6 Rekomendasi Film Tentang Keuangan. Belajar Finansial Jadi Lebih Menyenangkan

Ada sejumlah rekomendasi film tentang keuangan yang bisa menjadi cara mempelajari finansial dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

Topik mengenai keuangan memang selalu menarik dan penting untuk dibahas. Pengelolaan keuangan menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang kualitas hidup yang lebih baik.

Semakin baik pengelolaan keuangan, semakin besar kesempatan kamu untuk dapat meningkatkan kualitas hidup.

Begitu besarnya peran pengelolaan keuangan membuat banyak orang mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Universitas dan tempat kursus menawarkan banyak program menarik yang bisa diikuti. Kamu bisa memilih program yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, terdapat juga banyak buku yang membahas mengenai keuangan.

Tidak kalah menarik, bagi kamu yang lebih mudah menyerap ilmu dari audio visual, terdapat banyak film yang bisa dijadikan referensi untuk belajar mengenai keuangan.

Tertarik untuk melihat film seputar keuangan apa saja yang dimaksud dan ada pelajaran apa saja di baliknya? Yuk, bahas satu per satu!

Blog SkorLife telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk mengulasnya.

Rekomendasi Film tentang Keuangan

1. Wall Street (1987)

Film ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, terutama bagi pencinta film klasik.

Diproduksi pada tahun 1987, Wall Street menjadi rekomendasi film tentang keuangan hingga saat ini karena ceritanya masih relevan dengan kondisi saat ini.

Film ini menceritakan tentang seorang makelar saham muda bernama Bud Fox (diperankan oleh Charlie Sheen).

Bud mengidolakan sosok Gordon Gekko (Michael Douglas), seorang pialang di Wall Street yang melegenda.

Bud mencoba segala cara untuk mendekati Gekko dan berakhir dengan memberikan informasi nonpublik yang membawa keuntungan bagi Gekko.

Gekko akhirnya menjadi klien dari Bud dan mereka saling memberikan keuntungan.

Hubungan bisnis ilegal mereka berakhir setelah Bud menangkap maksud jahat Gekko dan akhirnya bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk mengungkap kebenaran sekaligus menebus kesalahan dirinya.

Cerita yang kompleks di film ini memberikan gambaran sisi gelap dari trading (perdagangan saham) dan juga konsekuensi dari keserakahan.

Profesi seperti trader, broker, banker, dan berbagai profesi keuangan lainnya amat disarankan menonton film ini untuk mendapatkan insight bermanfaat.

2. Glengarry Glen Ross (1992)

Glengarry Glen Ross adalah sebuah film bergenre drama yang diproduksi pada tahun 1992.

Film ini diadaptasi dari naskah drama berjudul sama karya penulis David Mamet yang memenangkan Pulitzer Prize pada 1984.

Glengarry Glen Ross ini mengisahkan tentang empat orang penjual properti yang diberikan target dengan ancaman kehilangan pekerjaan.

Tekanan profesi menyebabkan mereka putus asa. Segala kecurangan termasuk pengkhianatan mereka lakukan agar dapat mencapai target dan bisa mempertahankan pekerjaan.

Film ini banyak menggambarkan mengenai profesi tenaga penjualan termasuk tekanan dan juga sisi gelap lainnya.

3. Rogue Trader (1999)

Film Rogue Trader diangkat dari kisah nyata tentang seorang broker investasi bernama Nick Leeson (diperankan oleh Ewan McGregor).

Nick adalah seseorang yang ambisius dan malah membuat bank tertua kedua di dunia, yaitu Barings Bank menjadi bangkrut.

Hal tersebut ia lakukan dengan cara melakukan perdagangan resiko tinggi tanpa adanya supervisi memadai dari pihak bank.

Tindakan ini membuat Leeson bertindak di luar batas dan menyebabkan bank mengalami kebangkrutan.

Dari film ini, kamu bisa belajar mengenai manajemen risiko serta kontrolnya dan seberapa besar peran manajemen risiko terhadap keberlangsungan usaha.

Kontrol atas risiko tersebut pun harus diperkuat dengan adanya supervisi atas segala keputusan yang akan diambil terkait dengan pengelolaan uang perusahaan.

4. Freakonomics (2010)

Film yang diproduksi pada 2010 ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul “Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything”.

Buku yang terbit pada 2005 ini  merupakan karya dari seorang ekonom bernama Steven D. Levitt dan jurnalis Stephen J. Dubner.

“Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything” ini tidak menggambarkan secara langsung mengenai keuangan, tetapi membahasnya lebih dari sisi konsep ekonomi.

Film ini bercerita bagaimana kondisi ekonomi mempengaruhi kehidupan pribadi seseorang.

5. Too Big to Fail (2011)

 

Too Big to Fail diadaptasi dari buku karya penulis dan jurnalis Andrew Ross Sorkin yang terbit pada 2009. Film ini dirilis pada 2011.

Krisis moneter pada tahun 2008 menjadi latar belakang film yang disutradarai oleh Curtis Hanson. Tokoh utama dalam film ini adalah Henry Paulson (diperankan oleh William Hurt).

Paulson adalah Menteri Keuangan Amerika Serikat yang menjabat pada 2006-2009 pada periode Presiden George W. Bush.

Harton mencoba membantu Lehman Brothers, sebuah bank investasi terbesar keempat di AS, di waktu krisis sebelum akhirnya dinyatakan bangkrut pada tahun 2008.

Dari film ini, kamu akan melihat bagaimana tokoh-tokoh penting berinteraksi mengenai kondisi ekonomi.

Termasuk di dalamnya proses negosiasi yang akan bisa kamu pelajari dan coba untuk diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

6. The Big Short (2015)

The Big Short juga merupakan film yang diangkat dari sebuah buku yang berjudul “The Big Short: Inside the Doomsday Machine” yang ditulis oleh Michael Lewis.

Dengan latar belakang krisis keuangan tahun 2008, film ini banyak menggambarkan mengenai saham dan juga isu keuangan lainnya.

Kamu akan banyak mendengar istilah ekonomi yang mungkin belum semuanya pernah didengar sebelumnya.

Film ini membutuhkan fokus dari awal hingga akhir agar kamu memahami betul arti dan jalan ceritanya.

Itulah enam film yang mengajarkan keuangan dan memberikan perspektif baru mengenai ekonomi dan juga profesi terkait keuangan.

Selain itu juga banyak soft skills relevan yang bisa kamu pelajari. Dari semua filmnya, film mana saja yang sudah kamu tonton?

Setelah melihat sejumlah film ini, mungkin kamu ingin mempelajari dunia finansial lebih lanjut. Ada sejumlah artikel yang membahas mengenai investasi emas.

Tidak ketinggalan, ada tulisan yang mengulas mengenai investasi sukuk, pilihan terbaik bagi kamu yang ingin melirik investasi berbasis syariah.

Jangan pernah lewatkan update terbaru mengenai berita keuangan, ekonomi, bisnis, hingga gaya hidup, hanya di blog SkorLife.

Kamu berencana untuk membeli toko second melalui pembiayaan dari bank, cek dulu skor kredit melalui aplikasi SkorLife yang diunduh di smartphone.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments