6 Rekomendasi Film Terbaik untuk Belajar Keuangan

Topik mengenai keuangan memang selalu menarik dan penting untuk dibahas. Pengelolaan keuangan menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang kualitas hidup yang lebih baik. Semakin baik pengelolaan keuangan kamu, semakin besar kesempatan kamu untuk dapat meningkatkan kualitas hidup kamu.

Begitu besarnya peran pengelolaan keuangan membuat banyak orang mencari informasi sebanyak-banyaknya. Universitas dan tempat kursus maupun training menawarkan banyak program menarik yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, terdapat juga banyak buku yang membahas mengenai keuangan. Tidak kalah menarik, bagi kamu yang lebih mudah menyerap ilmu dari audio visual, terdapat banyak film yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar mengenai keuangan. Tertarik untuk melihat film seputar keuangan apa saja yang dimaksud dan ada pelajaran apa saja di baliknya? Yuk kita bahas satu per satu!

Wall Street (1987)

Film ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Dibuat pada tahun 1987, namun Wall Street menjadi rekomendasi film tentang keuangan hingga saat ini karena cerita di dalamnya masih relevan dengan kondisi saat ini. Film ini menceritakan tentang seorang makelar saham muda bernama Bud Fox. Bud mengidolakan sosok Gordon Gekko, seorang pemain wallstreet yang melegenda. Bud mencoba segala cara untuk mendekati Gekko dan berakhir dengan memberikan informasi non-publik yang membawa keuntungan bagi Gekko.

Gekko akhirnya menjadi klien dari Bud dan mereka saling memberikan keuntungan. Hubungan bisnis ilegal mereka berakhir setelah Bud menangkap maksud jahat Gekko dan

akhirnya bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk mengungkap kebenaran sekaligus menebus kesalahan dirinya.

Cerita yang kompleks di film ini memberikan gambaran sisi gelap dari trading dan juga konsekuensi dari keserakahan. Profesi seperti trader, broker, banker, dan berbagai profesi keuangan lainnya amat disarankan menonton film ini untuk mendapatkan insight bermanfaat.

Glengarry Glen Ross (1992)

Glengarry Glen Ross adalah sebuah film drama Amerika Serikat yang dibuat pada tahun 1992. Film ini diadaptasi dari David Mamet dari drama pemenang Penghargaan Pulitzer tahun 1984 miliknya.

Film Glengarry Glen Ross mengisahkan tentang empat orang sales properti yang diberi target dengan ancaman kehilangan pekerjaan. Tekanan profesi menyebabkan para sales putus asa. Segala kecurangan termasuk pengkhianatan mereka lakukan agar dapat mencapai target dan bisa mempertahankan pekerjaan mereka.

Film ini banyak menggambarkan mengenai profesi sales. Termasuk tekanan dan juga sisi gelap lainnya.

Rogue Trader (1999)

Film Rogue Trader diangkat dari kisah nyata tentang seorang broker investasi Bernama Nick Leeson. Nick adalah seseorang yang ambisi dan berhasil membuat bankrut sebuah bank tertua kedua di dunia Bernama Barings Bank.

Hal tersebut ia lakukan dengan cara melakukan perdagangan resiko tinggi tanpa adanya supervisi memadai dari pihak Barings. Hal ini yang kemudian membuat Leeson bertindak di luar batas dan menyebabkan kebangkrutan tersebut.

Dari film ini, kamu bisa belajar mengenai manajemen resiko serta kontrolnya. Seberapa besar peran manajemen risiko terhadap keberlangsungan usaha. Kontrol atas risiko tersebut pun harus diperkuat dengan adanya supervisi atas segala keputusan yang akan diambil terkait dengan pengelolaan uang perusahaan.

Freakonomics (2010)

Film ini diangkat dari sebuah buku yang berjudul “Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything” yang merupakan karya dari seorang ekonom bernama Steven D. Levitt dan jurnalis Stephen J. Dubner.

Film ini tidak menggambarkan secara langsung mengenai keuangan namun membahasnya lebih dari sisi konsep ekonomi. Seperti bagaimana kondisi ekonomi mempengaruhi kehidupan pribadi seseorang.

Too Big to Fail (2011)

Krisis moneter pada tahun 2008 menjadi latar belakang film ini. Tokoh utama dalam film ini adalah Curtis Harton, seorang mantan Menteri keuangan Amerika Serikat. Harton mencoba membantu Lehman brothers, sebuah bank investasi terbesar keempat di AS, di waktu krisis sebelum akhirnya dinyatakan bangkrut pada tahun 2008. Dari film ini, kamu akan melihat bagaimana tokoh-tokoh penting berinteraksi mengenai kondisi ekonomi. Termasuk di dalamnya proses negosiasi yang akan bisa kamu pelajari dan coba untuk diaplikasikan dalam pekerjaan kamu sehari-hari.

The Big Short (2015)

The Big Short juga merupakan salah satu film yang diangkat dari sebuah buku yang berjudul “The Big Short: Inside the Doomsday Machine” yang ditulis oleh Michael Lewis. Dengan background krisis keuangan tahun 2008, film ini banyak menggambarkan mengenai saham dan juga isu keuangan lainnya.

Kamu akan banyak mendengar istilah ekonomi yang mungkin belum semuanya pernah kamu dengar sebelumnya. Film ini membutuhkan fokus dari awal hingga akhir film agar kamu memahami betul arti dan jalan ceritanya.

Itulah enam film yang mengajarkan keuangan dan memberikan perspektif baru mengenai ekonomi dan juga profesi. Selain itu juga banyak soft skills relevan yang bisa kamu pelajari. Dari semua filmnya, film mana saja yang sudah kamu tonton?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments