Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Lima Langkah Mudah Memulai Perencanaan Keuangan

Dalam melaksanakan suatu kegiatan, memiliki rencana matang pasti akan membawa manfaat lebih daripada yang tidak memiliki rencana sama sekali. Tujuan akan lebih cepat tercapai dengan bantuan rencana yang sebelumnya sudah dipersiapkan karena Anda sudah memprediksi hal-hal yang akan terjadi ke depannya dan membuat strategi untuk menyiasatinya.

Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi keuangan pribadi. Apabila Anda tidak memiliki rencana yang jelas, kerap terjadi kondisi keuangan tidak stabil dan akhirnya akan membuat Anda rugi.

Tentunya Anda tidak ingin menjadi orang yang merugi. Salah satu hal yang bisa menghindarkan Anda dari resiko kerugian keuangan adalah dengan membuat perencanaan keuangan pribadi.

Pengertian Perencanaan Keuangan

Apakah sebenarnya perencanaan keuangan itu dan untuk apa Anda membuatnya? Kata perencanaan memiliki kata dasar yaitu rencana. Menurut KBBI, arti dari kata rencana adalah sebuah rancangan atau rangka dari sesuatu yang akan dilakukan. Maka perencanaan keuangan adalah sebuah upaya untuk membuat rancangan keuangan untuk di masa yang akan datang.

Financial Planning Standards Board atau FPSB Indonesia memberikan arti untuk perencanaan keuangan sebagai sebuah proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana.

Tentunya tujuan hidup seseorang berbeda antara satu dengan yang lainnya, seperti misalnya ingin memiliki rumah, kendaraan, maupun aset lainnya. Namun pada umumnya, setiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya.

Tujuan dan Fungsi Perencanaan Keuangan

Tentunya terdapat beberapa tujuan dari penerapan perencanaan keuangan. Beberapa tujuan dari perencanaan keuangan adalah:

Selain 5 hal di atas tentunya masih banyak lagi tujuan dari perencanaan hidup yang bisa Anda dan orang terdekat Anda untuk rasakan. Tentunya perencanaan keuangan membawa diri dan kondisi Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Secara general, perencanaan keuangan memiliki fungsi sebagai sarana dalam mengasah cara bertindak maupun pemikiran kita (attitude) terhadap kondisi keuangan pribadi kita.

Contoh Perencanaan Keuangan

Lima langkah yang perlu Anda ikuti dalam membuat perencanaan keuangan, yaitu:

Dalam menjalankan misi membuat perencanaan keuangan yang efektif, Anda harus secara rutin mengulang 5 tahap di atas. Semakin sering Anda melakukannya, semakin banyak pula sudut pandang baru yang bisa Anda pertimbangkan dan aplikasikan dalam praktik sehari-hari hidup Anda.