Apa itu Skor Kredit dan Mengapa Skor Kredit Penting?

Skor kredit bukanlah hal yang asing di kalangan masyarakat. Hampir sebagian besar masyarakat sudah pernah mendengar istilah skor kredit, satu hal penting yang menjadi pertimbangan lembaga keuangan sebelum menyetujui kredit kamu. 

Di Personal Finance kali ini, kita akan membahas apa itu skor kredit dan mengapa skor kredit itu penting. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Skor Kredit?

Skor kredit atau credit score adalah tiga digit angka yang berkisar antara 300 hingga 850 yang menggambarkan seberapa baik atau buruk kemampuan seseorang dalam membayar utang pinjamannya. 

Skor kredit ini digunakan oleh lembaga keuangan sebagai kreditur untuk mengevaluasi risiko pemberian kredit kepada seseorang. 

Apabila skor kreditmu rendah, bank atau lembaga keuangan akan melihat risiko yang lebih tinggi dalam melunasi pinjaman yang telah diberikan. 

Begitupun sebaliknya, apabila skor kreditmu tinggi, maka kemampuan melunasi pinjaman akan lebih baik.

Meskipun penilaian skor kredit bisa bervariasi di antara lembaga biro kredit, skor kredit tersebut umumnya dibentuk menggunakan sejumlah informasi yang mencakup jenis utang yang dimiliki, lamanya riwayat kredit, riwayat pembayaran utang, dan rasio kredit. 

Meninjau riwayat kredit seseorang dapat membantu bank mendapatkan informasi apakah calon nasabah bertanggung jawab dalam melunasi kreditnya. 

Mengapa Skor Kredit Penting?

Skor kredit memiliki peran yang sangat penting terhadap keuangan seseorang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa skor kredit dianggap penting dalam keuangan.

Pertama, bank akan melihat hasil skor kredit kamu sebelum memutuskan apakah pengajuan pinjaman kamu disetujui atau tidak. Dengan kata lain, skor kredit dapat mempengaruhi kemampuan kamu dalam mendapatkan pinjaman ataupun kartu kredit. 

Kedua, skor kredit dijadikan acuan untuk menentukan besaran suku bunga yang akan dibebankan kepada calon nasabah. Biasanya, semakin tinggi skor kredit seseorang maka suku bunga yang dibebankan akan semakin sedikit. Begitupun sebaliknya.

Ketiga, perusahaan mempertimbangkan skor kredit sebagai salah satu faktor dalam proses perekrutan, terutama perusahaan yang bergerak di industri keuangan. Skor kredit dianggap sebagai indikator kemampuan seseorang dalam mengelola keuangan. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu skor kredit dan mengapa skor kredit penting. Memahami skor kredit merupakan langkah awal dalam akses yang lebih baik ke berbagai produk dan layanan keuangan.

Pahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi skor kredit agar skor kredit tetap di kondisi yang baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments