Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON OCTOBER, 24 2022 reading time clock 5 Mins Read

Mau Cari Uang Tambahan? Berikut Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Memiliki penghasilan tetap dari pekerjaan utama terkadang bukan berarti semua kebutuhan akan dapat terpenuhi. Adakalanya kebutuhan dapat terpenuhi dengan memiliki income sampingan sebgai hasil dari hustle yang dilakukan. Hustle adalah istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan pekerja yang bekerja dengan giat bahkan hingga memiliki lebih dari satu sumber penghasilan.

Terlebih lagi perkiraan resesi yang akan terjadi pada tahun 2023 dimana tentu saja hal ini akan memberi dampak kepada perusahaan dan juga karyawan. Diperkirakan pada tahun mendatang, PHK akan terjadi besar-besaran apabila perusahaan tidak dapat bertahan. Hal tersebut tentunya membuat kita harus berpikir bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cari uang tambahan. Apalagi jika memang sudah ada niatan dari diri Anda, selanjutnya adalah bagaimana cara untuk dapat melihat adanya peluang. Mari kita bahas satu per satu cara menambah penghasilan tambahan.

Terbuka Untuk Menerima Lembur

cara-cari-uang-tambahan

Apabila saat ini Anda memiliki pekerjaan utama yang kerap membutuhkan ekstra waktu alias lembur, opsi ini dapat Anda manfaatkan. Tapi Anda perlu ingat, batas waktu lembur yang diatur dalam undang-undang adalah 3 jam per hari atau maksimal 14 jam per minggunya. Untuk perhitungan tarif per jam nya dapat Anda lihat secara lengkap di sini karena terdapat perbedaan kompensasi antara lembur pada hari kerja dan hari libur.

Walaupun lembur adalah cara mendapatkan uang tambahan yang mudah, perlu Anda ingat bahwa penghasilan ini berasal dari satu perusahaan yang sama. Sehingga apabila Anda kehilangan pekerjaan utama, maka Anda juga kehilangan sumber penghasilan tambahan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan dan jangan terlalu forsir diri Anda, ya.

Dapatkan Pekerjaan Paruh Waktu

cara-cari-uang-tambahan

Cara menghasilkan uang tambahan lain yaitu bisa dari freelance atau kerja paruh waktu. Di era digital seperti sekarang, sudah terbuka banyak sekali kesempatan bagi Anda untuk masuk ke dalam dunia freelance. Untuk bidang pekerjaannya pun beragam, dari yang tidak membutuhkan skill khusus atau untuk amatir hingga pekerjaan dengan skill tinggi atau untuk professional.

Pekerjaan freelance tanpa skill khusus dapat Anda lihat pada aplikasi seperti Sampingan dan Panggilin. Contoh pekerjaannya adalah jasa antar jemput anak sekolah, jasa download dan sign up pada aplikasi baru, jasa review aplikasi, restore akun sosial media lama, jasa ketik skripsi, dan lainnya. Untuk bayarannya termasuk beragam ada yang bernilai ribuan hingga jutaan rupiah.

Apabila Anda memiliki skill khusus terutama di bidang IT, marketing, social media management, content writing, copy writing, dan juga skills lainnya, Anda juga dapat menemukan pekerjaan di kedua website tersebut. Website lain yang bisa Anda coba ada Upwork, Sribulancer, dan Fiverr. Karena pekerjaan ini membutuhkan skills khusus, tentunya dari sisi bayaran akan relatif lebih tinggi.

Pekerjaan freelance memiliki satu keuntungan lainnya, yaitu Anda tidak terbatas untuk bekerja dengan klien dari dalam Indonesia saja. Anda juga bisa untuk mendaftarkan diri pada website freelancer luar negeri seperti Hivemicro dan Scribie. Artinya, Anda pun juga dapat menerima bayaran dalam bentuk mata uang asing, dollar AS, misalnya.

Akan menjadi keuntungan Anda apabila Anda dapat berbahasa inggris apabila mengincar freelance dengan klien dari luar negeri. Untuk level yang dibutuhkan akan kembali lagi kepada tipe pekerjaan yang akan dilakukan. Contohnya apabila Anda adalah seorang web developer, bahasa inggris akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan klien dari luar Indonesia. Sedangkan apabila Anda adalah seorang penulis, mungkin akan menguntungkan bagi Anda apabila memiliki sertifikat khusus untuk penulisan dalam bahasa inggris.

Jual Barang yang Tidak Dibutuhkan

cara-cari-uang-tambahan

Cara menghasilkan uang tambahan selanjutnya yaitu dengan menyortir barang-barang yang Anda miliki di rumah dan menjual barang yang tidak diperlukan. Saat ini sudah banyak terdapat website untuk menjual barang bekas atau istilah lainnya adalah thrifting atau membeli dan menggunakan barang preloved. Bagi sebagian orang, thrifting adalah gaya hidup, artinya akan selalu ada pangsa pasar untuk menjual barang bekas yang tentunya masih dalam kondisi bagus, ya.

Barang yang bisa Anda jual tentunya beragam, dari mulai baju, kendaraan, furnitures, koleksi mainan atau sepatu, dan lain-lain. Pelajari terlebih dahulu cara atau channel terbaik untuk menjualnya karena akan berbeda pangsa pasar setiap channel. Misalnya, Carrousel kerap digunakan untuk berjualan baju, sepatu, maupun tas preloved. OLX merupakan tempat yang tepat untuk menjual motor bekas, lemari, kulkas, dan peralatan kantor maupun rumah tangga lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menjualnya lewat forum Facebook maupun lewat jasa penjualan lainnya di Instagram atau sosial media lainnya. Untuk facebook biasanya tidak dikenakan biaya untuk berjualan kecuali Anda berniat mengiklankan thread tersebut. Untuk jasa penjualan lewat akun Instagram, ada biayanya tergantung dari harga barang yang akan dijual, dengan kisaran Rp 5.000 ke atas untuk satu post.

Sisihkan Sedikit Uang Ekstra ke Dalam Rekening Tabungan Untuk Pengeluaran Tak Terduga

Selanjutnya adalah sebaiknya Anda memulai kebiasaan untuk menyisihkan sedikit uang ke rekening tabungan. Gunanya adalah agar Anda tetap memiliki dana cadang ketika Anda membutuhkan dana untuk pengeluaran tidak terduga. Hal ini memang bukan merupakan salah satu cara menghasilkan uang tambahan, namun hal ini juga penting yaitu income management.

Begitulah beberapa cara menghasilkan uang tambahan yang dapat Anda coba. Kembali lagi bahwa yang utama adalah niat dan konsistensi dalam menjalani setiap pekerjaan yang Anda jalani. Apabila cara-cara ini Anda jadikan kebiasaan dan rutinitas, kemungkinan besar Anda akan dapat bertahan dalam krisis ekonomi baik dalam skala pribadi, perusahaan, negara, maupun global. Keep up the great hustle!