Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 15 2022 reading time clock 5 Mins Read

Enam Langkah Mudah Melindungi Data Pribadi

Serangan siber meningkat seiring dengan semakin majunya teknologi. Hal ini merupakan ancaman terbesar bagi seluruh masyarakat pengguna teknologi.

Lewat serangan siber, para hacker bisa mencuri data pribadi masyarakat. Hal ini tentunya akan merugikan masyarakat. Sebagai pemilik data, kita adalah pihak pertama yang harus bisa melindungi data pribadi.


Alasan pentingnya melindungi data pribadi

Kita perlu lebih berhati-hati dalam menjaga data pribadi di era digital ini. Tujuannya tentu agar terhindar dari berbagai resiko yang dapat timbul di kemudian hari. Beberapa alasan mengapa Anda perlu melindungi data pribadi adalah sebagai berikut.


Mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh oknum tidak bertanggung jawab

Ketika data pribadi Anda jatuh ke tangan hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab, besar resiko bahwa data Anda akan disalahgunakan.

Sebagai contohnya, hacker bisa mengajukan pinjaman online dengan menggunakan data pribadi Anda. Akibatnya, uang akan diterima oleh oknum tidak bertanggung jawab sedangkan pada akhirnya Anda yang akan dianggap berhutang dan ditagih atas pinjaman tersebut.

Melindungi data finansial

Data finansial dapat digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan transaksi dengan menggunakan nama Anda.

Data finansial juga dapat membuka akses ke aset pribadi Anda. Tentunya hal ini menjadi alasan penting untuk melindungi data finansial Anda.

Mencegah seseorang berpura-pura menjadi Anda

Oknum yang tidak bertanggung jawab bisa saja berpura-pura menjadi Anda dan melakukan Tindakan kriminial seperti misalnya membobol mesin ATM dan meninggalkan identitas Anda.

Tentunya hal ini akan membuat Anda terseret ke dalam kasus kriminal yang tentunya tidak Anda perbuat.

Menghindari penipuan

Alasan selanjutnya dari pentingnya melindungi data pribadi yaitu bisa saja oknum tidak bertanggung jawab tersebut melakukan penipuan. Tentunya hal ini sangat merugikan Anda.

Ada 2 kemungkinan skenario yang bisa terjadi, Anda sebagai korban atau bisa jadi data diri Anda justru digunakan sebagai identitas pihak yang melakukan penipuan.

Mlindungi diri dari berbagai ancaman di masa depan

Kita tidak dapat mengetahui ancaman serangan siber di masa mendatang. Yang pasti, seiring dengan majunya teknologi, akan selalu ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain.

Hal ini yang juga menjadi salah satu alasan utama pentingnya menjaga data pribadi kita.

Cara melindungi data pribadi

Kemudian pertanyaan yang selanjutnya timbul adalah bagaimana caranya untuk dapat melindungi data pribadi? Berikut ini adalah cara melindungi data pribadi. Simak dan terapkan untuk dapat melindungi data pribadi Anda, ya.

Jangan membagikan data pribadi kepada orang lain

Selalu ingat bahwa data pribadi adalah data yang hanya dapat diakses oleh Anda seorang. Tentunya Anda dapat membagikan data tersebut untuk kepentingan tertentu seperti misalnya untuk membuka rekening di bank.

Apabila bukan untuk hal yang penting dan kepada pihak yang dapat Anda yakini, jangan pernah sembarangan membagikan data pribadi kepada orang lain.

Jangan membagikan kode OTP kepada orang lain

Kode OTP sekarang kerap digunakan sebagai sistem pengaman lain selain PIN atau kata sandi. Layaknya PIN dan kata sandi, OTP juga bersifat pribadi dan tidak untuk dibagikan kepada orang lain.

Hancurkan fotokopi KTP sebelum dibuang

Data pada KTP adalah data pribadi dan sebaiknya Anda perhatikan untuk menghancurkan fotokopi KTP apabila memang sudah tidak digunakan.

Hal ini juga berlaku apabila Anda menerima paket yang mencantumkan data pribadi Anda pada kemasan luarnya. Pastikan juga Anda telah menggunting atau menghancurkan data tersebut sebelum membuangnya.

Jangan membuka link mencurigakan

Hacker adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif. Mereka mempelajari demografis target mereka agar dapat terlihat meyakinkan atau menggiurkan.

Perhatikan untuk selalu cek link sebelum membukanya. Perhatikan domainnya, jika terasa tidak familiar, sebaiknya Anda jangan langsung klik.

Resikonya adalah data Anda langsung bisa tersedot setelah membuka link tersebut dan tentunya sudah terlambat untuk Anda karena data pribadi Anda telah jatuh ke tangan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Gunakan software legal dan update berkala

Banyak yang berpikir bahwa tidak akan menjadi masalah untuk menggunakan software illegal. Namun kenyataannya, ada resiko dibalik hal tersebut.

Resikonya adalah sumber yang tidak jelas dan berpotensi memancing Anda dengan software gratis guna mendapatkan data pribadi Anda.

Kemudian, apabila Anda telah memiliki dan menggunakan software legal, Anda juga harus memastikan bahwa Anda selalu meng-update software Anda.

Fungsinya adalah agar hacker tidak bisa masuk dengan mudah karena terdapat sistem yang secara rutin diperbaharui. Tentunya akan membutuhkan waktu bagi hacker untuk mempelajari sistem yang baru tersebut.

Gunakan password yang kuat dan ganti secara berkala

Password atau kata sandi adalah sesuatu yang dasar dan pasti di setiap website maupun aplikasi mewajibkan Anda memiliki kata sandi yang kuat. Dalam arti tidak mudah ditebak, seperti tanggal lahir Anda.

Buat kata sandi yang bersifat personal dan juga kreatif, agar jalan pikiran Anda tidak mudah ditebak dan hacker pun tidak akan bisa menembus kata sandi Anda.

Selain itu, penting juga seperti layaknya pada software, untuk Anda mengganti kata sandi secara berkala dan sebaiknya tidak menggunakan kata sandi yang sebelumnya Anda gunakan. Hal ini perlu dihindari karena akan menjadi pola yang dapat dipelajari oleh hacker.

Begitulah kira-kira alasan mengapa Anda harus melindungi data pribadi Anda dan juga cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data pribadi Anda.