Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Cek SLIK OJK Sendiri Secara Online, Mudah dan Cepat!

Pengajuan pinjaman Anda ditolak dengan alasan laporan SLIK OJK buruk? Seperti pepatah mengatakan ‘sedia payung sebelum hujan’, maka ada baiknya kita cek SLIK OJK sebelum pinjaman ditolak.

Perlu diperhatikan bahwa pengajuan permohohan laporan SLIK OJK atau yang dulu kita kenal sebagai BI Checking, tidak sesulit yang Anda pikirkan. Tidak perlu membayar pihak ketiga, Anda bisa melakukannya sendiri secara online dan hasilnya akan langsung dikirim ke nomor whatsapp atau wa Anda. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

Siapkan Dokumen Pendukung

Sesuai kategori pemohon, dokumen pendukung dibagi menjadi 3 yaitu:

Lakukan Registrasi Online

Setelah semua dokumen telah dipastikan lengkap, Anda bisa melakukan registrasi online di sini. Silahkan isi Formulir Permohonan Informasi Debitur (IDEB) dengan data tipe pemohon, tanggal layanan, dan kantor OJK pilihan.

Setelah memilih tanggal, Anda dapat melihat waktu pilihan antri dan memilih waktu dengan kuota yang masih tersedia. Pilihan waktu yang tersedia adalah:

Karena pengajuan ini adalah pengajuan online, sebaiknya Anda mengecek semua tanggal yang tersedia untuk mengecek ketersediaan kuota pada tanggal tersebut, ya.

Pemohon Sebagai Debitur Mengisi Profil Dengan Lengkap dan Benar

Tahap selanjutnya yaitu mengisi data diri sesuai dengan dokumen legal yang dimiliki. Data yang harus Anda isi adalah berupa data nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, alamat email, dan juga alamat tinggal.

Untuk data alamat, silahkan masukan sesuai dengan alamat pada KTP. Untuk pilihan alamat lain dapat Anda cantumkan alamat lain yang pernah Anda tempati dan/atau alamat tinggal saat ini.

KTP akan Anda upload pada bagian ini. Kemudian yang terakhir adalah centang persetujuan dan juga mengisi data captcha.

Unggah (Upload) Dokumen Asli yang Telah Disiapkan

Apabila tahap pengisian profil telah selesai, Anda akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengunggah dokumen asli. Perlu diperhatikan kembali bahwa dokumen yang diunggah adalah foto dari dokumen asli.

Pemohon Akan Mendapatkan Bukti Registrasi

Cek berkala email Anda setelah Anda selesai mengunggah dokumen, karena pihak OJK akan mengirimkan bukti registrasi sebagai tanda bahwa data Anda sedang diverifikasi oleh OJK. Bukti registrasi hanya akan Anda terima apabila seluruh data telah diisi dan dokumen telah diunggah, ya.

Tahap Verifikasi Data oleh OJK

Waktu yang diperlukan untuk melakukan verifikasi adalah maksimal tiga hari kerja. Bagi Anda yang datanya telah dipastikan benar, selanjutnya OJK akan mengirimkan email validasi kepada Anda.

Tahap Verifikasi Nomor Whatsapp

Perhatikan pada emal validasi, terdapat permintaan oleh OJK untuk Anda melakukan verifikasi nomor whatsapp ke nomor yang dicantumkan pada email. Hal yang perlu Anda lakukan untuk verifikasi nomor whatsapp adalah mengirimkan foto atau scan dokumen yang di dalamnya terdapat data nama ibu kandung dan juga tanda tangan Anda. Dokumen kedua adalah selfie Anda memegang kartu identitas diri.

Verifikasi nomor whatsapp ini memiliki rentang waktu yang cukup singkat yaitu, H-3 hingga H-1 hari dari tanggal antrian yang Anda pilih. OJK akan melakukan tahap verifikasi lebih lanjut melalui video call apabila diperlukan.

Pemohon Mendapatkan Hasil Laporan Lewat Email yang Didaftarkan

Hasil laporan SLIK OJK atau IDEB Anda kemudian akan dikirim ke email Anda setelah tahap verifikasi no whatsapp telah memadai dan seluruh tahap dan dokumen telah berhasil Anda lengkapi dalam jangka waktu yang ditentukan.

Silahkan dibaca dengan teliti dan Anda juga harus memastikan bahwa data pada laporan SLIK OJK Anda adalah benar. Cara untuk membaca hasil laporan SLIK OJK secara lengkap bisa Anda baca di sini.

Kontak OJK Apabila Terdapat Pertanyaan Lebih Lanjut

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar hasil SLIK OJK yang Anda dapatkan atau menurut Anda terdapat data yang tidak sesuai baik itu adalah profil diri Anda maupun informasi lainnya, Anda bisa menghubungi pihak OJK melalui telepon, email, ataupun whatsapp.

Mudah bukan, untuk mengajukan SLIK OJK sendiri secara online. Cukup melakukan sesuai panduan langkah di atas, Anda bisa menganalisa kondisi dan kemampuan Anda sebelum mengambil keputusan selanjutnya dalam mengajukan pinjaman.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih aware akan pentingnya menjaga kolektibilitas kredit untuk secara konsisten berada di Kol-1 atau kredit lancar demi kelancaran urusan dan menjaga hubungan yang sehat dengan pihak perbankan ataupun institusi keuangan lainnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, sesuai dengan pepatah orang bijak.