Mengenal Reksadana Obligasi: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Reksadana obligasi merupakan instrumen investasi pasar modal yang menawarkan sejumlah keuntungan dan kelebihan. 

Yuk, pahami lebih lanjut mengenai jenis reksadana tersebut dalam artikel ini, sehingga bisa menjadi panduan berinvestasi. 

Ada beberapa pilihan instrumen investasi yang aman dan rendah risiko, salah satunya adalah reksadana. Ada beberapa jenis reksadana yang telah dibahas sebelumnya. 

Selain itu, ada pilihan investasi yang tergolong safe haven lainnya seperti investasi emas dalam bentuk logam mulia atau emas digital

Tidak ketinggalan, ada investasi yang juga tidak kalah aman lainnya yaitu Sukuk Ritel yang bisa menjadi pilihan investor, apalagi tergolong instrumen investasi syariah. 

Mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, apakah reksa dana obligasi ini sama dengan investasi obligasi?

Tentu saja berbeda, karena pengelolaan dana reksa dana obligasi dilakukan oleh manajer investasi (MI). sementara pengelolaan obligasi umum dilakukan secara mandiri.

Nah, agar lebih jelas mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini, Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Apa itu Reksadana Obligasi?

Mengutip laman Sikapiuangmu.ojk.go.id, reksadana obligasi adalah jenis reksadana yang 80% dananya diinvestasikan pada surat utang (obligasi).

Sama dengan jenis reksadana lainnya, instrumen investasi ini akan dikelola oleh manajer investasi. Setiap manajer investasi memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lalu, bagaimana cara kerja reksadana obligasi? Bila dana sudah terkumpul dari masyarakat, manajer investasi akan membeli surat utang.

Kemudian, manajer investasi akan memberikan investor berupa kupon (bunga) secara periodik.

Adapun keuntungan atau return reksadana obligasi berupa capital gain yang didapatkan dari kenaikan harga Nilai Aktiva Bersih (NAB).

Ada banyak contoh reksadana obligasi, di antaranya Sucorinvest Stable Fund yang diurus oleh Sucor Asset Management dan Danamas Stabil yang dikelola Sinarmas Asset Management.

Contoh lainnya adalah Manulife Obligasi Unggulan Kelas A yang dijalankan oleh Manulife Asset Manajemen Indonesia dan Danareksa Melati Pendapatan Utama yang diurus oleh PT Danareksa (Persero).

Selain itu, ada Batavia Dana Obligasi Utama yang dikelola oleh Batavia Prosperindo Asset Utama, BNP Paribas Omega yang diurus oleh BNP Paribas Asset Management.

Tidak ketinggalan, TRAM Strategic Plus yang dijalankan oleh perusahaan sekuritas Trimegah Asset Management.

Jenis Reksadana Obligasi

Terdapat dua jenis reksadana model ini, yakni korporasi dan obligasi pemerintah.

Untuk reksadana korporasi, investor berinvestasi pada surat utang yang diterbitkan oleh korporasi (corporate bonds) dan keuntungannya bergantung pada performa perusahaan.

Sedangkan obligasi pemerintah berisi surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan keuntungannya telah dijamin oleh negara berdasarkan ketentuan Undang-undang.

Jenis reksadana ini cocok untuk investor yang menginginkan keuntungan stabil dan memiliki profil risiko moderat (menengah).

Sementara tujuan investasinya untuk jangka menengah dalam rentang waktu 1-3 tahun. 

Kelebihan dan Kekurangan Reksadana Obligasi

Kelebihan:

  • Tidak perlu modal besar karena harganya relatif terjangkau.
  • Memiliki likuiditas tinggi dan bisa dicairkan kapan saja, tanpa dikenakan biaya penalti.
  • Pajak imbal hasil reksadana ini lebih kecil dibandingkan dengan obligasi.
  • Pengelolaan dana dilakukan manajer investasi yang profesional dan berpengalaman.
  • Bisa melakukan diversifikasi instan.

Kekurangan

Sedangkan kekurangan reksadana obligasi adalah imbal hasil yang didapatkan investor sangat dipengaruhi oleh suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia atau BI rate dan inflasi.

Bank Indonesia menetapkan BI rate setiap bulannya. Sebelumnya, suku bunga acuan ini diberi nama Bank Indonesia 7 days repo rate.

Nah, demikianlah ulasan mengenai jenis reksadana ini serta keuntungan dan kekurangannya.

Sebelumnya, ada pembahasan yang menarik mengenai reksadana pasar uang yang bisa menjadi pilihan untuk menanamkan uang.

Jangan lupa untuk membaca ulasan mengenai sejumlah instrumen investasi di pasar modal lainnya, hanya di blog SkorLife.

Bila kamu berencana membeli ruko second dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang diunduh melalui smartphone.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments