Mengenal Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT) dan Keuntungannya

Yuk, cari tahu apa itu reksadana penyertaan terbatas atau RDPT serta keuntungannya yang bisa didapatkan oleh para investor.

Sejumlah investor profesional kerap membandingkan RDPT vs RDPU (Reksadana Pasar Uang). Kira-kira mana yang lebih menguntungkan?

Hmm, padahal masih reksadana lainnya ya seperti Reksadana Saham, Reksadana Obligasi, dan lainnya. 

Tak sedikit dari investor tersebut merasa tertarik dengan RDPT, karena dinilai menawarkan imbal hasil kompetitif dan juga transparan.

Agar lebih mengenal apa itu RDPT, mari bersama-sama simak penjelasannya di bawah ini, blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Pengertian Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT)

Apa itu RDPT dalam investasi? Berdasarkan laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Reksadana Penyertaan Terbatas adalah wadah untuk menghimpun dana dari pemodal profesional.

Dalam hal ini pemodal profesional adalah pihak yang mempunyai kemampuan membeli unit penyertaan serta melakukan analisis risiko dari Reksadana Penyertaan Terbatas.

Dana tersebut kemudian diinvestasikan oleh Manajer Investasi pada portofolio Efek atau yang berkaitan langsung dengan proyek di sektor riil, infrastruktur, dan lain-lain.

Lantaran ditujukan untuk investor profesional, cara penjualan reksadana RDPT tidak ditawarkan secara ritel atau umum.

Namun, unit penyertaan RDPT ditawarkan dan dijual langsung oleh Manajer Investasi dalam bentuk kontrak investasi kolektif penyertaan terbatas.

Bagi yang belum tahu apa itu nilai unit penyertaan adalah satuan yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan investor dalam reksa dana.

Adapun manfaat, risiko, dan kewajiban dari reksadana RDPT relatif sama dengan produk reksa dana lainnya.

Lantas, apa saja produk RDPT? Sejumlah perusahaan sekuritas memiliki bentuk instrumen investasi ini. 

Contoh produk RDPT terbaik yakni Danamas Stabil, Sucorinvest Stable Fund, Mandiri Obligasi Utama dan Sequis Pendapatan Tetap.

mengenal reksadana penyertaan terbatas
Foto: Mandiri Sekuritas

Keuntungan Reksadana Penyertaan Terbatas

Melansir laman Kompas.com, inilah sejumlah keuntungan dari memiliki RDPT. Berikut ini pembahasannya.

1. Transparan

Unit penyertaan RDPT ditawarkan melalui penawaran terbatas dengan ketentuan sesuai peraturan OJK .

Oleh karena itu, jenis reksadana ini memberikan informasi berkaitan komposisi aset, instrumen portofolio investasi, hingga biaya-biaya yang ada secara transparan kepada publik.

Proses pembukuan pun dilakukan oleh pihak independen dan wajib diperiksa kantor akuntan publik yang terdaftar di OJK.

2. Hasil Kompetitif

Keuntungan berikutnya dari RDPT yakni memberikan imbal hasil kompetitif jika dibandingkan instrumen investasi dengan jangka waktu yang sama.

3. Pengelolaan Profesional

Kelebihan yang terakhir dari RDPT adalah jenis reksa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi terdaftar dan berpengalaman.

Dengan demikian, pengelolaan investasi dilakukan secara sistematis dan profesional.

Contohnya, dalam hal pemilihan kelas aset, instrumen, counterparty, penentuan jangka waktu penempatan, tujuan investasi, diversifikasi investasi, dan administrasinya.

Nah, itulah ulasan mengenai pengertian apa itu Reksadana Penyertaan Terbatas atau RDPT dan beberapa keunggulannya.

Jangan lewatkan pembahasan mengenai Reksadana Indeks yang ternyata berbeda dengan Reksadana Saham. 

Pastikan kamu selalu membaca artikel terbaru di blog SkorLife yang memberikan banyak informasi mengenai investasi di pasar modal. 

Bila kamu berencana untuk beli rumah dijual dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Ajukan aplikasi untuk mendapatkan Mayapada Skorcard, kartu kredit yang memberikan sederetan keunggulan setelah bertransaksi. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments