Love Language-mu Act of Giving, Begini Caranya Agar Tidak Boncos

Love language kini sedang viral menjadi perbincangan. Ada lima ‘bahasa cinta’ yang bisa kamu utarakan kepada pasanganmu. Physical touch atau sentuhan, words of affirmation atau berupa kata-kata, act of service atau tindakan melayani, quality time, dan juga giving gifts atau suka memberikan hadiah kepada orang tersayang kamu.

Love language adalah usungan dari seorang expert bernama Dr. Gary Chapman lewat bukunya yang berjudul “The Five Love language” pada tahun 1995. Apa sih, arti sebenarnya dari love language ini? Mengapa penting untuk mengetahui jenis love language kamu dan apa hubungannya dengan kondisi keuangan kamu? Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Mengenali Love Language-mu sebagai Act of Giving

Pada dasarnya, dalam suatu hubungan akan terjalin hubungan take and give. Bagaimana kamu menerima bentuk kasih dari orang tersayang dan juga bagaimana kamu memberikan atau menunjukan rasa kasih untuk mereka. Love language ini yang kemudian menjadi bentuk act of giving the love for your loved ones.

Dengan mengetahui apa saja yang menjadi love language kamu, maka kamu akan bisa lebih mudah dalam menjaga keharmonisan hubungan dengan orang terkasih. Hal ini karena kamu akan bisa menjelaskan dengan baik bagaimana kamu menunjukan kasih sayangmu.

Contohnya adalah jika love language kamu adalah lewat giving gifts atau memberikan hadiah. Secara otomatis kamu akan memiliki naluri untuk memberikan sesuatu untuk diberikan kepada mereka yang kamu sayang.

Tentukan Pemberian Hadiah yang Tepat

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana mengatur keuangan agar love language berupa gifts tersebut tidak menjadi boomerang untuk kondisi finansial kamu. Caranya adalah dengan memilih hadiah yang tepat untuk orang yang tepat.

Apa sih, artinya hadiah yang tepat untuk orang yang tepat? Semakin dekat hubungan kita dengan mereka yang kita sayang, kita akan lebih dapat memahami apa yang mereka sukai dan mereka butuhkan. Nah, artinya kita akan dapat mengetahui lebih jelas hadiah apa yang lebih bernilai untuk mereka.

Hadiah ini tidak selalu merupakan sesuatu yang memiliki nilai materi tinggi. Malah sebaliknya, semakin personal hadiah yang kamu berikan maka akan semakin bernilai hadiah tersebut. Contohnya adalah pemberian hadiah berupa album foto dari trip yang pernah kamu jalani bersama dan menjadi kenangan kalian. Sederhana dan bernilai personal, tentunya akan menjadi forever treasure bagi penerimanya.

Jaga Ekspektasi dalam Pemberian Hadiah

Gifts yang kamu berikan kepada orang terkasih akan membentuk ekspektasi terdiri bagi orang yang menerima hadiah kamu. Maka dari itu, sebaiknya sejak awal kamu mengatur hal ini. Caranya bisa dengan tidak membiasakan memberikan hadiah dengan nilai materi yang selalu tinggi.

Sesekali mungkin diperlukan memberikan hadiah yang bernilai untuk sesuatu yang kamu celebrate bersama, misalnya untuk kado ulang tahun atau kado anniversary. Tentunya hal ini juga dapat kita lihat dari sisi hadiah bernilai sebagai salah satu bentuk dari investasi kamu dan pasangan, ya.

Lakukan Kalkulasi Secara Konsisten

Love language act of giving sebagai bentuk pembuktian kasih sayang memiliki beberapa hal untuk dipertimbangkan. Salah satunya adalah dari sisi keuangan. Tujuannya agar kamu dapat menunjukan kasih sayang kamu tanpa mengorbankan kondisi finansial kamu tentunya.

Penting untuk menjaga kestabilan di antara keduanya. Kamu dapat secara berkala dan konsisten melakukan perhitungan finansial untuk melihat batas kemampuan kamu dalam memberikan hadiah.

Perlu diingat, kreativitas jadi aspek yang penting untuk kamu yang memiliki love language jenis giving gifts ini, ya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments