Kenapa Mobil di Indonesia Setir Kanan? Yuk, Cek Dulu Sejarahnya

Saatnya menyimak sejarah kenapa mobil di Indonesia setir kanan, mungkin banyak di antara kamu yang belum mengetahuinya. 

Kenapa di luar negeri setir mobil di kiri? Saat kamu menyaksikan film Hollywood, pastinya akan melihat tokoh utama mengemudikan mobil. 

Saat itulah, kamu akan menyadari kalau sang bintang mengemudikan mobil setir kiri. Hal yang berbeda dengan kamu temui di Indonesia.  

Sebelum mengulas hal ini lebih lanjut, kamu harus mengetahui sejumlah fakta mengenai setir kanan dan setir kiri, 

Blog Skorlife akan membahas hal ini dengan mengutip sejumlah sumber seperti CNNIndonesia.com, CNBCIndonesia.com, Kompas.com, dan lainnya. 

Faktanya bahwa 35 persen negara di dunia memilih posisi berkendara mobil setir kanan seperti halnya Indonesia. Jumlahnya memang sedikit. 

Bandingkan kalau sisanya atau 65 persen negara di dunia memakai sistem setir kiri. Bahkan, sejumlah negara Asia Tenggara seperti Filipina juga mengadopsi sistem ini.  

Hal yang mendasari perbedaan mengenai posisi ini adalah jalur kendaraan yang dianut setiap negara memang berbeda. 

Biasanya, kalau jalur kendaraan berada di sebelah kiri, maka posisi pengemudi mobil berada di sebelah kanan. Nah, begitu juga sebaliknya. 

Penyesuaian posisi kemudi dengan lajur kendaraan yang berlaku tentunya memudahkan visibilitas atau kemampuan melihat jarak jauh dari pengemudi.  

Sejarah Setir Kanan dan Setir Kiri 

Wah, ternyata soal penempatan setir ini memang memiliki sejarah yang panjang, bermula dari masa kerajaan-kerajaan di Eropa. 

Menurut sejarah, jalur kiri tercipta lantaran ksatria pada zaman dahulu biasanya memegang pedang dengan tangan kanan agar bisa menjangkau musuh saat berkuda. 

Sementara, lajur kanan mulai populer setelah Revolusi Prancis pada 1789-1799 yang menjadi simbol perlawanan terhadap kerajaan. 

Napoleon Bonaparte yang pertama kali menerapkan peraturan jalan kanan di Prancis saat itu dan masih berlaku hingga saat ini. 

Ketika Napoleon menguasai sebagian besar Eropa, ia juga menyebarluaskan aturan tersebut ke sejumlah negara yang berada di bawah kekuasaannya. 

mobil setir kiri di Indonesia
Foto: Hyundai.com

Alasan Kenapa Mobil di Indonesia Setir Kanan

Indonesia menerapkan aturan setir kanan tentunya tidak terlepas dari Belanda yang pernah menjajah dalam jangka waktu lama. 

Lantaran pengaruh Hindia Belanda, akhirnya lalu lintas kendaraan di Indonesia memang menerapkan sistem setir kanan. 

Namun, bagi kamu yang pernah traveling ke Belanda, mungkin malah bertanya lagi sebenarnya Belanda setir kiri atau kanan?

Nah, ini ada sejarahnya tersendiri juga lho. Awalnya, Belanda memang menerapkan sistem setir kanan seperti halnya Indonesia yang menjadi jajahannya. 

Hanya saja Belanda pernah dikuasai Prancis di bawah Napoleon sehingga ada perubahan peraturan yaitu setir kiri. Peraturan ini bertahap hingga sekarang. 

Di manakah letak setir mobil di negara Inggris dan sejumlah negara persemakmuran yang tidak pernah dikuasai Napoleon? 

Wah, ternyata Inggris dan sejumlah negara koloni bekas jajahan juga menerapkan jalur kiri dan setir kanan seperti halnya Indonesia. 

Lantas kenapa Jepang setir kanan? Ternyata, Inggris pernah membantu Jepang dalam membangun infrastruktur kereta api. 

Alhasil, Jepang juga mengadopsi sistem setir yang sama sehingga masuk ke dalam sejumlah negara setir kanan di dunia. 

Tidak heran kalau produk otomotif Jepang juga menguasai Indonesia lantaran kedua negara sama-sama mengaplikasikan sistem setir yang sama. 

Mungkin muncul pertanyaan apakah boleh menggunakan mobil setir kiri di Indonesia? Hmm, boleh saja kok lantaran tidak ada peraturan yang melarang. 

Kamu bisa melihat sejumlah mobil impor setir kiri wira wiri di jalanan kota besar. Jadi kamu tidak perlu heran ya. 

Namun, kalau mengendarai mobil setir kiri sementara jalan di Indonesia berada di posisi kiri tentunya menyulitkan visibilitas pengemudi, kan? 

Nah, itulah sekelumit sejarah kenapa mobil di Indonesia setir kanan. By the way, mobil kamu setir kanan atau kiri nih?

Sebelumnya, ada ulasan mengenai tips menabung untuk beli mobil, cocok bagi kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat dalam waktu dekat.

Kalau kamu berencana membeli mobil baru atau bekas melalui kredit kendaraan bermotor, jangan lupa mengecek skor kredit kamu pada aplikasi Skorlife

Simak sejumlah panduan dan konten menarik lainnya dari blog Skorlife yang bisa memberikan insight terkait pengaturan keuangan. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments