Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON NOVEMBER, 14 2022 reading time clock 5 Mins Read

Ketahui Lebih Dalam Pig Butchering, Modus Penipuan Digital

Apakah kamu memiliki investasi di cryptocurrency atau mata uang kripto? Sebaiknya kamu mulai lebih berhati-hati, karena bisa jadi kamu sedang dalam pemantauan oleh scammer alias penipu dengan modus pig butchering.

Menurut laporan FBI, selama tahun 2021 terdapat 4,300 keluhan mengenai pig butchering dengan total kerugian mencapai 429 juta USD. Di Indonesia pun modus penipuan ini sedang marak terjadi. Salah satu korban di Indonesia berinisial AA, mengaku merugi hingga lebih dari 500juta rupiah.

Penipuan seperti ini memang tidak terelakan seiring dengan majunya teknologi dan terbukanya dunia lewat internet. Namun, tentunya hal ini dapat kita hindari dengan memperluas pengetahuan mengenai modus penipuan seperti pig butchering ini. Apa itu pig butchering dan seperti apa modus penipuannya? Mari kita bahas dengan lebih detail.

Apa itu Pig Butchering?

Secara harfiah, pig butchering adalah pemotongan babi. Sebelum babi dipotong, biasanya babi akan diberikan pakan sedemikian rupa agar menjadi lebih gemuk sebelum dipotong. Konsep inilah yang kemudian menjadi dasar dari penipuan dengan modus pig butchering.

Penipuan pig butchering akan berfokus dengan mengiming-imingi calon korban dengan janji profit tinggi, pelatihan investasi kripto, dan lainnya. FBI mengatakan bahwa pig butchering adalah penipuan dengan modus menarik hati, baru kemudian menguras dompet atau harta korbannya.

Skema Pig Butchering

kelemahan

Skema atau pola yang biasanya digunakan dalam pig butchering terbagi menjadi beberapa tahapan. Setiap tahapan memiliki fungsi masing-masing dan harus terpenuhi sebelum penipun bisa menjalankan tahapan selanjutnya. Berikut adalah skema pig butchering:

Ciri-ciri Pig Butchering

Dari skema penipuan pig butchering, terdapat beberapa ciri yang dapat kita simpulkan. Pertama adalah scammer mempelajari profil kita dari sosial media kita. Ia dapat melihat foto dan pengalaman dalam hidup kita. Informasi ini yang ia gunakan untuk mendekati kita

Ciri kedua adalah pendekatan secara emosional. Scammer secara sengaja membangun kedekatan untuk mendapatkan kepercayaan dari korban. Tujuannya adalah agar scammer dapat mengarahkan korban untuk mengambil keputusan dalam hal investasi sesuai dengan yang scammer inginkan.

Ciri ketiga yaitu menggunakan direct link untuk menuju aplikasi investasi yang tidak resmi. Link ini dibuat sedemikian rupa agar menyerupai link aplikasi cryptocurrency lain yang legal. Satu atau dua perbedaan karakter kerap terlewati oleh para korban.

Cara Terhindar dari Pig Butchering

kelemahan

FBI membagikan 5 tips agar kita terhindar dari penipuan pig butchering. Mari kita bahas satu per satu.

Kesimpulannya adalah berhati-hatilah dalam mengekspos data atau informasi pribadi ke ranah publik. Selalu cek kebenaran dari informasi mengenai investasi yang kamu lihat secara online. Selalu ingat bahwa investasi memerlukan waktu untuk dapat memberikan profit. Jadilah pengambil keputusan yang berhati-hati dan bijak agar selalu terhindar dari penipuan, baik pig butchering maupun modus penipuan lainnya yang mungkin muncul di kemudian hari.