Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON AUGUST, 10 2022 reading time clock 5 Mins Read

Apa Fungsi dari Black Card, Kartu Kredit Para Sultan?

Pernahkah Anda mendengar tentang black card, kartu kredit misterius yang dimiliki hanya oleh kaum sultan alias orang elite?

Atau, mungkin ketika Anda sedang berbelanja tiba-tiba tokonya ditutup karena ada pemilik black card yang ingin berbelanja?

Kira-kira itulah salah satu kesaktian dari black card. Tentunya masih banyak lagi kesaktian dari black card selain berhak menutup toko ketika sedang ingin berbelanja.

Istimewa dan mewah ya black card ini, bisa membuat status sosial Anda langsung terlihat berbeda dari yang lainnya. Faktanya, hanya beberapa orang saja yang memiliki black card di Indonesia, lho.

Yuk, kita membahas black card untuk mengenal apa pengertian black card itu.

Pengertian Black Card

Black card adalah kartu kredit eksklusif yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah dengan keriteria tertentu salah satunya adalah berpenghasilan tinggi. Artinya, tidak sembarang nasabah dapat menjadi pemegang black card. Dapat dipastikan hanya nasabah kelas atas yang memiliki kesempatan untuk memiliki black card ini.

Kriteria detil dari pertimbangan bank dalam memilih nasabah, masih menjadi misteri. Namun, secara umum, jika seseorang memiliki black card artinya ia adalah nasabah kelas atas yang memiliki komitmen tinggi pada kondisi finansialnya dan telah memenuhi persyaratan tertentu terkait dengan kepemilikan aset.

Baik dalam bentuk menyimpan sejumlah uang pada bank, berbelanja tahunan dengan nilai yang tidak sedikit dan prestasi kredit yang baik, atau bahkan merupakan investor dari bank tersebut.

Terdapat informasi juga bahwa apabila seseorang mendapat penawaran atas black card ini, artinya ia telah berbelanja minimal 6 digit dollar AS. Dengan kata lain, black card ini adalah bentuk penghargaan tertinggi bagi nasabah yang berarti bagi bank tersebut.

Kemudian, walaupun namanya adalah black card, namun kartu ini memiliki berbagai pilihan warna untuk kartunya. Lucu pasti, ya!

Fungsi Black Card

Terdapat 3 pihak yang memiliki black card eksklusif, yaitu American Express, J.P Morgan, dan juga Mastercard. Masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda-beda namun memiliki fungsi yang hampir sama.

Selain berhak untuk menutup toko, fungsi black card dan manfaat lainnya adalah:

Fungsi dan manfaat black card memang sangat menarik. Namun, di balik kemewahan tersebut terdapat biaya yang harus dibayar oleh pemegang black card tersebut, yaitu:

Perbedaan Black Card dengan Kartu Kredit Lainnya

Kemudian untuk pertanyaan mendasar yaitu apa sebenarnya perbedaan antara black card dengan kartu kredit lainnya?

Mari kita ulas satu per satu perbedaannya, dimulai dengan cara mendapatkannya. Kartu kredit biasa bisa kita dapatkan dengan mengajukan permohonan. Sedangkan untuk black card, hanya nasabah tertentu yang akan mendapat referral.

Kemudian adalah biaya tahunan, kartu kredit normalnya memilki kisaran di bawah 50 dollar AS untuk biaya tahunan, bahkan ada yang tidak dipungut biaya. Black card memiliki biaya termurah yaitu 495 dollar AS untuk biaya tahunan.

Selanjutnya yaitu fungsi dan manfaatnya. Kartu kredit reguler memiliki promo berupa penawaran menarik pada umumnya seperti discount, cashback, cicilan 0%. Sedangkan black card memiliki semua keuntungan pada kartu kredit reguler dan ditambahkan dengan banyak manfaat yang bersifat mewah lainnya.

Terakhir adalah perbedaan antara limit keduanya. Kartu kredit biasa, limit-nya mulai dari 3 juta rupiah hingga ratusan juta bagi nasabah yang memiliki penghasilan tinggi dan memegang kartu gold atau platinum. Bagi beberapa pemilik black card, terutama American Express, apabila pemegang black card telah menyetorkan 50% biaya awal atau biaya masuk, maka ia berhak menikmati fasilitas black card tanpa limit.

Bagaimana? Menarik dan menantang ya black card ini. Walaupun Anda tidak bisa mengajukan permohonan untuk membuat black card ini,

Di Indonesia, Bank BCA dan BNI merupakan beberapa bank yang menerbitkan black card. Apabila Anda tertarik, mungkin Anda bisa menunjukan komitmen finansial seperti menaruh aset berupa deposito atau membeli saham bank tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menjaga reputasi kredit skor karena tentunya hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan penting yang akan dianalisa oleh pihak bank.


Link foto cover

https://media.suara.com/pictures/970x544/2021/09/03/74385-black-card-american-express.jpg