Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Sudah Mendapatkan Laporan BI Checking? Yuk, Kita Bahas Cara Membacanya!

Setelah Anda berhasil mengajukan permohonan laporan BI Checking, sekarang waktunya Anda untuk membacanya dengan seksama. Satu per satu data harus Anda cocokan kembali untuk meyakinkan bahwa laporan tersebut adalah betul milik Anda.

Mengapa harus teliti dalam membaca laporan BI Checking atau SLIK OJK? Karena ternyata, kesalahan data juga bisa terjadi dan di sinilah pentingnya peran Anda sebagai nasabah dengan tingkat awareness yang tinggi. Mari kita bahas lebih lanjut ya, mengenai isi dan arti dari laporan BI Checking!

tatacara

Data Pada Laporan BI Checking

Dalam proses membaca laporan BI Checking, terutama bagi yang belum familiar, hal yang terpenting adalah untuk tetap tenang dalam menelaah setiap poin agar tidak mudah merasa lost ketika mencoba membaca.

Berikut adalah data-data yang terdapat pada laporan BI Checking agar dapat optimal dalam melakukan cek skor kredit BI:

Data-data tersebut merupakan data nasabah yang dilaporkan oleh kreditur kepada OJK sebagai regulator. Oleh karena itu, sangat penting bagi nasabah untuk memberikan data yang valid dan terbaru ketika mengajukan pinjaman atau ketika ada perubahan data.

skala

Lima Status Kolektibilitas

Pada bagian kredit pembayaran BI Checking, Anda mungkin sudah menyadari bagaimana dunia perbankan membagi status pembayaran atau yang biasa juga disebut dengan status kolektibilitas/Kol menjadi lima kategori.

Adapun penjelasan mengenai 5 klasifikasi kolektibilitas, yaitu:

Apa yang Dilakukan Jika Data Tidak Sesuai?

Apabila hal ini terjadi kepada Anda, tidak perlu panik ya. Pertama, Anda bisa cek dahulu nama kreditur dan coba diingat kembali secara pasti apakah benar Anda adalah peminjam dari kreditur tersebut.

Langkah selanjutnya adalah datangi pihak kreditur untuk mendapatkan kejelasan. Apabila status Anda telah lunas namun pada laporan BI Checking berubah, Anda sebaiknya mengajukan permohonan pembuatan Surat Keterangan Lunas dan juga meminta bantuan pihak kreditur untuk memperbaharui laporan pada BI Cheking.

Apabila hal tersebut telah dilakukan maka Anda dapat memantau Kembali laporan BI Cheking pada akhir bulan berjalan atau periode bulan selanjutnya. Namun, apabila belum berubah, ada baiknya Anda membawa Surat Keterangan Lunas dan melapor langsung kepada OJK agar dapat diproses secara langsung oleh pihak OJK.

Dengan adanya laporan terbaru baik dari pihak kreditur atau Anda, laporan BI Checking pun akan menyesuaikan dengan data terbaru dan nama Anda akan Kembali bersih. Begitulah cara mengetahui skor bi checking Anda secara lengkap, ya.