Kenali Macam-Macam Utang dan Dampaknya pada Kondisi Keuangan

Tahukah kamu ternyata tidak semua utang itu buruk? Nah, di Personal Finance kali ini kita akan membahas macam-macam utang dan dampaknya terhadap kondisi keuangan kamu dalam meraih tujuan keuangan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Utang?

Utang adalah uang yang kamu pinjam dari siapapun, entah itu kartu kredit, perusahaan, anggota keluarga, atau utang ke bank. Utang mengurangi kekayaan bersih, namun bukan berarti utang itu buruk. 

Contohnya, membeli rumah dengan KPR bisa menjadi keputusan finansial yang tepat karena rumah mengalami apresiasi dari tahun ke tahun dan tentunya bisa membantu kamu meningkatkan kekayaan bersih. 

Utang yang tidak terkait dengan suatu aset, seperti utang kartu kredit dapat mengurangi kekayaan bersih kamu. 

Macam-Macam Utang

Ada beberapa macam-macam utang yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaannya. Di bawah ini adalah macam-macam utang, diantaranya:

1. Utang Kartu Kredit

Utang kartu kredit adalah jenis utang yang tidak memerlukan jaminan seperti kredit tanpa agunan. Limit kartu kredit yang akan diterima calon nasabah dinilai berdasarkan kelayakan kredit nasabah tersebut.

Karena kartu kredit tidak memerlukan jaminan, maka hal tersebut akan lebih berisiko di sisi bank. Oleh karena itu, suku bunga yang dikenakan pada kartu kredit biasanya lebih tinggi. Umumnya, suku bunga kartu kredit lebih tinggi dibanding pinjaman dengan agunan. 

Kartu kredit menggunakan sistem kredit berulang atau revolving credit, di mana penggunanya dapat mengakses dana sepanjang waktu tanpa harus mengajukan permohonan baru setiap kali membutuhkan uang. 

2. Utang Installment Loan

Installment loan adalah jenis fasilitas kredit di mana sejumlah dana dipinjamkan kepada peminjam, dan pembayaran dilakukan dalam cicilan tetap selama jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. 

Ciri khas dari installment loan adalah pembayaran yang jelas, termasuk jumlah pembayaran tetap dan jangka waktu pembayaran yang tetap pula. 

3. Utang KPR

Utang KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah bentuk utang yang dipinjam seseorang untuk membeli suatu aset, dalam kasus ini adalah rumah.

Peminjam wajib membayar kembali jumlah uang yang dipinjam dengan metode cicilan yang tetap selama jangka waktu tertentu. 

Karena rumah yang dibeli dapat dijadikan jaminan, maka suku bunga yang ditawarkan biasanya lebih kecil. Jenis utang ini termasuk utang yang baik. 

4. Utang Leasing Mobil

Leasing mobil adalah bentuk kesepakatan finansial di mana seseorang membayar sejumlah uang untuk menggunakan mobil selama periode waktu tertentu, tetapi tidak memiliki kendaraan tersebut secara penuh. 

Singkatnya, kamu menyewa mobil ke suatu lembaga dan pembayarannya dilakukan setiap bulan. Jenis utang ini bukanlah utang yang baik karena menambah jumlah pengeluaran untuk aset yang bukan milikmu.

Apabila digunakan untuk tujuan yang tepat, utang pada dasarnya bukanlah hal yang yang menakutkan dan bisa membantu meraih tujuan keuangan yang diimpikan.

Sebaliknya, utang yang tidak terkendali dapat memberikan dampak yang negatif pada kondisi keuangan kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments