Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 25 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Menjadi Freelancer serta Keuntungan dan Kerugiannya!

Pernahkah Anda mendengar bahwa sumber penghasilan tidak boleh hanya satu? Apakah Anda setuju dengan hal tersebut?

Jika jawaban Anda adalah iya, tentunya Anda sudah memikirkan bagaimana caranya agar Anda mendapatkan sumber penghasilan tambahan.

Salah satu caranya yaitu Anda bisa memulai karir tambahan sebagai freelancer. Freelancer atau buruh lepas adalah salah satu pilihan Anda untuk menambah sumber pendapatan dengan memanfaatkan waktu senggang Anda.

Cara menjadi freelancer pemula

Pertanyaan selanjutnya yaitu, bagaimanakah caranya agar Anda bisa masuk ke dalam dunia freelance?

Cara menjadi freelance dapat Anda simak pada keterangan di bawah ini.

Tentukan niche sesuai skill

Niche memiliki arti sebagai sebuah kelompok yang memiliki selera atau kebutuhan yang unik. Dalam konteks skills, niche artinya adalah kemampuan atau keahlian Anda yang menjadi ciri khas dan kekuatan utama Anda.

Mulailah mencari apa niche Anda, bisa jadi menulis artikel spesifik tentang dunia kuliner, ataukah food photography, atau bahkan bisa pet trainer.

Dari niche sesuai skills Anda, akan mudah apabila ke depannya Anda ingin fokus membangun personal branding. Karena niche skills ini akan diasosiasikan dengan diri Anda.

Jelaskan keahlian kamu

Spesifik dalam menjabarkan kemampuan dan jasa yang kamu tawarkan adalah hal yang sebaiknya dilakukan. Semakin detail tentunya akan semakin bagus karena akan dapat menjadi gambaran kualitas pengalaman Anda.

Bayangkan Anda adalah seorang klien yang sedang memilih kandidat freelance. Terdapat 2 profil kandidat yang sedang Anda analisa.

Satu kandidat hanya mencantumkan keahlian secara general, contohnya ‘Menulis artikel pariwisata’. Pada kandidat kedua terdapat keterangan keahlian ‘Menulis artikel tentang destinasi pariwisata dilengkapi dengan foto dan deskripsi yang persuasif untuk menonjolkan kekayaan alam dan budaya setempat’.

Sebagai seorang klien, tentunya Anda akan secara naluriah memilih kandidat kedua karena Anda sudah dapat membayangkan bahwa bahwa kandidat kedua akan lebih lengkap dalam menjabarkan sebuah topik dalam sebuah artikel.

Tentukan target pasar

Penting sekali terutama bagi freelancer pemula untuk dapat menemukan target ini sesuai dengan skills atau kemampuan yang akan Anda tawarkan. Tujuannya agar kebutuhan 2 pihak dapat terpenuhi, baik dari klien maupun dari sisi freelancer.

Contohnya apabila Anda memiliki skill pembukuan, maka Anda dapat menjadikan usaha kecil atau menengah yang sedang berkembang sebagai target pasar Anda karena jasa yang Anda tawarkan merupakan salah satu kebutuhan tipe bisnis tersebut.

Tentukan tarif yang sesuai

Tarif adalah salah faktor penentu setelah skills bagi freelancer. Di satu sisi, freelancer harus bisa menentukan tarif jasa mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan survei biaya jasa serupa dari sesame freelancer pemula.

Di sisi lain, freelancer juga harus bisa menyesuaikan dengan budget klien. Dalam hal ini, proses negosiasi adalah penentu. Hal yang utama adalah agar Anda mendapatkan upah yang sepadan dengan jasa yang Anda berikan.

Membangun portofolio yang menarik

Apabila Anda sebelumnya sudah memiliki karya Anda sendiri, mulailah untuk mengumpulkan karya-karya tersebut dan jadikanlah sebagai portofolio Anda.

bagi beberapa klien, portofolio ini dapat menjadi bukti yang lebih kuat dibandingan dengan deskripsi Anda tentang skills yang Anda miliki.

Promosikan keahlian kamu

Setelah memiliki portofolio yang menarik, selanjutnya Anda bisa memulai untuk melakukan promosi atas portofolio dan juga profil Anda pada platform tidak berbayar seperti LinkedIn maupun social media seperti Instagram bahkan Tiktok.

Daftar di beberapa website freelance

Terdapat banyak sekali website untuk freelancer yang dapat Anda coba. Salah satunya adalah sribulancer.com Atau jika Anda ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai tutor, Anda bisa mencoba superprof.co.id

Konsisten meningkatkan kemampuan

Sebagai freelancers, sudah menjadi salah satu kewajiban untuk meningkatkan kemampuan agar tetap dapat bersaing. Apalagi dunia freelance semakin digandrungi selama dan setelah pandemi.

Kelebihan freelance

Sama seperti halnya kerja kantoran, kerja sebagai freelance juga memiliki sisi positif dan negatif. Sebaiknya, Anda juga mempelajari tentang untung dan rugi menjadi freelancer. Berikut beberapa kelebihan atau poin plus yang bisa Anda dapatkan dari menjadi seorang freelancer.

Memiliki jam kerja yang fleksibel

Selalu menjadi nomor satu, jam kerja fleksibel ternyata memang menarik dan menjadi daya tarik utama bagi sebagian besar freelancers.

Tidak harus selalu bangun pagi dan yang penting adalah target tercapai dalam kurun waktu yang telah disepakati. Jam kerjanya, Anda yang tentukan sendiri.

Dapat bekerja di beberapa tempat sekaligus

Dalam kontrak kerja freelancers, biasanya tidak diatur mengenai berapa batas jumlah tempat bekerja dalam suatu periode waktu. Begitu pula dengan website freelance, tidak ada larangan untuk memiliki lebih dari 1 project berjalan.

Bisa mendapat penghasilan besar

Karena seorang freelance bisa bekerja dalam beberapa project sekaligus, maka secara otomatis penghasilan pun akan bertambah. Makin besar project akan makin besar penghasilannya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pahami batas kemampuan Anda dan juga asah skill self and time management Anda.

Kekurangan freelance

Walaupun menjadi freelancer terlihat begitu indah, tetap saja setiap hal memiliki kekurangan atau poin minus. Apa saja kekurangan dari menjadi seorang freelancer? Berikut penjelasannya.

Frekuensi pekerjaan tidak tentu

Walaupun seorang freelancer bisa bekerja untuk beberapa pekerjaan sekaligus, belum tentu juga freelancer bisa mendapatkan jumlah pekerjaan atau project sesuai dengan targetnya.

Akan ada waktu dimana freelancer memiliki workload yang tinggi dan juga aka nada waktu dimana freelancer kesulitan untuk memiliki bahkan 1 project untuk dikerjakan.

Jam kerja bisa lebih panjang

Menjadi seorang freelancer, betul memang Anda bisa menentukan sendiri jam kerja Anda. Tapi, untuk jam kerja, belum tentu jam kerja Anda menjadi lebih pendek.

Semua kembali lagi kepada project yang sedang Anda kerjakan dan time management skills Anda.

Pembayaran sering terlambat

Hal ini kerap juga dikeluhkan oleh para freelancers. Keterlambatan dalam proses pembayaran bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti misalnya klien juga menunggu pembayaran dari customer mereka.

Tidak ada salahnya untuk Anda membahas dan mempelajari lebih dalam mengenai skema pembayaran. Terutama ketika Anda telah menyelesaikan kewajiban utama Anda.

Begitulah kira-kira, gambaran untuk menjadi seorang freelance lengkap dengan untung rugi menjadi seorang freelancer. Dengan adanya pekerjaan tambahan, tentu saja tanggung jawab pun ikut bertambah begitu pula dengan penghasilan Anda.

Link foto

https://tse3.mm.bing.net/th?id=OIP.4ZVrs6sFrPGyflOy40gwXgHaEk&pid=Api&P=0