Avatar

Natissa

PUBLISHED ON JULY, 20 2022 reading time clock 5 Mins Read

Apakah Pinjol Masuk BI Checking? Cek di Sini!

Banyak orang tertarik dengan pinjaman online (pinjol) karena cara kerja pinjaman kredit online terkesan sangat mudah dan dana bisa cair dengan cepat. Namun bunga tinggi pinjol ilegal membuat banyak orang terjerat, terlilit utang, dan mengalami gagal bayar. Jika pernah menjadi nasabah pinjol, perlukah Anda was-was saat ingin mengajukan pinjaman ke bank? Apakah riwayat pinjaman online juga masuk BI checking?

Saat mengajukan pinjaman untuk KPR ataupun cicilan kendaraan, riwayat kredit debitur akan menjadi bahan pertimbangan bank untuk memberikan pinjaman. Riwayat kredit debitur ini akan muncul dalam BI Checking atau yang saat ini dikenal sebagai SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Layanan BI checking yang menyediakan informasi riwayat kredit seseorang, saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga.

Apakah Pinjaman Online Masuk BI Checking?

Pinjaman online ada yang legal dan ada yang ilegal. Pinjaman online ilegal biasanya tidak terdaftar di lembaga keuangan. Maka riwayat nasabah pinjol ilegal juga cenderung tidak tercantum di BI checking. Meski hal ini terkesan ‘menguntungkan’ bagi mereka yang ingin mengajukan pinjaman ke bank, namun risiko menjadi nasabah pinjol ilegal sangat besar. Pinjol tanpa BI Checking ini umumnya menetapkan bunga yang sangat mencekik. Tidak heran banyak yang menjulukinya dengan istilah rentenir online. Nasabah yang kepepet cenderung tak berpikir panjang saat mengajukan pinjaman, hingga banyak yang terjerat utang dengan nominal yang mencengangkan.

Bunga tinggi bukan satu-satunya ciri Pinjol ilegal, sebab ada juga pinjol ilegal yang menjanjikan bunga rendah. Namun banyak embel-embel biaya tambahan di belakangnya seperti biaya administrasi, biaya layanan, dan biaya lainnya. Ujung-ujungnya uang yang harus dikembalikan tetaplah tinggi.

Berbeda dengan pinjol legal yang terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Riwayat kredit nasabah pinjol legal dapat masuk ke dalam BI Checking bila pihak pihak aplikasi pinjol memasukkan nama nasabah ke dalam BI Checking. Sebenarnya terdapat perbedaan signifikan antara pinjol legal dan ilegal.

Ciri-ciri dan Perbedaan Pinjol Legal dan Ilegal

Dilansir dari laman OJK.go.id, berikut ciri-ciri pinjaman online ilegal:

Sementara itu, berbeda dengan pinjol ilegal, perusahaan pemberi pinjaman online yang legal memiliki kriteria-kriteria sebagai berikut:

Lalu dari sekitan banyak aplikasi pinjol yang beredar di masyarakat mana sajakah yang termasuk pinjol legal?

Daftar Pinjol Legal yang Masuk BI Cheking

Dilansir dari laman OJK berikut daftar 102 pinjol resmi OJK per April 2022:

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar pinjol resmi, Anda dapat menghubungi OJK lewat layanan call center di 157. Email: konsumen@ojk.co.id atau via nomor WhatsApp di 081-157-157-157. Anda juga bisa menghubungi kantor OJK setempat yang dekat dengan tempat tinggal Anda.