Mengenal Reksadana Indeks dan Perbedaannya dengan Reksadana Saham

Yuk, simak penjelasan mengenai apa itu Reksadana Indeks yang merupakan salah satu instrumen investasi di pasar modal dalam artikel ini.

Reksadana Indeks menjadi salah satu produk investasi yang hampir mirip dengan Reksa Dana Saham.

Sebelumnya, ada ulasan yang membahas mengenai berbagai bentuk dan jenis reksadana yang patut diketahui oleh investor. 

Hal ini penting bagi kamu yang berencana meraih kebebasan finansial dengan mempunyai sejumlah instrumen investasi. 

Meski sama-sama mengalokasikan dana investasi dalam bentuk efek bersifat ekuitas atau saham, tetapi terdapat perbedaan antara Reksadana Indeks dan Reksadana Saham.

Sebelumnya, ada pembahasan mengenai Reksadana Terstruktur yang perlu juga diketahui oleh para investor. 

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai Reksadana Indeks itu apa, mari baca ulasannya di bawah ini, blog SkorLife telah merangkum dari laman Bank OCBC NISP Ocbc.id.

Apa Itu Reksa Dana Indeks?

Menurut laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian Reksadana Indeks adalah jenis reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi mirip indeks acuan, baik saham maupun obligasi.

Adapun indeks saham yang kerap menjadi acuan dalam mengelola reksa dana indeks adalah IHSG (IDX30), LQ45, dan SRI-KEHATI.

Strategi pengelolaan jenis reksadana ini termasuk passive management, sehingga Manajer Investasi tidak perlu secara aktif mengelola portofolionya.

Pengelolaan instrumen investasi ini berfokus untuk membuat portofolio mereka menyerupai acuannya.

Bila dilihat dari biaya operasionalnya, instrumen investasi ini adalah salah satu jenis reksadana yang paling rendah.

Sedangkan untuk manfaat, risiko, kewajiban, serta cara membeli reksadana index hampir sama dengan produk atau jenis reksa dana lainnya.

reksadana indeks
Foto: Syailendracapital.com

Perbedaan Reksadana Indeks dan Reksadana Saham

Selain memahami apa itu Reksadana Indeks, tentunya sebagai seorang investor kamu juga harus mengerti perbedaan instrumen ini dengan Reksadana Saham.

Bila ditilik dari strategi pengelolaannya, Reksa Dana Indeks artinya pengelolaannya cukup mengikuti indeks saham atau obligasi yang jadi acuan atau passive fund.

Sementara pada Reksadana Saham adalah jenis reksa dana yang performanya sangat dipengaruhi oleh kinerja Manajer Investasi atau dengan kata lain tergolong active fund.

Meski demikian, performa reksa dana ini juga akan dipengaruhi oleh kondisi pasar. Bursa saham memang fluktuatif setiap saat. 

Bila tren pasar sedang baik, maka kinerja instrumen investasi ini akan terus meningkat. Kondisi sebaliknya akan terjadi bila ekonomi tidak stabil berdampak pula pada harga saham yang turun.

Contoh Reksadana Indeks

Setelah membaca pengertiannya, mungkin saja kamu semakin penasaran jenis Reksadana Indeks itu apa saja?

Menukil laman Ocbc.id, berikut ini sejumlah contoh Reksadana Indeks terbaik yang ada di Indonesia:

  • Panin IDX30
  • Premier IDX30
  • Syailendra Index IDX30
  • Avrist Indeks LQ45
  • Simas IDX30

Nah, demikianlah penjelasan lengkapnya. Sejumlah pemaparan lain terkait instrumen investasi juga sudah disajikan. 

Jangan lewatkan pembahasan mengenai Reksadana Obligasi yang bisa memberikan insight terbaru mengenai instrumen investasi. 

Pastikan kamu selalu membaca artikel terbaru di blog SkorLife yang memberikan banyak informasi mengenai investasi di pasar modal. 

Bagi kamu yang berencana membeli apartemen second dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Ajukan aplikasi untuk mendapatkan Mayapada Skorcard, kartu kredit yang memberikan sederetan keunggulan setelah bertransaksi. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments