Budgeting: Cara Review Budget Secara Rutin

Kondisi keuangan seseorang dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, review budgeting secara berkala diperlukan untuk memastikan bahwa budgeting masih relevan dengan kondisi keuangan saat ini.

Namun nyatanya, masih banyak sebagian orang yang belum melakukan review budgeting secara berkala. Alasannya bisa jadi karena belum mengetahui review anggaran secara efektif atau adanya perasaan khawatir saat mereview budgeting.

Di Personal Finance kali ini, kita akan membahas cara untuk memeriksa kembali anggaran yang telah dibuat untuk memastikan kondisi keuangan tetap terkelola dengan baik dan berada pada jalur yang benar menuju tujuan finansial yang ingin dicapai.

1. Tentukan Frekuensi Review Budget

Tentukan seberapa sering frekuensi waktu yang dibutuhkan untuk mereview budget secara teratur. Frekuensi yang dibutuhkan bisa berbeda-beda tergantung preferensi masing-masing individu.

Cobalah untuk mereview budget secara berkala setidaknya setiap seminggu sekali untuk memastikan budgeting tetap berjalan sesuai rencana. 

Dengan memeriksa budgeting secara teratur, nantinya kamu dapat mengurangi frekuensi tersebut saat budgeting mulai berjalan lebih otomatis dan terkelola dengan baik. Ingat, konsisten sangat penting dalam mencapai tujuan keuangan yang efektif. 

2. Buat Evaluasi

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengevaluasi progres saat kamu memeriksa anggaran. Sebagai langkah awal, kamu bisa membandingkan selisih antara pendapatan dan pengeluaran, karena selisih itulah yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan finansial. 

Idealnya, pengeluaran seharusnya kurang dari 80% pendapatan bersih. Jangan lupa juga untuk membagi pengeluaran menjadi tiga kategori, 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% untuk tabungan. 

3. Analisa Pengeluaran Terbesar

Selanjutnya, periksalah kategori yang menjadi pengeluaran terbesar dalam budgeting dan identifikasi apakah kategori tersebut dapat dipertimbangkan untuk dikurangi anggarannya. 

Misalnya, kategori terbesar dalam budgeting kamu adalah transportasi karena menggunakan kendaraan pribadi untuk berangkat ke tempat kerja ataupun bepergian saat weekend. 

Untuk mengurangi budgeting dalam transportasi, kamu bisa menggunakan opsi lain saat bepergian, seperti menggunakan kendaraan umum agar anggaran yang kamu keluarkan bisa berkurang.

4. Update Budgeting 

Penting untuk melakukan penyesuaian terhadap budgeting sesuai dengan kondisi keuangan yang terjadi saat ini. Penyesuaian tersebut harus didasarkan pada pengalaman aktual dan refleksi atas bagaimana budgeting disesuaikan dengan perubahan di kehidupan sehari-hari.

Pasalnya dalam budgeting, akan ada waktu di mana segalanya berjalan sesuai rencana dan ada juga yang tidak sesuai harapan. 

Itulah tips cara mereview budget secara berkala. Dengan menyadari pentingnya review berkala terhadap budgeting, seseorang dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa keuangan mereka terkelola dengan baik. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments