Budgeting: Tips Cara Mengurangi Pengeluaran agar Lebih Hemat

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, aktivitas berbelanja menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Tidak hanya kita memiliki akses ke berbagai platform belanja online yang menawarkan berbagai produk dan layanan dengan hanya sekali klik, tetapi teknologi juga telah mengubah cara kita berinteraksi dengan pembayaran.

Pembayaran digital dan dompet digital membuat transaksi menjadi lebih cepat dan lebih mudah dilakukan. Namun dibalik kemudahannya, teknologi dapat berpotensi mendorong perilaku pembelian yang lebih boros.

Padahal, mengelola pengeluaran dengan bijak menjadi kunci untuk mencapai stabilitas keuangan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Tips Mengurangi Pengeluaran agar Lebih Hemat

Berikut adalah tips mengurangi anggaran pengeluaran agar lebih hemat, diantaranya yaitu: 

1. Gunakan Wait Period sebelum membeli sesuatu

Tips pertama yakni sebelum membuat keputusan untuk membeli sesuatu, pastikan kamu telah mempertimbangkannya dengan baik atau istilah yang biasa digunakan yakni masa tunggu (wait period)

Hal tersebut bisa menjadi strategi untuk menghindari pembelian impulsif dan memastikan bahwa keputusan finansial yang kamu buat didasarkan pada pertimbangan yang matang dan sesuai dengan tujuan keuangan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli barang mahal seperti elektronik atau kendaraan baru, berilah beberapa minggu atau bulan untuk berpikir dan pertimbangkan apakah pembelian tersebut benar-benar diperlukan. 

2. Identifikasi kategori pengeluaran yang bisa dikurangi

Tips yang kedua yakni carilah cara untuk menghemat pengeluaran di kategori yang budgetnya besar, misalnya seperti makanan atau transportasi. 

Dengan menghemat pengeluaran di kategori tersebut, dampak yang terjadi lebih signifikan daripada mengurangi pengeluaran kecil yang tidak begitu berdampak.

Meskipun menurunkan standar hidup mungkin sulit, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang tanpa harus mengorbankan terlalu banyak. 

Contoh, saat berbelanja bulanan mungkin ada makanan atau sayuran yang pada akhirnya terbuang karena tidak termakan. Maka, kamu bisa menghemat pengeluaran belanja dengan mengurangi jumlah makanan atau sayuran yang dibeli.

3. Kurangi pengeluaran untuk langganan yang tidak perlu

Saat ini, layanan berlangganan atau subscriptions ada di mana-mana. Layanan streaming untuk film, musik, penyimpanan digital, tempat gym, dan masih banyak lagi. 

Ketika kamu menghitung total langganan yang kamu keluarkan secara keseluruhan, hal tersebut bisa menjadi bagian yang signifikan dari budgeting kamu.

Oleh karena itu, penting untuk melihat kembali pengeluaran secara berkala. Apakah ada langganan yang jarang atau bahkan tidak digunakan sama sekali? 

Atau mungkin ada beberapa layanan yang masuk dalam kategori yang sama seperti berlangganan Netflix, Disney Plus, dan Amazon secara bersamaan?

Pada akhirnya memeriksa kembali pengeluaran secara berkala dapat mengarah pada penghematan yang cukup besar.

4. Membuat daftar belanja

Daftar belanja membantu kamu merencanakan pengeluaran dengan lebih baik. Dengan menuliskan apa-apa saja yang ingin dibeli, kamu bisa mengestimasi total biaya pengeluaran dan memastikan bahwa kamu tidak melebihi budget.

Selain itu, memiliki daftar belanja membantu kamu tetap fokus pada tujuan belanja kamu. Kamu tidak akan tergoda untuk terus menerus mengelilingi toko dan membeli barang yang tidak diperlukan jika kamu memiliki daftar yang jelas.

5. Hapus kategori yang tidak perlu

Tips lainnya untuk menghemat yakni menghapus satu kategori pengeluaran secara keseluruhan. Misalnya, kamu dapat memutuskan untuk tidak makan di luar selama sebulan.

Dengan menghilangkan satu kategori pengeluaran ini, maka kamu dapat menghemat uang tanpa perlu membebani diri. 

Itulah beberapa tips mengurangi anggaran pengeluaran yang bisa kamu coba untuk berhemat. Selamat mencoba, ya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments