjadi salah satu instrumen investasi di pasar modal. 

By the way, pilihan investasi syariah sebenarnya banyak, salah satunya Sukuk Ijarah yang menggunakan akad ijarah (akad sewa).

Pastikan kamu selalu membaca artikel terbaru blog SkorLife untuk mengetahui perkembangan terkini dari investasi emas, saham, dan properti. 

Yuk, cek dulu skor kredit di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone, sebelum kamu mengajukan pembelian apartemen second dengan skema cicilan ke bank.

Saatnya kamu selalu menggunakan Mayapada Skorcard, kartu kredit yang memberikan sederetan keunggulan setelah bertransaksi. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments