Kenapa kita harus secara rutin mengecek skor kredit?

Apakah kamu pernah membayangkan dapat mengakses data kelayakan kredit diri sendiri kapanpun kamu mau? Tujuannya, tentu saja, adalah untuk mengetahui peluang kamu dalam mengajukan pinjaman ke bank atau penyedia jasa keuangan lainnya.

Di negara lain yang memiliki literasi dan inklusi keuangan lebih maju, orang-orang terbiasa mengecek skor kredit melalui jasa berbayar maupun gratis.

Berikut adalah arti penting Skor Kredit bagi kamu: Skor Kredit kamu menjelaskan banyak hal mengenai rekam jejak kamu terkait pinjaman dan kartu kredit, kestabilan keuangan, dan tingkat kepercayaan terhadap kamu mengenai urusan keuangan. Semakin mendekati nilai 750, artinya semakin baik juga Skor Kredit kamu.

Skor Kredit yang baik dapat membantu kamu dalam berbagai hal:

  • Memberi kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman dari berbagai produk keuangan yang kamu inginkan
  • Mendapatkan penawaran kartu kredit yang menarik, terutama dari aspek syarat dan ketentuan yang ditawarkan

Apabila kamu memiliki Skor Kredit yang baik, peluang kamu untuk mendapatkan kredit yang lebih menarik pada masa yang akan datang menjadi lebih besar. Sebaliknya, Skor Kredit yang buruk akan menunjukkan kebiasaan buruk terkait kredit dan membatasi pilihan kredit kamu nantinya.

Karena itu, sangat penting untuk kamu mengetahui kondisi kesehatan keuangan, apalagi yang berkaitan dengan kredit.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki riwayat kredit dan skor kredit yang baik? Hal tersebut akan membuat peluang pinjaman Anda untuk disetujui semakin kecil karena tidak adanya riwayat kredit yang dapat diperiksa untuk mengetahui kemampuan Anda dalam membayar kembali pinjaman yang diberikan.

Selain itu, ada juga beberapa alasan lainnya untuk mengecek Skor Kredit secara rutin:

1. Mengetahui kondisi kesehatan keuangan

Skor Kredit kamu merupakan bagian penting dari keseluruhan kesehatan keuangan dan penyedia jasa keuangan manapun akan mengecek hal ini sebelum menyetujui pinjaman, kartu kredit, ataupun BNPL.

Kabar baiknya, kamu dapat melakukan sesuatu untuk memperbaiki skor apabila kamu tengah memiliki skor yang buruk. Selain itu, kamu juga dapat terus menjaga dan meningkatkan skor kredit kamu apabila skor kamu sudah dalam kondisi baik.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mulai membangun riwayat kredit adalah dengan mengajukan kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit secara bijak dengan membayar kewajiban tepat waktu, hal ini akan membantu riwayat kredit menjadi positif dan skor kredit Anda akan meningkat.

Baca: Skor kredit tidak muncul? Mungkin ini sebabnya!

2. Menjaga kredit tetap baik

Skor Kredit bersifat jangka panjang. Apabila suatu saat kamu membutuhkan pinjaman, kamu tidak dapat mengubah Skor Kredit kamu seketika. Sebaliknya, proses membangun riwayat kredit yang baik membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Memantau Skor Kredit membuat kamu memiliki kendali atas kredit diri sendiri dan memberikan kamu peluang untuk mendapatkan pilihan rumah idaman dan mobil impian pada masa yang akan datang.

3. Memastikan data atau informasi mengenai kredit akurat

Skor Kredit kamu adalah cerminan informasi dari laporan kredit. Apabila Skor Kredit kamu lebih rendah daripada bayanganmu, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa terdapat kesalahan dalam laporan kredit – terutama dikarenakan sistem pelaporan dan data pengajuan – yang perlu dikoreksi.

Kami menyarankan kamu untuk mengajukan sanggahan secepatnya untuk menyelesaikan hal ini.

4. Meningkatkan kepercayaan diri ketika mengajukan pinjaman

Mengetahui posisi kredit diri sendiri membuat kamu lebih siap dengan kemungkinan apapun – termasuk yang tidak diinginkan. Dengan mengetahui Skor Kredit diri sendiri, kamu juga dapat mengetahui peluang pinjaman disetujui.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments