Avatar

Malik Eminem

PUBLISHED ON MAY, 2 2022 reading time clock 5 Mins Read

Bagaimana Cara Mulai Membangun Skor Kredit (Credit Score) yang Baik?

Riwayat kredit atau credit history merupakan suatu kumpulan informasi mengenai lancar atau tidaknya seseorang dalam membayar kredit. Riwayat kredit membantu memberikan gambaran bagaimana seseorang mengelola berbagai pinjaman sebelumnya, seperti berapa banyak pinjaman yang pernah dimilikinya, apakah masih memiliki beban pinjaman, seberapa sering menunggak, dan lainnya.

Cara seseorang dalam mengelola pinjaman ini akan dinilai oleh biro kredit dalam bentuk skor, yang diakumulasikan menggunakan informasi yang ada di riwayat kredit dan informasi lainnya. Skor yang diberikan akan menunjukkan seberapa besar kemungkinan seseorang membayar kembali pinjaman tepat waktu.

Jika Anda berencana mengajukan pinjaman atau kredit lainnya dan sudah memiliki riwayat kredit serta skor kredit yang baik, hal tersebut pastinya akan membantu pihak Bank dalam memutuskan apakah akan memberikan pinjaman atau tidak dan besar kemungkinan pinjaman Anda akan disetujui.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki riwayat kredit dan skor kredit yang baik? Hal tersebut akan membuat peluang pinjaman Anda untuk disetujui semakin kecil karena tidak adanya riwayat kredit yang dapat diperiksa untuk mengetahui kemampuan Anda dalam membayar kembali pinjaman yang diberikan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mulai membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik sejak dini. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membangun skor kredit yang baik:

1. Mengajukan kartu kredit
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mulai membangun riwayat kredit adalah dengan mengajukan kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit secara bijak dengan membayar kewajiban tepat waktu, hal ini akan membantu riwayat kredit menjadi positif dan skor kredit Anda akan meningkat.

2. Mengajukan pay later
Pay later dapat menjadi tahapan awal dalam membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik karena pengajuannya yang mudah dan lebih praktis. Hanya dengan KTP dan informasi jumlah penghasilan, Anda sudah dapat menggunakannya untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli suatu barang. Sebaiknya, gunakan pay later dengan bijaksana dengan membayar lunas tagihan sebelum jatuh tempo.

3. Membuka rekening bank
Tips lainnya yaitu membuka rekening bank. Jika Anda dapat mengelola akun bank dengan baik dan cermat serta dapat menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang dapat mengatur keuangan, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan pinjaman dari Bank yang sama. Pastinya hal tersebut merupakan langkah yang bagus dalam membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik.

Skor kredit merupakan hal yang harus diperhatikan karena menjadi hal yang dasar bagi lembaga keuangan untuk menyetujui pengajuan kredit. Dengan melakukan tiga tips diatas, Anda dapat mulai membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik. Menggunakan kartu kredit maupun pay later dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu dapat menjadi rekam jejak keuangan yang bagus sehingga skor kredit pun meningkat.