Pilih Sewa atau Membeli Rumah? Pertimbangkan Hal Berikut Ini

Memiliki rumah merupakan harapan semua orang, terutama bagi kamu yang sudah menikah dan berkeluarga.

Fungsi tempat tinggal yang sekaligus bisa dijadikan investasi menyebabkan harga rumah terus meningkat dari waktu ke waktu. Lalu muncul pertanyaan, rumah makin mahal, sewa atau tetap beli?

Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah mengatakan bahwa generasi muda akan semakin sulit memiliki rumah karena harga rumah yang terus naik dan tidak sebanding dengan penghasilan yang didapat.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang lebih memilih menyewa daripada membeli rumah karena perlu mempersiapkan dana yang tidak sedikit.

Terlebih lagi, pembayaran uang muka dan cicilan per bulan untuk rumah yang juga harus dipertimbangkan dalam jangka panjang. Akhirnya, banyak yang lebih memilih menyewa sebelum membeli rumah sendiri.

Baik sewa rumah atau beli rumah, keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Sebaiknya sebelum memutuskan, pertimbangkan terlebih dahulu lebih baik menyewa atau membeli rumah karena hal ini akan mempengaruhi kondisi finansial kamu kedepannya dalam jangka panjang.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini keuntungan dan kerugian menyewa dan membeli rumah.

Baca: Beli rumah atau mobil, mana yang prioritas?


Keuntungan Sewa Rumah

Apabila kamu lebih memilih menyewa rumah daripada membeli rumah sendiri, berikut adalah beberapa keuntungannya.

1. Cocok untuk kamu yang mobilitas tinggi

Apabila kamu termasuk orang yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi, misalnya sering berpindah-pindah tempat dalam jangka waktu yang singkat, maka menyewa rumah lebih menguntungkan dan merupakan keputusan yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan menyewa rumah tidak membutuhkan komitmen jangka panjang sehingga akan memudahkan kamu yang akan berpindah tempat lagi karena tuntutan pekerjaan.

2. Sebagai alternatif bagi kamu yang belum siap secara finansial

Membeli rumah membutuhkan persiapan finansial yang matang. Menyewa rumah bisa menjadi alternatif bagi kamu yang secara finansial belum siap. Butuh biaya yang tidak sedikit untuk bisa membeli rumah.

Selain itu, terdapat rangkaian persyaratan yang perlu kamu penuhi ketika mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke pihak bank.

Jika KPR kamu disetujui, maka kamu perlu menyiapkan Down Payment (DP) sekitar 30% dari harga rumah yang kamu beli. Perihal besaran DP, hal ini masih bisa di negosiasi dengan pihak bank.

Namun perlu diingat, semakin kecil DP yang kamu bayarkan di awal, maka semakin besar cicilan bulanan yang perlu kamu bayar setiap bulannya. Dengan menyewa rumah, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak dan persiapan yang lama.

3. Harga sewa lebih terjangkau

Keuntungan lainnya dari menyewa rumah adalah harga nya yang lebih terjangkau dibanding membeli rumah. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) yang mencakup biaya keamanan dan lingkungan.

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pemakaian listrik dan air yang umumnya dibebankan kepada penyewa.

4. Biaya perawatan atau maintenance yang sedikit

Umumnya, biaya perawatan rumah atau maintenance ditanggung pemilik. Apabila rumah yang kamu sewa mengalami kerusakan, kamu bisa komplain ke pemilik rumah agar dilakukan perbaikan.

Dengan begitu, menyewa rumah bisa membuat pengeluaran jadi lebih hemat karena biaya perawatan rumah atau maintenance yang sedikit atau tidak ada sama sekali.


Kerugian Sewa Rumah

Setelah mengetahui keuntungannya, tentu saja kamu juga perlu mengetahui apa saja kerugian atau kekurangan jika kamu memilih untuk menyewa rumah. Berikut ini adalah beberapa kerugian atau kekurangan dari menyewa rumah.

1. Tidak punya aset sendiri

Salah satu kerugian yang pasti dari menyewa rumah adalah kamu tidak memiliki hak milik atas bangunan tersebut. Berbeda ketika kamu membeli rumah yang bisa menjadi hak milik kamu sepenuhnya dan bisa dijadikan investasi.

2. Biaya sewa yang cenderung naik

Kamu perlu mempertimbangkan harga sewa rumah yang kemungkinan bisa naik sewaktu-waktu. Biasanya, naiknya harga sewa karena tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Untuk meminimalisir naiknya harga sewa, kamu bisa mengambil kontrak panjang 2 hingga 3 tahun agar selama rentang tersebut terhindar dari kenaikan harga.

3. Tidak bisa merubah desain rumah sesuai keinginan

Karena kamu bukan pemilik dari rumah yang kamu sewa, maka kamu tidak bisa merubah desain rumah sesuai keinginan kamu. Biasanya, terdapat larangan untuk mengubah bentuk bangunan tanpa izin pemilik yang ada dalam aturan perjanjian sewa.

4. Biaya pindahan yang mahal

Ketika memutuskan untuk menyewa rumah, terdapat usaha dan biaya tambahan cukup besar yang harus dikeluarkan yakni mengemas barang-barang pribadi dan menyewa kendaraan untuk pindah pertama kali dan ketika masa kontrak sudah habis.


Keuntungan Membeli Rumah

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dari menyewa rumah, dibawah ini adalah beberapa keuntungan apabila kamu membeli rumah sendiri.

1. Memiliki hak sepenuhnya atas rumah tersebut

Ketika kamu membeli rumah sendiri, pastinya kamu memiliki hak penuh atas rumah tersebut. Nantinya, rumah tersebut bisa kamu jadikan investasi atau diwariskan.

Terlebih lagi, apabila kamu di kemudian hari mengalami masa sulit, rumah tersebut bisa dijadikan jaminan pengajuan kredit ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

2. Investasi jangka panjang

Membeli rumah seperti berinvestasi untuk jangka panjang karena harga properti yang terus meningkat seiring waktu. Kamu bisa menyewakan kembali rumah tersebut dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Apabila kamu ingin menjual rumah tersebut, harga nya pun juga pasti akan naik.

3. Berpotensi mendapatkan capital gain

Harga properti yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya membuat nilai aset terus bertambah dari waktu ke waktu. Kamu berpotensi mendapatkan capital gain ketika kamu menjual kembali rumah tersebut.


Kerugian Membeli Rumah

Setelah membahas keuntungannya, berikut ini adalah beberapa kerugian dari membeli rumah sendiri.

1. Dana investasi yang diperlukan sangat besar

Seperti yang kita tahu, membeli rumah membutuhkan dana yang sangat besar dan perlu waktu yang lama untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan.

Ditambah lagi, kemungkinan pengajuan KPR yang bisa ditolak oleh bank karena kredit bermasalah. Hal ini menjadi kekurangan dari membeli rumah sendiri dan mendorong banyak orang untuk menyewa rumah.

2. Wajib bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Ketika kamu memutuskan untuk membeli rumah, kamu sebagai pemilik perlu membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang besarannya dapat meningkat dari waktu ke waktu.

Tentu hal ini perlu kamu pertimbangkan karena pajak menjadi pengeluaran pasti ketika memiliki rumah sendiri.

3. Risiko kredit macet

Jika kamu membeli rumah dengan cara kredit, sebaiknya perhitungkan dengan matang kondisi finansial kamu dalam jangka panjang.

Apabila kamu mengalami masalah keuangan di tengah jalan, tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami risiko kredit macet dan rumah kamu bisa disita oleh bank atau developer.

Demikian penjelasan mengenai untung rugi sewa rumah dan beli rumah. Baik sewa atau beli rumah, keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum memutuskan pilih sewa atau beli rumah, kamu perlu perencanaan keuangan yang matang dan pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments