Avatar

Sekar

PUBLISHED ON AUGUST, 17 2022 reading time clock 5 Mins Read

Biaya Kartu Kredit di Indonesia per Bulan yang Perlu Diketahui

Kartu kredit adalah salah satu metode pembayaran yang sudah dikenal oleh masyarakat luas karena memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan pembayaran secara non tunai. Kartu kredit dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa di tempat-tempat yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Ditengah banyaknya fasilitas bayar nanti atau paylater, nyatanya kartu kredit masih diminati di kalangan masyarakat. Apa itu kartu kredit dan berapa biaya kartu kredit yang dikenakan kepada pengguna ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu kartu kredit?

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI), kartu kredit merupakan alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi, dimana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit dan pemegang kartu memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus ataupun dengan pembayaran secara angsuran.


Kartu kredit tentunya memberikan kemudahan bagi penggunanya karena transaksi yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, baik secara langsung maupun online. Selain kemudahannya, kartu kredit juga memberikan program penawaran yang sangat menarik dan menguntungkan seperti cicilan hingga 0%, diskon besar-besaran, cashback, reward points, hingga fasilitas airport lounge gratis. Program-program yang dilakukan oleh bank penerbit bertujuan untuk menarik nasabah untuk mengajukan kartu kredit.


Namun, di balik kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan kartu kredit, terdapat biaya-biaya yang dibebankan kepada penggunanya seperti biaya bulanan dan biaya tahunan. Biaya tahunan akan dikenakan berbeda-beda sesuai dengan kartu kredit yang digunakan. Di Indonesia, terdapat banyak sekali bank yang menerbitkan kartu kredit, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Biaya Bulanan Kartu Kredit BRI

Biaya bulanan kartu kredit BRI adalah salah satu tagihan yang perlu dibayarkan bagi para nasabah pemegang kartu kredit berupa tagihan dana yang telah digunakan melalui kartu kredit mereka. Bank Indonesia sebagai bank sentral negara Indonesia memiliki peraturan yang mengatur biaya atau tagihan minimum pembayaran kartu kredit yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 22/7/PBI/2020 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Beberapa Ketentuan BI sebagai Dampak Pandemi Covid-19, tagihan minimum pembayaran sebelumnya 10% berkurang menjadi 5%. Namun, perubahan tersebut hanya berlaku hingga 30 Juni 2022 dan saat ini nasabah akan kembali membayar biaya kartu kredit per bulan dengan tagihan minimum pembayarannya sebesar 10%.

Biaya Tahunan Kartu Kredit BRI

Selain biaya bulanan yang akan dikenakan ketika memiliki kartu kredit, biaya kartu kredit per tahun juga akan dikenakan. Berikut ini merupakan biaya tahunan kartu kredit dari bank BRI.

BRI Easy Card

Kartu kredit BRI Easy Card adalah kartu kredit yang diperuntukkan untuk memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi sehari-hari. Bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit ini, Anda harus mempunyai penghasilan minimum per bulan sebesar Rp 3.000.000. Iuran tahunan kartu kredit BRI Easy Card yang harus dibayarkan setiap tahunnya sebesar Rp 250 ribu untuk kartu utama dan Rp 125 ribu untuk kartu tambahan.

BRI Platinum Card

Selain kartu BRI Easy Card, BRI juga mengeluarkan kartu kredit BRI Platinum Card. Syarat pengajuan kartu kredit ini adalah harus memiliki penghasilan minimum per bulan sebesar Rp 8,5 juta. Biaya iuran tahunan kartu kredit BRI Platinum untuk kartu utama sebesar Rp 600 ribu dan kartu tambahan sebesar Rp 300 ribu.

BRI JCB Platinum Card

Selanjutnya, terdapat kartu kredit BRI JCB Platinum Card. Bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit ini perlu memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp 5 juta. Iuran tahunan kartu kredit BRI JCB Platinum Card yang harus dibayarkan setiap tahunnya yaitu sebesar Rp 300 ribu dan kartu tambahan sebesar Rp 150 ribu.

BRI Wonderful Indonesia

Kartu kredit lainnya yaitu kartu kredit BRI Wonderful Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia. Kartu kredit ini memudahkan penggunanya bertransaksi saat jalan-jalan keliling Indonesia. Iuran tahunan yang harus dibayarkan untuk kartu utama sebesar Rp 600 ribu dan Rp 300 ribu untuk kartu tambahan setiap tahunnya.

Syarat Membuat Kartu Kredit BRI

Berikut ini adalah syarat membuat kartu kredit BRI

Kelebihan Kartu Kredit BRI

Kartu kredit BRI memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh penggunanya. Berikut ini adalah kelebihan yang ditawarkan oleh kartu kredit BRI.

Demikianlah penjelasan mengenai biaya kartu kredit, biaya kartu kredit per bulan, dan biaya kartu kredit per tahun dari kartu kredit bank BRI. Sebaiknya, sebelum membuat kartu kredit Anda perlu memperhatikan biaya kartu kredit agar tagihan yang dikenakan sesuai dengan ekspektasi di akhir bulan.