Avatar

Sekar

PUBLISHED ON AUGUST, 17 2022 reading time clock 5 Mins Read

ATM Anda Terblokir? Simak, Cara Cepat Membuka Blokir ATM

Dalam kehidupan sehari-hari, sudah menjadi hal biasa bagi kita menggunakan fasilitas perbankan, salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah kartu Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Kartu ATM atau kartu debit dikeluarkan oleh bank yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk bertransaksi di mesin ATM, seperti menarik uang melalui mesin ATM, melakukan pengiriman uang, mengecek saldo rekening tabungan, setor tunai, membayar tagihan, dan masih banyak lagi lainnya.


Dibalik kemudahannya, fasilitas ini juga memiliki masalah yang kerap muncul yaitu kartu ATM yang tidak bisa digunakan atau terblokir oleh sistem. Mengapa ATM bisa terblokir dan bagaimana cara membuka blokir ATM tanpa ke bank? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.


Mengapa ATM Bisa Terblokir?

ATM yang terblokir tentunya akan membuat panik penggunanya dan berbagai urusan keuangan menjadi tertunda. Ada banyak hal yang dapat membuat kartu ATM terblokir, salah satunya pengguna lupa PIN (Personal Identification Number) sehingga salah memasukkannya saat hendak melakukan transaksi di mesin ATM. Kartu ATM akan terblokir apabila pengguna salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Hal lainnya yang dapat menyebabkan pemblokiran kartu ATM yaitu apabila kartu ATM dipakai oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Biasanya, pengguna sendiri yang akan meminta pihak bank untuk melakukan pemblokiran kartu ATM tersebut untuk terhindar dari kerugian atau kehilangan aset miliknya.


Cara Memblokir ATM

Dalam beberapa kondisi tertentu, pengguna perlu memblokir kartu ATM untuk menghindari kerugian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal ini dilakukan apabila kartu ATM dipakai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, kartu ATM hilang, atau bahkan kartu tertelan oleh mesin ATM. Apabila hal ini terjadi kepada Anda, cara blokir kartu ATM yang paling mudah adalah dengan menghubungi Customer Service atau CS bank penerbit. Pada saat proses pemblokiran, Customer Service akan menanyakan beberapa informasi pribadi seperti identitas pemilik. Kemudian, Customer Service akan langsung memblokir ATM agar kartu tidak disalahgunakan.


Selain menghubungi Customer Service bank penerbit, memblokir kartu ATM juga bisa dilakukan melalui m-banking. Berikut adalah cara blokir kartu ATM atau debit bank BCA, BRI, dan bank Mandiri melalui aplikasi m-banking.


Cara blokir kartu ATM BCA dengan m-banking

Anda akan mendapatkan konfirmasi kartu telah berhasil diblokir.


Cara blokir kartu ATM BRI dengan m-banking


Cara blokir kartu ATM Mandiri dengan m-banking


Cara Membuka Blokir ATM

Apabila kartu ATM telah terblokir karena salah memasukkan PIN, ada beberapa cara membuka blokir ATM tanpa ke bank. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.


Hubungi Call Center

Hal yang bisa dilakukan untuk membuka blokir ATM agar dapat digunakan kembali adalah dengan menghubungi call center bank terkait.


Buka blokir dari aplikasi perbankan bank terkait

Semakin canggih nya teknologi memudahkan pengguna atau nasabah dapat membuka blokir kartu ATM melalui aplikasi perbankan yang dapat diunduh secara gratis pada Play Store ataupun App Store. Aplikasi perbankan ini menyediakan beragam fitur, salah satunya yaitu Customer Service digital berbentuk layanan tukar pesan WhatsApp atau Live Chat dari aplikasi. Meski begitu, layanan Customer Service digital ini masih terbatas dan hanya beberapa bank saja dengan lokasi di kota-kota besar yang dapat menikmati fitur ini.


Mendatangi kantor cabang langsung

Selain secara online, membuka blokir kartu ATM juga dapat dilakukan dengan mengunjungi langsung kantor cabang bank terdekat. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum pergi ke bank.


Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara membuka blokir ATM baik secara online maupun datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Sebaiknya, gunakan PIN yang dapat diingat dengan mudah agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Segera lakukan pemblokiran apabila kartu ATM Anda hilang melalui aplikasi perbankan atau menghubungi call center agar kartu tidak disalahgunakan.