Avatar

Sekar

PUBLISHED ON JULY, 21 2022 reading time clock 5 Mins Read

Bagaimana Cara Cek BI Checking di OJK? Begini Langkahnya!

Ketika hendak mengajukan pinjaman misalnya seperti pinjaman kredit tanpa agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor, ataupun Kartu Kredit, pihak bank atau lembaga keuangan terkait akan memeriksa skor kredit dan riwayat kredit seseorang sebelum memutuskan apakah orang tersebut layak diberikan pinjaman sesuai yang diajukan atau tidak.

Hal tersebut dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan terkait agar nantinya setelah pinjaman disetujui, orang tersebut dapat mengembalikan kembali pinjaman yang diberikan dan kegiatan bisnis bank berjalan dengan lancar dan terhindar dari gagal bayar yang merugikan pihak bank.

Untuk dapat mengetahui skor kredit dan riwayat kredit seseorang, pihak bank atau lembaga keuangan terkait akan melakukan BI Checking. Apa itu BI Checking dan bagaimana cara cek BI Checking di OJK?

BI Checking atau yang sekarang berubah nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK dari OJK merupakan layanan informasi yang berisikan catatan riwayat kredit seseorang seperti diantaranya identitas, jumlah pembiayaan yang diterima, riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga informasi mengenai kredit yang macet. Layanan ini juga dikenal sebagai layanan informasi debitur atau iDeb.

Informasi-informasi tersebut didapat dari Pelapor Sistem Informasi Debitur atau SID yang diantaranya adalah Bank Umum, BPR, Lembaga Keuangan Non Bank, Penyelenggara Kartu Kredit selain Bank, dan masih banyak lagi lembaga layanan pinjaman lainnya. Informasi tersebut dapat diakses 24 jam setiap harinya oleh semua bank atau lembaga keuangan lainnya asalkan sudah terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit atau BIK.

Artinya, apabila Anda pernah atau sedang punya pinjaman di bank atau lembaga keuangan lainnya, maka data Anda sebagai debitur akan dilaporkan ke BI Checking karena mereka memiliki kewajiban dalam melaporkan data debitur ke SID. Ketika debitur belum melunasi salah satu pinjamannya atau terdapat kendala dalam membayar kembali dan menunggak, maka data tersebut juga akan masuk ke dalam sistem BI Checking.

BI Checking atau SLIK OJK akan menunjukkan kelayakan debitur berupa skor yang terdiri dari 3 digit angka. Semakin tinggi skor kredit semakin baik pula peluang pinjaman Anda disetujui oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Dengan kata lain, memiliki skor kredit yang tinggi dapat memberikan gambaran kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya bahwa Anda merupakan debitur dengan risiko yang rendah dan bertanggung jawab dalam memenuhi kewajiban membayar cicilan setiap bulan serta bunganya hingga lunas tanpa tunggakan. Sebaliknya, semakin rendah skor kredit, semakin kecil pula peluang pinjaman Anda untuk disetujui oleh pihak bank atau lembaga keuangan lainnya.

Artinya, disetujui atau tidaknya pinjaman yang Anda ajukan kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya sangat bergantung pada skor kredit di SLIK OJK ini.

Selain pihak bank atau lembaga keuangan lainnya, publik atau masyarakat dapat mengakses informasi SID ini. Anda bisa mengetahui catatan kredit dengan cek BI checking lewat OJK online ataupun datang langsung ke kantor OJK secara offline. Cara cek BI Checking di OJK online untuk mengetahui skor kredit adapun syarat dan caranya akan dijelaskan sebagai berikut:

Cara cek BI Checking online

Dari skor di atas, bank atau lembaga keuangan lainnya tentu akan berhati-hati dalam memberikan pinjaman kepada calon debitur yang mendapatkan skor 3, skor 4, dan skor 5 karena khawatir bisa berdampak pada jalannya kegiatan bisnis bank atau lembaga keuangan lainnya. Penting bagi kita sebagai debitur untuk tetap menjaga skor kredit di angka yang baik agar memudahkan kita di kemudian hari ketika membutuhkan pinjaman dari Bank.

Itulah cara cek BI checking di ojk online atau cara cek SLIK OJK untuk mengetahui skor kredit. Anda bisa melakukan cek bi checking atau SLIK melalui online dengan mudah seperti cara di atas.