Avatar

Sekar

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Cek Skor Kredit dan Arti Masing-Masing Nilai Skor

Skor kredit merupakan salah satu hal yang dapat menentukan apakah pengajuan pinjaman diterima atau tidak. Apabila Anda memiliki skor kredit yang baik, besar peluang pinjaman Anda dapat disetujui oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Sebaliknya, jika skor kredit berada di kondisi yang buruk, peluang pinjaman disetujui pun juga kecil. Skor kredit ini secara tidak langsung menggambarkan kemampuan dan kelayakan debitur untuk membayar hutang kredit.


Sebelum memutuskan pemberian pinjaman atau kredit kepada calon debitur, pihak bank atau lembaga keuangan lainnya perlu mengetahui catatan riwayat kredit dari calon peminjam atau debitur. Proses pemeriksaan riwayat kredit tersebut dikenal dengan sebutan BI (Bank Indonesia) Checking atau yang sekarang digantikan dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan dikelola oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat OJK.


BI Checking atau SLIK OJK menyimpan seluruh catatan riwayat kredit debitur. Catatan riwayat kredit tersebut berasal dari pihak pelapor Sistem Informasi Debitur (SID). Pihak kredit yang wajib menjadi pelapor antara lain bank umum, BPR, lembaga keuangan non bank, penyelenggara kartu kredit selain bank, dan koperasi simpan pinjam hingga unit usaha Syariah. Catatan riwayat kredit tersebut nantinya akan dipertukarkan antar bank atau lembaga keuangan lainnya yang bertujuan untuk memastikan calon debitur yang akan mengajukan pinjaman tidak memiliki skor kredit yang buruk atau sedang mengalami gagal bayar dan menurunkan risiko kredit bermasalah di kemudian hari. Berdasarkan riwayat kredit tersebut, akan ada penilaian skor kredit dan akan menjadi salah satu hal yang dapat membantu pihak bank atau lembaga keuangan lainnya dalam proses pengajuan pinjaman.


Mengetahui pentingnya peran skor kredit, pasti Anda ingin mengetahui berapa skor kredit yang Anda miliki. Yuk, simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui cara cek skor kredit.

Cara Cek Skor Kredit Online

Cara cek skor kredit online dapat dilakukan dengan layanan BI Checking atau SLIK OJK. Sebelum melihat skor kredit online, persiapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. Bagi debitur perseorangan WNI, menunjukkan identitas asli berupa KTP. Sedangkan untuk WNA, dokumen yang diperlukan adalah Paspor. Bagi debitur badan usaha, dokumen yang diperlukan KTP untuk Direktur WNI dan Paspor untuk Direktur WNA, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) badan usaha, akta pendirian badan usaha, dan anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan dan kewenangan pengurus.


Selanjutnya, lakukan registrasi untuk mengecek skor kredit secara online dengan mengunjungi laman registrasi OJK. Setelah melakukan registrasi Anda perlu memilih jenis iDeb atau informasi debitur dan tanggal antrian yang masih tersedia serta lokasi kantor pusat OJK. Kemudian, Anda diminta untuk mengisi seluruh informasi dengan lengkap dan benar seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon HP, alamat email, alamat rumah lengkap dan sebagainya.


Setelah mengisi data, Anda diminta untuk mengunggah foto serta scan dokumen asli yang diperlukan yakni KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA. Untuk badan usaha wajib melampirkan identitas pengurus, NPWP badan usaha, akta pendirian badan usaha, dan anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan dan kewenangan pengurus. Pastikan dokumen yang diunggah memiliki kualitas gambar yang jelas agar proses verifikasi berjalan dengan lancar.


Selanjutnya, tahap verifikasi data. OJK akan melakukan pengecekan atau verifikasi data yang telah Anda input. Setelah tahap pengecekan atau verifikasi selesai, Anda akan mendapatkan email berupa informasi hasil verifikasi antrian dari OJK yang akan dikirim paling lambat H-2 dari tanggal antrian. Apabila lolos verifikasi, Anda dapat mencetak formulir yang tertera pada email dan memberikan tanda tangan sebanyak tiga kali. Foto atau scan formulir yang telah ditandatangani tadi dan kirim ke nomor Whatsapp yang ada pada email beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP. OJK kemudian akan melakukan verifikasi lanjutan via Whatsapp dan melakukan video call apabila diperlukan. Apabila lolos verifikasi, Anda akan menerima hasil iDeb atau detil catatan riwayat pinjaman debitur yang dikirim melalui email yang telah didaftarkan pada saat melakukan registrasi.


Cara Cek Skor Kredit Offline

Cek skor kredit juga dapat dilakukan secara offline. Anda dapat datang langsung ke OJK dengan membawa dokumen pendukung dan mengisi formulir permintaan informasi debitur. Kemudian, OJK akan memeriksa dan meneliti formulir dan dokumen pendukung Debitur. Apabila sudah sesuai dengan persyaratan, OJK akan melakukan pencetakan hasil informasi debitur. Selanjutnya, OJK akan melakukan konfirmasi dan menyerahkan hasil informasi debitur kepada pemohon beserta tanda terima yang ditandatangani oleh pemohon.


Arti Masing-Masing Nilai Skor Kredit

 Arti Masing-Masing Nilai Skor Kredit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, skor kredit menjadi bahan pertimbangan bagi pihak bank atau lembaga keuangan lainnya dalam memberikan pinjaman kredit. Skor kredit dalam BI Checking atau SLIK OJK terdiri dari beberapa jenis. Umumnya, skor kredit ini menggunakan skala dari skor 1 sampai skor 5. Berikut arti masing-masing dari nilai skor kredit.



Skor kredit yang baik merupakan salah satu penentu apakah pengajuan kredit yang diajukan akan disetujui atau tidak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Untuk mengetahui skor kredit, Anda dapat melakukan langkah-langkah cara melihat skor kredit yang telah dijelaskan sebelumnya. Agar skor kredit berada di kategori yang baik, pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat waktu. Apabila telat membayar tagihan, tentunya hal tersebut akan berdampak pada skor kredit Anda.