Cara Atur Keuangan Saat Puasa!

Di bulan Ramadan selain persiapan fisik agar tetap sehat selama berpuasa sebulan penuh ada baiknya juga mempersiapkan kondisi keuangan.

Seperti menjaga tubuh agar tetap sehat saat beribadah di bulan Ramadhan, pengaturan keuangan saat berpuasa juga perlu dilakukan dengan baik.

Salah satu alasannya adalah karena kerap kali selama berpuasa tanpa kita sadari pengeluaran justru bertambah.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh keinginan yang besar dalam pemilihan makanan berbuka maupun sahur. Berbuka puasa di luar terlalu sering juga akan menambah pengeluaran bulanan.

Jadi, bagaimana sih cara mengatur uang saat Ramadan agar keuangan tetap stabil? Berikut tips mengatur uang saat Ramadan.

1. Buat anggaran belanja bulanan khusus Ramadan

Kerap kali kita berbelanja tanpa menyusun anggaran terlebih dahulu, akibatnya pengeluaran menjadi over budget, termasuk di bulan Ramadan.

Jika sudah seperti ini kita akan kesulitan untuk mengelola uang saat Ramadan dengan baik sampai dengan akhir bulan. Untuk menghindari risiko over budget, ada baiknya jika kamu membuat anggaran belanja bulanan khusus untuk bulan Ramadan.

Kebutuhan konsumsi saat Ramadan adalah hal yang wajib diperhitungkan karena memang penting untuk memperhatikan aspek kesehatan selama bulan Ramadan. Pastikan kamu memilih asupan bergizi dan tambahan suplemen jika dirasa perlu.

2. Buat daftar belanjaan

Jadikan kebutuhan utama sebagai prioritas dan hindari over spending. Kerap kali kita langsung membeli banyak stok makanan karena menganggap makanan adalah hal utama untuk dipersiapkan. Kerap kali juga kita membeli makanan secara berlebihan di luar tanpa ragu.

3. Hindari beli makanan dan minuman yang tidak diperlukan

Pada dasarnya, keinginan untuk membeli banyak makanan atau minuman untuk berbuka adalah efek dari berpuasa selama seharian penuh.

Kenyataannya, perut kita tidak bisa menampung terlalu banyak makanan dan minuman saat berbuka. Pada akhirnya makanan dan minuman tersebut akan terbuang mubazir.

Untuk menghindari mubazir atau pemborosan, belilah makanan dan minuman yang memang akan kamu konsumsi. Hindari godaan untuk membeli semua cemilan ketika sedang ngabuburit, ya.

Alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mencoba banyak varian makanan atau minuman adalah dengan membeli jenis yang berbeda untuk per harinya. Jadi, kamu memiliki kurang lebih 30 hari untuk mencoba makanan dan minuman khas Ramadan.

4. Pilih toko yang menawarkan diskon atau promo

Promo atau diskon akan sangat membantu dalam memangkas pengeluaran bulanan kamu. Kalian juga bisa ajak teman kalian untuk berbelanja bersama jika diskon yang ditawarkan berlaku untuk minimal pembelian dua barang atau lebih.

Manfaatkan diskon dan promo tersebut dengan maksimal agar kamu dapat lebih berhemat.

5. Buatlah makanan sahur dan berbuka sendiri di rumah

Memasak merupakan salah satu pilihan untuk berhemat selama bulan Ramadan. Cara praktisnya adalah memasak stok makanan yang bisa dibekukan dalam kulkas untuk berbuka maupun sahur.

Dengan memasak satu kali, kamu sudah menghemat effort untuk beberapa kali waktu makan. Selain itu, dengan membuat makanan rumah juga lebih terjamin kebersihannya dan kandungan gizinya dibandingkan dengan dengan membeli atau makan di luar.

6. Kurangi kebiasaan makan di luar atau membeli makanan siap saji

Ajakan untuk berbuka puasa atau sahur on the road kerap menjadi agenda tambahan di bulan Ramadan. Sebaiknya kamu cermat dalam mengambil keputusan. Sebaiknya kamu tidak terlalu sering makan di luar dan hindari mengkonsumsi makanan siap saji.

Selain tidak baik untuk kesehatan, terlalu sering makan di luar juga sangat menambah pengeluaran kamu. Kurangi kebiasaan tersebut agar keuangan kamu tetap stabil.

Pilihlah tempat makan yang nyaman dengan menu sehat. Hindari terlalu sering makan junk food dan yang pasti pilihlah tempat makan dengan harga yang terjangkau. Pilihlah menu paket jika harganya lebih murah dibandingkan menu ala carte.

7. Sisihkan sebagian penghasilan untuk sedekah

Di bulan yang penuh berkah ini, sebaiknya siapkanlah juga anggaran untuk bersedekah. Sesuaikanlah porsi bersedekah ini dengan kemampuan kamu, ya.

Hal ini karena bulan Ramadan adalah ajang untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dengan nilai amalannya berkali-kali lipat dibandingkan dengan bulan lainnya.

Persiapkan segala kebutuhan di bulan Ramadan ini dengan terencana, ya. Mulai dari mempersiapkan agar tubuh sehat selama berpuasa serta siapkan anggaran yang sesuai dengan segala kebutuhan di bulan Ramadan. Selamat beribadah, tetap sehat selalu!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments