ATM Terblokir? Ini Cara Cepat Membuka Blokir ATM

Dalam kehidupan sehari-hari, sudah jadi hal biasa bagi kita menggunakan fasilitas perbankan, salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah kartu Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Kartu ATM bisa terblokir karena banyak hal, mulai dari berulang kali salah password hingga sengaja diblokir oleh pihak bank atas permintaan.

Intinya, kartu ATM yang terblokir itu pertanda bahwa ada tindakan mencurigakan di rekening bank kamu sehingga antisipasinya adalah pemblokiran kartu supaya tidak disalahgunakan lebih lanjut.

Nah kalau kartu kamu terblokir tiba-tiba tanpa kamu minta, dan kamu yakin tidak pernah salah memasukkan password di ATM ataupun m-banking, kamu perlu waspada karena mungkin ada pihak lain yang mencoba suatu hal tidak terpuji.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut cara-cara membuka blokir ATM yang terblokir!


Hubungi Call Center

Langkah paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah telepon call center bank kamu dan minta dia buka blokir kartu kamu. Beirkut daftar nomor call center setiap bank.

  • BNI: 1500046
  • BCA: 1500888
  • Mandiri: 14000
  • BRI: 1500017
  • Permata: 1500111
  • BSI: 14040

Bilang saja bahwa ATM kamu terblokir tanpa sepengetahuanmu. Si pihak bank biasanya akan melakukan verifikasi data seperti menanyakan lokasi, nominal, dan tanggal penarikan tunai terakhir.

Mereka juga mungkin menanyakan info-info lain untuk memastikan bahwa betul kamu adalah pemilik kartu. Kalau semua sudah cocok, mereka akan membuka blokir kartu ATM kamu dan bisa kamu gunakan lagi segera.

Biasanya, tahapan membuka ATM yang terblokir lewat call center adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi call center bank yang bersangkutan.
  2. Sampaikan bahwa ATM kamu terblokir tanpa sepengetahuanmu.
  3. Customer Service akan melakukan verifikasi nomor rekekning, nomor kartu ATM, nomor KTP, dan transaksi terakhir.
  4. Kalau data sudah sesuai, Customer Service akan menanyakan apakah kamu masih ingat PIN ATM yang terblokir.
  5. Kalau kamu masih ingat, kartu ATM biasanya dapat digunakan kembali menggunakan PIN semula.

Datang ke Bank

Terkadang call center tidak bisa menyelesaikan masalah saat itu juga, atau mungkin kamu disuruh datang ke bank terdekat. Jadi, selain menelepon call center kamu juga bisa langung datangi kantor cabang bank terdekat, bilang ke satpam bahwa kartu kamu terblokir, kemudian dia akan mengarahkan ke customer service.

Di customer service, kamu bisa jadi diminta dokumen-dokumen berikut:

  • Kartu ATM
  • KTP
  • Buku tabungan
  • Akses ke akun m-banking

Oleh karenanya, sebelum datang ke bank sebaiknya persiapkan dokumen di atas daripada kamu harus bolak-balik ke rumah cuma untuk mengambil dokumen.

Biasanya, proses pembukaan blokir kartu ATM di cabang bank adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kartu ATM yang terblokir, buku tabungan, serta KTP.
  2. Kunjungi kantor cabang bank terdekat.
  3. Bilang ke satpam bahwa ATM kamu terblokir tanpa sepengetahuan.
  4. Isi form dengan tujuan meminta pembukaan pembukaan blokir kartu ATM.
  5. Bayar biaya pembukaan blokir sesuai ketentuan (kalau diminta).

Pakai m-Banking

Kecanggihan teknologi memudahkan nasabah membuka blokir kartu ATM melalui aplikasi perbankan yang bisa didownload secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Aplikasi perbankan ini menyediakan beragam fitur, salah satunya yaitu Customer Service digital berbentuk layanan chat WhatsApp atau Live Chat dari aplikasi.

Meski begitu, layanan Customer Service digital ini masih terbatas dan hanya beberapa bank saja dengan lokasi di kota-kota besar yang dapat menikmati fitur ini.


Itulah tadi penjelasan lengkap tentang cara buka blokir kartu ATM.

Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sudah hampir jadi kebutuhan pokok di kehidupan modern, bahkan banyak orang yang tidak bawa uang cash tapi justru mengandalkan kartu ATM ke mana-mana. Kartu ATM yang terblokir pun bisa menghambat hidup, saking pentingnya kartu ATM.

ATM yang terblokir tentunya akan membuat panik penggunanya dan berbagai urusan keuangan menjadi tertunda.

Ada banyak hal yang dapat membuat kartu ATM terblokir, salah satunya pengguna lupa PIN (Personal Identification Number) sehingga salah memasukkannya saat hendak melakukan transaksi di mesin ATM.

Kartu ATM akan terblokir kalau pengguna salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal lainnya yang dapat menyebabkan pemblokiran kartu ATM yaitu kalau kartu ATM dipakai oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, pengguna sendiri yang akan meminta pihak bank untuk melakukan pemblokiran kartu ATM tersebut untuk terhindar dari kerugian atau kehilangan aset miliknya.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
View all comments