Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Membuat NPWP, Apa Saja Syaratnya?

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sudah sewajarnya kita mengikuti peraturan yang berlaku di negara ini, termasuk peraturan dalam hal perpajakan. Untuk dapat menjalankan peran dengan baik, NPWP merupakan sarana yang dibutuhkan.

Pengertian NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor identitas yang diberikan oleh ditjen pajak kepada perorangan yang telah memenuhi syarat wajib pajak sebagai sebuah tanda pengenal.

Selain kewajiban membayar pajak, NPWP juga merupakan persyaratan untuk beberapa layanan umum seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, pembelian kendaraan bermotor, pembelian rumah, dan sebagainya. Sehingga bisa dibilang memiliki NPWP sama pentingnya dengan memiliki KTP.

Lalu, untuk NPWP pribadi, siapakah yang wajib memiliki NPWP? Jawabannya adalah apabila individu memiliki penghasilan tahunan di atas nominal Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP.

Wajib Anda perhatikan, terdapat perbedaan persentase kewajiban pajak penghasilan antara pekerja dengan NPWP dan tanpa NPWP. Berapa bedanya? Pekerja tanpa NPWP dikenakan pajak 20% lebih tinggi daripada pekerja dengan NPWP, hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini.

Oleh karena itu, yuk buat NPWP saat ini juga! Simak artikel ini dengan lengkap agar tahu proses pembuatan NPWP online beserta syarat pembuatan NPWP, ya!

Ketentuan & Syarat Membuat NPWP

Dokumen syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pembuatan NPWP bagi peroangan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

Cara Membuat NPWP

Untuk pembuatan NPWP, saat ini masyarakat sudah dimudahkan untuk mengajukan secara online dan juga offline sehingga kita bisa memilih sesuai dengan waktu yang tersedia. Kedua cara ini pun terbilang mudah, yuk kita bahas satu per satu ya!

Cara Membuat NPWP Online

Mengajukan NPWP secara online adalah cara paling praktis dan paling sering dipilih terutama bagi masyarkat yang memiliki kesibukan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Cara Membuat NPWP Offline

Jika Anda memiliki waktu yang cukup, pengajuan langsung atau offline juga bisa Anda pertimbangkan. Cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar Anda segera mendapatkan NPWP:

Selain datang langsung, KPP juga melayani pengajuan permohonan melalui jasa ekspedisi apabila jarak antara tempat tinggal Anda dengan KPP terlalu jauh. Pastikan Anda mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar dan juga lampirkan semua dokumen persyaratan dengan lengkap.

Bagaimana? Mudah ya ternyata membuat NPWP sendiri setelah mengetahui cara buat NPWP secara online maupun offline. Yuk langsung kita buat, agar urusan perpajakan dan juga urusan lain menjadi lancar untuk ke depannya.