Bagaimana Cara Mulai Membangun Skor Kredit yang Baik?

Skor kredit pada intinya adalah nilai kelayakan kamu menerima pinjaman. Kalau skor kredit kamu jelek, maka kamu akan susah dapat pinjaman entah itu pinjol, KPR, dan semua pinjaman lainnya. Sebaliknya, kalau skor kredit kamu bagus, kamu akan mudah mendapat pinjaman.

Skor kredit ini berasal dari rekam jejak pinjaman kamu sebelumnya. Lembaga keuangan (misal pinjol resmi) akan melaporkan riwayat pinjaman nasabahnya ke OJK, kemudian data ini akan diolah oleh biro kredit yang akhirnya muncul dalam bentuk skor.

Dengan begitu, sudah jelas bahwa cara untuk meningkatkan skor kredit adalah dengan selalu bayar tepat waktu, tidak pernah telat, dan tidak bayar lunas.

Tapi bagaimana kalau kamu belum pernah punya pinjaman? Sayangnya, ini adalah hal buruk karena biro kredit tidak bisa menilai apakah kamu orang yang layak (skor kredit tinggi) atau tidak layak menerima pinjaman (skor kredit rendah).

Yuk langsung bahas beberapa tahapan untuk meningkatkan skor kredit kamu.


1. Aktifkan paylater / pinjaman online

Paylater atau pinjol dapat menjadi tahapan awal dalam membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik karena pengajuannya yang mudah dan lebih praktis (pastikan pinjol resmi).

Hanya dengan KTP dan informasi jumlah penghasilan, kamu sudah dapat menggunakannya untuk menunda atau mencicil pembayaran ketika membeli suatu barang.

Cek: Daftar pinjol ilegal berdasarkan OJK


2. Pinjam nominal kecil

Berhubung tujuannya adalah meningkatkan skor kredit (bukan berhutang), maka ambillah pinjaman kecil yang tidak akan mengganggu kondisi finansial kamu.

Ini penting sekali, karena kamu harus memastikan kamu bisa selalu bayar full dan tepat waktu, tanpa mengganggu kondisi keuanganmu.


3. Cicil setiap bulan selama 1 tahun

Atur pelunasan pinjol kamu selama 1 tahun dan cicil setiap bulan. Kenapa tidak langsung lunas 1 bulan saja? Ini dikarenakan rentang waktu pelunasan ikut mempengaruhi skor kredit.

Orang yang rutin melunasi hutangnya dari waktu ke waktu, dan dalam periode lama, dinilai lebiih baik daripada yang periode nya sangat sebentar.

Lakukan ini terus menerus, dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, maka skor kredit kamu akan terus meningkat juga. Ketika sudah saatnya kamu mengambil pinjaman besar (KPR misalnya), peluang disetujui kamu akan lebih besar.

Baca juga: Skor kredit tidak muncul? Mungkin ini penyebabnya!


4. Ulangi

Kalau sudah satu tahun dan kamu ingin terus meningkatkan skor kredit, ulangi tahap di atas (selalu pastikan ambil nominal yang bisa dilunasi dengan gampang!).

Yang sering jadi masalah adalah, ketika skor kredit kamu sudah bagus, kamu mulai mengabaikan bayar cicilan ini tepat waktu sehingga skor kredit perlahan turun. Pastikan hal ini tidak terjadi, caranya adalah dengan pasang autodebet di rekening bank mu atau paling tidak ya selalu buat reminder pribadi.

Tips lainnya yaitu membuka rekening bank. Kalau kamu dapat mengelola akun bank dengan baik dan cermat serta dapat menunjukkan bahwa kamu merupakan seseorang yang dapat mengatur keuangan, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan pinjaman dari Bank yang sama.

Pastinya hal tersebut merupakan langkah yang bagus dalam membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik.

Skor kredit merupakan hal yang harus diperhatikan karena menjadi hal yang dasar bagi lembaga keuangan untuk menyetujui pengajuan kredit.

Dengan melakukan tiga tips diatas, kamu dapat mulai membangun riwayat kredit dan skor kredit yang baik.

Menggunakan kartu kredit maupun pay later dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu dapat menjadi rekam jejak keuangan yang bagus sehingga skor kredit pun meningkat.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
View all comments