Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 25 2022 reading time clock 5 Mins Read

7 Tips Menabung di Usia Muda dengan Mudah dan Efektif!

Hemat pangkal kaya. Ingatkah Anda akan pepatah dahulu? Apa menurut Anda pepatah itu masih valid di zaman sekarang terutama untuk anak muda? Ataukah seharusnya di-update menjadi hemat dan rajin menabung pangkal kaya?

Menabung adalah menyisihkan sebagian dari dana yang dimiliki untuk disimpan. Artinya, semakin sering Anda menabung, tentunya dana yang Anda dimiliki pun menjadi semakin banyak. Jadi, rasanya betul ya, jika pepatah tersebut ditambahkan menjadi hemat dan rajin menabung pangkal kaya.

Lalu, mengapa kita harus menabung? Manfaat menabung dapat kita rasakan baik dalam jangka waktu pendek maupun Panjang, tergantung pada tujuan awal kita. Baik jangka waktu pendek maupun Panjang, tentu saja menabung memberikan manfaat yang sangat banyak salah satunya yaitu menolong kita dalam keadaan darurat.

Apabila Anda mulai tertarik untuk lebih mempelajari tentang bagaimana untuk menabung, silahkan simak bagaimana cara menabung efektif pada artikel ini.

Tetapkan target yang jelas

Tahap pertama, selalu mulai dengan target atau tujuan. Penting bagi Anda untuk menetapkan target yang jelas. Jelas dalam arti realistis secara kemampuan dan waktu dan bisa Anda laksanakan.

Contohnya adalah apabila Anda ingin mengganti ponsel lama Anda dengan ponsel tipe terbaru, Anda pertama harus menetapkan ponsel apa yang Anda inginkan dan berapa harganya. Setelah itu Anda bisa mulai menghitung kemampuan Anda untuk menentukan berapa lama Anda bisa menabung untuk membeli ponsel impian Anda tersebut.

Gunakan 2 rekening yang berbeda

Mengapa harus dua? Bukankah 2 rekening artinya 2 kali membayar biaya admin? Betul. Tapi jangan salah paham dulu, ya. Memisahkan dana pada rekening adalah langkah yang selanjutnya Anda harus lakukan untuk dapat mulai menabung.

Kedua rekening tersebut diperuntukan sebagai tempat menabung dan yang kedua adalah sebagai sumber dana harian. Dengan begini, pikiran Anda akan dapat mulai terlatih untuk hanya menggunakan rekening dana harian dan tidak menyentuh rekening tabungan.

Menabung di awal

Tabungkan sebagian penghasilan dan gunakan sisanya. Jangan tabung sisa uang Anda tapi gunakan sisa uang Anda setelah menabung.

Terdengar sederhana ya, tapi ternyata kalimat tersebut menentukan apa sebenarnya prioritas Anda. Coba latih diri Anda untuk menabung di awal, ketika Anda telah menerima gaji. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga sedang melatih diri Anda untuk menjadikan menabung sebagai rutinitas setelah mendapatkan gaji atau sumber dana lainnya.

Tapi satu hal yang perlu Anda perhatikan. Kondisi ini hanya bisa Anda lakukan ketika Anda belum memiliki beban tanggungan atau hutang rutin tiap bulannya atau hanya ketika Anda sudah memahami kemampuan dan tanggungan rutin setiap bulannya, ya.

Batasi gaya hidup konsumtif

Bagi sebagian anak muda yang belum memiliki tanggungan, terkadang menjadi mudah bagi anak muda untuk masuk ke dalam lingkungan konsumtif. Seperti misalnya, nongkrong di kafe untuk membeli kopi seharga Rp 70.000 setiap pulang kerja. Atau membeli makanan via ojek online dengan pembelian minimal Rp 150.000 per transaksi.

Sesekali menikmati hasil keringat sendiri memang baik, untuk melepaskan penat dan stress Anda, namun jangan sampai Anda melewati batas kemampuan Anda sendiri. Resikonya bisa menjadi boomerang, bukannya melepaskan penat malah menambah penat baru karena dana sudah habis sebelumnya waktunya gajian.

Coba Anda mulai mengalihkan pikiran dengan cara memberikan afirmasi kepada diri sendiri bahwa Anda tetap bisa menikmati kopi dan makanan mahal sesekali setelah menabung dan memenuhi kebutuhan utama lainnya.

Selanjutnya, evaluasi keinginan Anda sendiri dengan mendahulukan manfaat daripada gengsi. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Secara perlahan, pola pikir Anda akan terbentuk dengan sendirinya bahwa gaya hidup konsumtif bisa merusak kondisi finansial Anda ke depannya.

Bayar semua cicilan dan hutang

Sebelum menabung pastikan semua cicilan dan hutang telah terbayar atau paling tidak masih dalam kontrol Anda. Perhitungkan dengan seksama kemampuan menabung setiap bulannya berdasarkan jumlah pemasukan, biaya operasional, dan juga kewajiban tiap bulannya.

Jangan sampai karena ingin menabung, malah justru membuat Anda membuka cicilan atau hutang baru. Justru menabung seharusnya melindungi Anda dari mengajukan pinjaman.

Lakukan investasi

Zaman modern seperti sekarang, banyak sekali promo investasi dimana-mana dengan menawarkan suku bunga yang tinggi dan di-branding sesuai dengan target khalayaknya yaitu anak muda. Apakah menabung dengan investasi ini efektif?

Jawabannya tergantung kepada diri masing-masing. Investasi memang salah satu pilihan untuk menabung, terutama untuk jangka panjang. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk investasi, sebaiknya Anda kenali dahulu jenis investasi, karakter Anda sebagai investor, dan pilih tipe investasi dengan bijak.

Jika Anda berhasil menentukan investasi yang tepat, pastinya diri Anda di masa depan akan sangat berterimakasih kepada diri Anda di masa kini.

Cari penghasilan tambahan

Jangan pernah mengandalkan pemasukan dari hanya satu sumber, kata orang bijak di zaman sekarang. Pernahkah Anda mendengar seseorang berkata demikian?

Untuk kondisi di zaman sekarang dengan terbukanya akses seluruh dunia tentunya juga membuka kesempatan Anda untuk melebarkan sayap dalam berkarir. Semakin lebar sayap Anda, maka akan semakin banyak pula sumber penghasilan tambahan untuk Anda.

Misalnya, Anda adalah seorang banker sukses yang menyukai public speaking. Anda bisa mulai mengikuti seminar untuk mempelajari hard skills dan juga soft skills yang dibutuhkan sebagai public speaker.

Di kantor, Anda dapat mulai mengisi training tentang bagaimana agar memiliki karir di bank yang berprospek seperti Anda. Apabila Anda dapat tampil dengan maksimal, bukan tidak mungkin nama Anda akan dilirik untuk mengisi training di luar kantor Anda dengan cakupan audience yang tentunya lebih besar.

Selanjutnya, bisa jadi selanjutnya Anda akan dikenal sebagai seorang banker, public speaker, dan trainer terpopuler. Tentunya sumber penghasilan tambahan pun akan senantiasa mengikuti Anda kemanapun Anda melangkah.

Menabung adalah hal yang menyenangkan dan ringan untuk dilakukan apabila sudah menjadi bagian dari rutinitas Anda. Maka dari itu, hal dasar yang harus Anda lakukan adalah menjadikan tabungan sebagai kegiatan sehari-hari.

Anda bisa mulai berlatih menabung secara harian dalam jumlah kecil maupun sebulan sekali dalam jumlah yang lebih besar. Ingat, Anda selalu dapat mulai dari hal yang kecil dan mudah dan tabungan yang banyak tidak akan terkumpul hanya dengan satu kali menabung. Komitmen adalah salah satu hal penentu untuk menabung dengan mudah dan efektif.