Selain Tiket Konser, Ini Biaya Lain Saat Kamu Menonton Konser

Selepas pandemi mereda, panggung konser bermunculan dari sejumlah bintang idola baik dalam maupun luar negeri. Apakah kamu termasuk orang yang ikutan war tiket konser tiga bulan terakhir? Ramainya panggung konser ini ternyata hampir tidak dipengaruhi harga tiket. Meski sejumlah konser mematok harga tiket konser yang terbilang super mahal, nyatanya tiket konser musik tersebut tetap ludes terjual. Alasannya beragam, mulai yang benar-benar bermimpi ingin bertemu langsung artis idola, haus hiburan setelah dua tahun diam di rumah, hingga sekadar fomo. Namun tahukah kamu ada biaya-biaya lain yang kalau dihitung-hitung jumlahnya bisa sangat besar untuk sekali menonton konser. Simak yuk agar kamu tidak terkaget-kaget saat mengeluarkan uang menonton konser nantinya.

Biaya Transportasi dan Akomodasi

Di mana lokasi konser akan berlangsung? Kalau kamu berencana mengejar artis idola hingga ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, atau Korea, tentunya kamu harus menyiapkan anggaran untuk tiket pesawat, biaya transportasi di kota tempat konser berlangsung, hingga makan dan penginapan. Jika artis idolamu memiliki jutaan penggemar fanatik, kamu harus bersiap membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, karena bisa jadi setelah war tiket konser kamu juga harus war tiket pesawat hingga rebutan hotel yang terdekat dari lokasi konser.

Biaya transportasi dan akomodasi ini juga berlaku meski konsernya diadakan di kota tempat kamu tinggal. Lokasi konser di Jakarta biasanya ada di lokasi-lokasi yang jauh dari pusat kota, otomatis kamu harus menyiapkan biaya transportasi yang lumayan, seperti ongkos taksi atau angkutan online. Bahkan untuk kasus tertentu, kamu perlu akomodasi hotel yang dekat dengan lokasi konser. Umumnya waktu pulang konser adalah lewat tengah malam, transportasi umum sulit didapat, dan akan lebih aman jika kamu menginap saja di hotel terdekat. Setidaknya kamu harus menyiapkan biaya 300-500 ribu per malam untuk menginap di hotel.

Biaya Konsumsi

Nonton konser butuh energi dan fisik yang kuat, karena kamu akan berdesak-desakan dan berdiri dalam jangka waktu yang lama. Kamu memerlukan asupan energi yang cukup. Makan di rumah memang bisa dilakukan tetapi kamu perlu tiba lebih cepat di lokasi konser untuk antre masuk gate demi mendapat posisi strategis dekat panggung. Antre ini bisa berjam-jam lho, dan kamu tidak cukup mengganjal dengan sarapan di rumah. Meski kamu bisa mengonsumsi bekal saat mengantre, namun saat masuk area konser tidak semua venue membolehkan kamu membawa makanan ke dalam. Waktu makan siang kamu perlu asupan lagi, begitu juga sore dan malam hari. Tidak bisa tidak kamu memerlukan dana untuk jajan di lokasi konser. Tahu sendiri dong, di lokasi konser harga makanan dan minuman bisa melambung tinggi. Setidaknya kamu memerlukan 100 ribu rupiah untuk sekali makan di area konser.

Biaya Merchandise

Dorongan untuk membeli merchandise asli di tempat konser sangat tinggi. Apalagi jika kamu penggemar fanatik. Kapan lagi kan memiliki merchandise asli yang jumlahnya terbatas sebagai kenang-kenangan menonton konser. T-shirt, tumbler, photocard, semua seakan memanggil-manggil minta diajak pulang. Boleh saja sih kamu berbelanja selama kamu menganggarkannya.

Biaya Pra Konser

Biaya ini sering abai diperhitungkan. Konser adalah ajang fashion show juga untuk sebagian besar penonton. Kamu jadi cenderung ingin membeli outfit khusus untuk konser. Tak cuma baju dan sepatu, kamu juga tiba-tiba butuh tas konser, aksesoris konser, dan pernak-pernik fan yang jadi barang wajib seperti lightstick, bando, dan sebagainya. Hayo coba hitung lagi berapa dana yang harus disiapkan sebelum menonton konser.

Menyiasati Tiket Konser yang Mahal

Biaya konser memang tidak ada yang murah, namun sesekali menikmati uang hasil keringat sendiri dengan menonton artis idola sah-sah saja dilakukan. Ada beberapa cara agar uang nonton konser jadi lebih terkendali. Pertama, belilah tiket early bird karena biasanya harganya jauh lebih murah. Namun tiket early bird biasanya diperuntukkan untuk fans khusus yang memiliki member card. Kalau kamu belum punya member card, kamu bisa mengajak teman segeng kamu untuk patungan daftar menjadi member sebagai modal membeli tiket early bird. Satu orang member biasanya boleh membeli hingga 4 tiket. Jatuhnya tetap akan lebih murah.

Kedua, kamu bisa membuka pos konser dan menyisihkan dana setiap bulannya dari penghasilan kamu ke dalam pos ini. Ketiga, sejumlah konser biasanya memiliki kerjasama dengan jaringan kartu kredit tertentu. Kamu bisa memanfaatkan promo dari kartu kredit tersebut, namun ingat lunasi tagihan tepat waktu ya. Keempat, kamu bisa mencari peluang menjadi volunteer di konser, namun pilih bidang yang memungkinkan kamu bisa menonton konser dengan damai tanpa sibuk bekerja di saat jam konser berlangsung. Bagaimanapun kamu harus tetap bertanggung jawab dengan pekerjaan kamu ya. Bahkan kalau memungkinkan pilih bidang yang memungkinkan kamu mendapat celah berinteraksi langsung dengan idola, hmm… ini bisa jadi lebih menyenangkan daripada sekadar menonton konser.

Nah, selamat menonton konser ya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments