Rekomendasi Buku tentang Money Management, Wajib Baca!

Apakah kamu suka membaca buku dan berniat untuk meningkatkan skill money management kamu? Artikel ini pas buat kamu! Yuk, kita bahas rekomendasi buku money management yang akan membuat kamu mulai membangun sumur-sumur cuan kehidupan!

“Rich Dad, Poor Dad” karya Robert Kiyosaki

Buku ini merupakan salah satu yang paling sering menjadi rekomendasi buku manajemen keuangan. Tentunya bukan tanpa alasan, ya. Karena memang buku ini memberikan gambaran mendasar dari pengalaman pribadi sang penulis, Robert Kiyosaki.

Kiyosaki menceritakan kisah keuangan dari ayahnya yang memiliki kondisi ekonomi menengah dan juga dari ayah temannya yang memiliki kekayaan melimpah.Buku ini akan menitikberatkan pada fakta bahwa pendidikan finansial sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Seperti aset dan properti, membangun bisnis, dan juga cara mengembangkan itu semua. Tujuannya tentu untuk mencapai financial freedom.

“The Total Money Makeover” karya Dave Ramsey

Dave Ramsey akan membuat kamu meninjau ulang cara kamu memandang uang. Ramsey juga menjabarkan langkah-langkah secara lengkap untuk bisa keluar dari jeratan utang.Selain itu Ramsey juga membeberkan cara untuk kamu dapat membangun kekayaan selangkah demi selangkah. Setiap tahapan dalam perjalanan ini akan mengantarkan kamu untuk mencapai financial freedom.

“The Simple Path to Wealth” karya JL Collins

Collins menjabarkan cara sederhana untuk menjadi kaya. Fokusnya adalah pertama untuk menghindari utang. Selanjutnya untuk memahami dan cara mengelola keuangan dengan bijak. Terakhir adalah tentang investasi yang dapat menjadi jalan ninja cuan kamu.

“Your Money or Your Life” karya Vicki Robin and Joe Dominguez

Penulis lewat bukunya menceritakan tentang bagaimana dia memiliki kemandirian finansial dalam pikiran sejak usia dini. Di usia 12 tahun, penulis mengambil salinan klasik keuangan pribadi. Salinan ini yang kemudian menimbulkan ketertarikannya untuk menabung dan berinvestasi.

Akhirnya, penulis berhasil pensiun dengan damai sebelum menginjak usia 30 tahun. Mau meniru langkahnya? Buku ini memberi panduannya. Hm, menarik banget ya kalau kita bisa pensiun dini untuk bisa lebih menikmati hidup ke depannya!

“The Intelligent Investor” karya Benjamin Graham

Buku ini terbilang agak berat dengan tema tentang filosofi ekonomi. Tapi tentunya kamu akan mendapatkan banyak insight baru dari buku ini. Terutama tentang seluk beluk dunia pasar dan filosofi Benjamin Graham tentang “investasi nilai”, yang melindungi investor dari kesalahan substansial dan menjabarkan cara untuk mengembangkan strategi investasi untuk jangka panjang.

“The Little Book of Common Sense Investing” karya John C. Bogle

Para investor, merapat! Buku ini akan memberikan pengetahuan untuk menghasilkan cuan dari pasar saham lewat investasi Index Fund berbiaya rendah. Minim modal, maksimal cuan, wajib baca buku yang satu ini!

“The Millionaire Mind” karya Thomas Stanley

Buku ini seperti membedah isi kepala para miliader yang telah sukses membangun kekayaan mereka dan terpancar dari lifestyle mereka. Gagasan, kepercayaan, dan setiap perilaku dari miliader di bahas dalam buku ini. Bagaimana cara mereka menuju kekayaan dan juga bagaimana cara mereka untuk bertahan kaya.

“The Wealth of Nations” karya Adam Smith

Sesuai judulnya, buku ini mengulas tentang kekayaan dari sisi bangsa. Bangsa Eropa, misalnya, dengan tingkat kekayaan dan juga kesejahteraan yang tinggi, memiliki sumber kekayaan secara bangsa. Empat pokok bahasan utama dari buku ini adalah hakikat bahwa manusia itu serakah, mekanisme pasar bebas, teori nilai suatu barang, teori pembagian kerja dan teori ekumulasi kapital. Dari keempat poin ini akan dapat terlihat apa yang menyebabkan suatu bangsa memiliki kekayaan yang juga mendorong tingkat kesejahteraan bangsa tersebut.

“The Science of Getting Rich” karya Wallace D. Wattles

Tips pragmatis untuk menjadi kaya, menjadi isi dari buku terakhir ini. Penulis berpendapat bahwa kekayaan adalah gabungan antara seni dan sains. Lebih dalam, perasaan ingin menjadi kaya merupakan the most noble wish karena dari keinginan tersebut, seseorang dapat berkembang dalam hidupnya.

Itulah sembilan rekomendasi buku manajemen keuangan yang bisa kalian pertimbangkan untuk baca selama tahun 2023 ini. Carilah yang paling relatable dengan kamu, ya. Jadi kamu bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan dan siap berubah untuk masa depan yang lebih baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments