Mengintip Spesifikasi Motor Listrik Vespa Elettrica. Harganya Lebih Mahal dari Mobil LCGC

Inilah motor listrik Vespa Elettrica yang keren, memiliki spesifikasi terbaik, dan harganya yang lumayan mahal. 

Munculnya motor listrik Vespa di pasar Indonesia menarik perhatian pecinta otomotif lantaran sejumlah hal. 

Kendaraan listrik ini punya fitur teknologi ramah lingkungan dan juga harganya yang lebih mahal dari mobil Low Cost Green Car atau LCGC.

Sebelumnya, di antara kamu mungkin saja ada yang merasa penasaran apakah Vespa mengeluarkan motor listrik.

Elettrica menjadi motor skuter listrik pertama Vespa yang dijual secara global, sejak diperkenalkan pada pameran EICMA di Milan, Italia, pada 2017 lalu.

Sebelumnya, skuter listrik roda dua kelas premium tersebut telah lebih dulu dirilis di pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 2023 lalu PT Piaggio Indonesia secara resmi menghadirkan Vespa listrik Elettrica untuk pasar tanah air.

Bila dilihat secara desain, Vespa listrik Piaggio ini memiliki kemiripan dengan Primavera yang telah ada di Indonesia.

Nah, penasaran dengan spesifikasi vespa listrik ini punya daya berapa? 

Blog SkorLife melansir dari laman Detik Oto, inilah penjelasannya. Yuk, simak biar tidak penasaran lagi. 

Motor Listrik Vespa
Foto: Vespa.co.id

Spesifikasi Motor Listrik Vespa Elettrica

1. Baterai Vespa Elettrica

Baterai kendaraan listrik Vespa menggunakan jenis Lithium-ion 48 Volt dengan kapasitas 86 Ah dan telah tersertifikasi IP65 menjadikannya tahan terhadap paparan debu serta air.

Sedangkan power unit skuter listrik ini memiliki daya sebesar 3,6 kW, dengan tenaga baterai sebesar 4,2 kWh, serta torsi mencapai 200 Nm.

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya Vespa Elettrica?

Pengisian penuh dapat dicapai hanya dalam 4 jam hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V), tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian.

Menurut informasi, PT Piaggio Indonesia memberikan garansi baterai kendaraan listrik ini selama 3 tahun.

2. Mode Berkendara dan Jarak Tempuh

Vespa listrik Piaggio ini menawarkan dua pilihan berkendara sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Antara lain, mode Power dan ECO. Motor ini juga punya mode Reverse untuk memudahkan pengguna saat bermanuver atau parkir mundur.

Terkait jarak tempuh, dengan kapasitas baterai 4,2 kWh pada Vespa Elettrica dapat menjelajah jalanan sejauh 70 km dalam mode Power dan 100 km dalam mode Eco.

Penasaran berapa kecepatan maksimal Vespa listrik ini?

Saat pengguna mengaturnya dalam mode Power, kecepatan maksimal Vespa Elettrica bisa mencapai hingga 70 km/jam. Namun, hal ini juga tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara.

Sedangkan untuk ECO, mode kecepatan maksimum motor dibatasi hanya 40 km/jam saja. Hal ini dimaksudkan agar menghemat penggunaan daya baterai.

3. Fitur Teknologi Vespa Elettrica

Berbicara fitur teknologi, motor listrik Piaggio Electtrica memiliki fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu penggunanya untuk melakukan efisiensi pengisian daya.

Fitur KERS pada Vespa listrik juga memungkinkan penggunanya untuk mengisi ulang baterai, selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Selain itu, Vespa Elettrica juga dirancang untuk bisa kompatibel dengan sistem VESPA MIA sehingga memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth.

Melalui VESPA MIA, para pengguna dapat mengetahui informasi kendaraan, seperti kecepatan, mode berkendara, hingga tingkat keterisian baterai yang akan muncul di panel layar instrumen digital berukuran 4,3 inci.

4. Harga Motor Listrik Piaggio Vespa

Nah, tentu kamu penasaran berapa harga motor Vespa Elettrica?

Bila Vespa Primavera dijual dengan harga antara Rp50 juta hingga Rp53 jutaan, maka Elettrica dibanderol seharga Rp198 juta.

Harga jual motor listrik Vespa Elettrica itu tentu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan sebuah mobil Low Cost Green Car atau LCGC.

Sekedar informasi, harga mobil Toyota Agya tipe Standar pada tahun 2024 ini dibanderol hanya Rp167.900.000.

Lalu, apakah motor listrik Vespa dapat subsidi?

Salah satu syarat motor listrik bisa dapat subsidi Rp7 juta dari pemerintah adalah memenuhi persyaratan untuk Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40%.

Vespa Elettrica saat ini masih diproduksi di Italia dan seluruh komponennya berasal dari luar negeri pula. Dengan demikian tidak termasuk merek motor listrik yang dapat subsidi dari pemerintah.

Hmm, demikianlah ulasan mengenai spesifikasi dan harga motor listrik Vespa Elettrica yang kemunculannya mendapatkan sorotan dari masyarakat Indonesia.

Kamu berencana mengambil kredit motor di BSI dengan skema syariah, simak sejumlah syarat dan cara mengajukannya. 

Jangan lupa baca artikel lainnya bila ingin mendapatkan insight mengenai investasi saham, sukuk, hingga gaya hidup hanya di blog SkorLife.

Bagi kamu yang berencana mengajukan kredit untuk membeli mobil listrik terbaru, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Saat yang tepat bagi kamu memiliki kartu kredit Mayapada Skorcard karena selalu memberikan keuntungan setelah bertransaksi. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments