Cara Cek Skor Kredit dan Arti Masing-Masing Nilai Skor

Skor kredit yang tinggi artinya kamu berpeluang besar diterima pengajuan pinjaman, sementara skor kredit yang kecil artinya kamu dianggap kurang layak.

Ketika mengajukan pinjaman, pihak peminjam perlu mengetahui catatan riwayat kredit kamu. Nah proses pemeriksaan ini dikenal sebutan SLIK (dulu BI Checking) yang dikelola oleh OJK.

SLIK berisi seluruh catatan riwayat kredit kamu. Catatan riwayat kredit ini berasal dari pihak pelapor Sistem Informasi Debitur (SID). Data di SID ini berasal dari laporan berbagai lembaga finansial seperti bank, pinjol resmi, hingga koperasi simpan pinjam.

Misalnya kamu pernah ngutang di satu pinjol resmi dan telat bayar, riwayat kamu ini akan dikirimkan oleh si pinjol ke OJK sehingga masuk ke SID.

Catatan ini nantinya akan dipertukarkan antar lembaga keuangan lain, itulah kenapa kalau kamu sering gagal bayar di satu pinjol, pinjol lain kemungkinan akan menolak pengajuan pinjamanmu karena dia juga punya akses riwayatmu.

Riwayat kredit inilah yang jadi dasar penilaian skor kredit. Yuk baca lebih lanjut.


Cara Cek Skor Kredit Online

Cara cek skor kredit online dapat dilakukan dengan layanan SLIK OJK (dulu BI Checking) dengan mengikuti langkah ini:

  1. Buka laman registrasi IDEB SLIK OJK
  2. Klik Pendaftaran
  3. Isi kolom jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas, nomor identitas, dan captcha
  4. Klik Selanjutnya

Kalau kuota penuh, kamu akan mendapat notifkasi seperti ini:

Kamu bisa coba lagi sesuai waktu yang tertera, atau mudahnya langsung saja pakai aplikasi Skorlife untuk cek skor kredit dan status KOL tanpa harus bayar dan menunggu berlama-lama.

Kalau kebetulan kuota IDEB tidak penuh, kamu bisa lanjut ke mengisi nama lengkap, NIK, nomor telepon HP, alamat email, alamat rumah lengkap dan sebagainya. Berikut dokumen yang mungkin diperlukan.

Debitur perseorangan:

  • KTP (WNI)
  • Paspor (WNA)

Debitur badan usaha:

  • KTP direktur (WNI)
  • Paspor direktur (WNA)
  • Akta pendirian badan usaha
  • NPWP badan usaha
  • Anggaran dasar terakhir yang memuat susunan dan kewenangan pengurus

Setelah mengisi data, kamu diminta untuk mengunggah foto serta scan dokumen asli yang sudah kami sebutkan di atas. Pastikan dokumen yang diunggah memiliki kualitas gambar yang jelas agar proses verifikasi berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, tahap verifikasi data. OJK akan melakukan pengecekan atau verifikasi data yang telah kamu input. Setelah tahap pengecekan atau verifikasi selesai, kamu akan mendapatkan email berupa informasi hasil verifikasi antrian dari OJK yang akan dikirim paling lambat H-2 dari tanggal antrian.

Apabila lolos verifikasi, kamu dapat mencetak formulir yang tertera pada email dan memberikan tanda tangan sebanyak tiga kali.

Foto atau scan formulir yang telah ditandatangani tadi dan kirim ke nomor Whatsapp yang ada pada email beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP.

OJK kemudian akan melakukan verifikasi lanjutan via Whatsapp dan melakukan video call apabila diperlukan. Apabila lolos verifikasi, kamu akan menerima hasil iDeb atau detil catatan riwayat pinjaman debitur yang dikirim melalui email yang telah didaftarkan pada saat melakukan registrasi.

Baca juga: Skor kredit tidak muncul? Mungkin ini penyebabnya!


Cara Cek Skor Kredit Offline

Cek skor kredit juga dapat dilakukan secara offline. Kamu dapat datang langsung ke OJK dengan membawa dokumen pendukung dan mengisi formulir permintaan informasi debitur.

Kemudian, OJK akan memeriksa dan meneliti formulir dan dokumen pendukung Debitur.

Apabila sudah sesuai dengan persyaratan, OJK akan melakukan pencetakan hasil informasi debitur. Selanjutnya, OJK akan melakukan konfirmasi dan menyerahkan hasil informasi debitur kepada pemohon beserta tanda terima yang ditandatangani oleh pemohon.


Arti Masing-Masing Nilai Skor Kredit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, skor kredit menjadi bahan pertimbangan bagi pihak bank atau lembaga keuangan lainnya dalam memberikan pinjaman kredit.

Skor kredit dalam BI Checking atau SLIK OJK terdiri dari beberapa jenis. Umumnya, skor kredit ini menggunakan skala dari skor 1 sampai skor 5. Berikut arti masing-masing dari nilai skor kredit.

  • Skor 1 (Lancar): Kamu selalu membayar pembayaran pokok dan bunga tepat waktu, perkembangan rekening baik, tidak ada tunggakan, serta sesuai dengan persyaratan kredit
  • Skor 2 (Dalam perhatian khusus): Kamu punya catatan menunggak dan terdapat keterlambatan membayar pembayaran pokok dan/atau bunga antara 1 sampai 90 hari
  • Skor 3 (Kurang lancar): Kamumenunggak membayar pembayaran pokok dan/atau bunga antara 90 sampai 120 hari
  • Skor 4 (Diragukan): Kamu telat membayar pembayaran pokok dan/atau bunga antara 121 sampai 180 hari
  • Skor 5 (Macet): Kamu menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga lebih dari 180 hari

Skor kredit yang baik merupakan salah satu penentu apakah pengajuan kredit yang diajukan akan disetujui atau tidak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya.

Untuk mengetahui skor kredit, kamu dapat melakukan langkah-langkah cara melihat skor kredit yang telah dijelaskan sebelumnya.

Agar skor kredit berada di kategori yang baik, pastikan kamu selalu membayar tagihan tepat waktu. Apabila telat membayar tagihan, tentunya hal tersebut akan berdampak pada skor kredit kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments