Mengenal Dana Investasi Real Estate (DIRE) dan Keuntungan Bagi Investor

Sebagian dari kamu mungkin masih merasa asing dengan Dana Investasi Real Estate atau DIRE. Yuk, cari tahu apa itu DIRE dalam artikel ini.

Bila mendengar pasar modal, banyak investor yang selalu menghubungkannya dengan investasi pada instrumen saham dan Surat Berharga Negara (SBN).

Atau berbagai jenis bentuk dari SBN termasuk Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, hingga Obligasi Ritel Indonesia

Padahal, ada banyak instrumen investasi lainnya di pasar modal yang mendatangkan keuntungan menarik.

Salah satunya yakni Dana Investasi Real Estat atau disingkat dengan nama DIRE. Instrumen ini memang relatif tidak banyak.

Lantas, apa yang dimaksud dengan dana dalam real estat?

Mengutip dari laman Investopedia, dana real estat adalah jenis reksadana untuk berinvestasi pada sekuritas yang ditawarkan oleh perusahaan real estate atau properti publik.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai arti dan karakteristik DIRE, simak pembahasannya berikut ini. Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Apa Itu Dana Investasi Real Estate?

Berdasarkan informasi di laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DIRE atau Dana Investasi Real Estat adalah produk investasi khusus pada sektor properti atau real estat.

DIRE juga dapat diartikan sebagai REITs (Real Estate Investment Trust) yang merupakan kumpulan dana investor yang akan diinvestasikan ke aset properti.

Investasi tersebut bisa dilakukan secara langsung dengan membeli gedung/properti maupun tidak langsung dengan membeli saham/obligasi perusahaan properti.

Di Indonesia, DIRE berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang sudah diatur OJK melalui peraturan.

Landasan hukum setiap produk DIRE diatur dan diawasi berdasarkan POJK Nomor 64/POJK.04/2017 yang berlaku sejak 22 Desember 2017.

Sekedar informasi, apa yang dimaksud dengan KIK atau Kontrak Investasi Kolektif adalah perjanjian antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan.

Dalam hal instrumen DIRE, Manajer Investasi memiliki kewajiban untuk menginvestasikan minimal 80% dana kelolaannya ke properti.

Jumlah minimal dana tersebut, sebanyak 50% di antaranya harus berbentuk aset real estat langsung.

Adapun aset yang dilarang untuk dimasukkan dalam DIRE, yakni bangunan pada tahap konstruksi (masih dibangun) dan tanah kosong.

Hingga kini baru ada tiga produk investasi DIRE yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, antara lain:

  • Aset portofolio Solo Grand Mall milik PT Ciptadana Asset Management (XCID).
  • Hotel Padjadjaran Suites milik PT Ciptadana Asset Management (XCIS).
  • PT Sinarmas Asset Management dengan aset portofolio Plaza Indonesia (XSPI).

Keuntungan DIRE

Setelah membaca apa itu Dana Investasi Real Estat, kamu juga harus tahu sejumlah keuntungan dari DIRE. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Bagi Investor

Di benak para investor mungkin saja ada pertanyaan seperti ini, apakah REITs investasi yang baik?

Saat investor memutuskan untuk berinvestasi pada REITs adalah cara terbaik untuk mendiversifikasi portofolio, selain saham dan obligasi konvensional.

Pasalnya, keuntungan DIRE bagi investor yakni dapat berinvestasi properti tanpa memiliki dan mengelola properti secara langsung, sehingga mengurangi risiko kerugian bagi investor.

2. Untuk Pengembang Properti

Keuntungan dana investasi real estat juga bisa didapatkan oleh pengembang properti atau developer.

Mengutip laman Sikapiuangmu.ojk.go.id, DIRE meningkatkan level likuiditas dan mengurangi arus kas macet pada aset propertinya yang biasanya membutuhkan waktu balik modal yang terbilang lama.

3. Keuntungan Bagi Negara

Dengan karakteristik yang dimiliki DIRE, juga punya keuntungan yang bisa dirasakan langsung oleh negara yang membuat pembangunan fasilitas di bidang properti semakin berkembang

Contohnya saja, investasi DIRE akan membantu pembangunan properti jenis hospitality dan hiburan sehingga dapat mendatangkan banyak wisatawan asing.

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu Dana Investasi Real Estat atau DIRE dan keuntungannya.

Jangan lewatkan pembahasan mengenai Sukuk Ritel yang bisa memberikan insight terbaru mengenai instrumen investasi. 

Atau kamu bisa memilih berinvestasi langsung ke properti, ada sejumlah rekomendasi hunian vertikal di Malang, Jawa Timur

Pastikan kamu selalu membaca artikel terbaru di blog SkorLife yang memberikan banyak informasi mengenai investasi di pasar modal. 

Bagi kamu yang berencana membeli rumah second dijual dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Yuk, ajukan aplikasi untuk mendapatkan Mayapada Skorcard, kartu kredit yang memberikan sederetan keunggulan setelah bertransaksi. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments