Skor Kredit Tidak Muncul? Bisa Jadi Begini Alasannya!

Punya rencana membeli rumah atau mobil impian setelah bekerja keras? Kalau jawabannya iya, maka kamu perlu cek skor kredit kamu secara rutin supaya impian tidak hancur berkeping-keping.

Skor kredit yang bagus bisa menjadi tanda bahwa kemungkinan besar pengajuan pinjaman kamu dapat diterima. Namun, sering juga terjadi skor kredit tidak muncul meski tidak pernah melanggar apapun.

Pertanyaannya, apa saja yang bisa menyebabkan hal itu terjadi? Dan apa yang akan terjadi jika skor kredit tidak muncul ketika kita hendak mengajukan KPR ataupun pinjaman lainnya?


Alasan Skor Kredit Tidak Ditemukan

skor-kredit-tidak-ada

Kalau kamu punya dan pernah memakai kartu kredit, baik itu masih berjalan ataupun sudah lunas dalam kurun beberapa tahun, pasti data kamu muncul dan kamu bisa langsung melihat hasil akhir skor kredit.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang skor kreditnya tidak muncul? Terdapat beberapa penyebab skor kredit tidak muncul dan akan kita bahas satu per satu.

1. Pihak kreditur tidak melaporkan ke OJK

Hal pertama yang dapat menyebabkan laporan SLIK OJK data kamu berstatus Data Tidak Ditemukan adalah karena pihak bank atau kreditur lain tidak melaporkan ke OJK.

Laporan SLIK adalah laporan yang perlu untuk diupdate oleh pihak kreditur sebagai upaya untuk memberikan data terbaru terkait pinjaman pada debitur maupun kreditur lainnya.

Hal ini bisa jadi karena terlewat oleh pihak kreditur, sehingga Ada baiknya kamu bisa mengingatkan tim kreditur untuk memperbaharui data SLIK kamu.

Kalau kamu banyak mengambil pinjaman, tapi dari pinjol ilegal, maka tentunya tidak ada laporan dari mereka ke OJK.

2. Informasi sudah terlalu lama (melebihi data rekam di SLIK OJK)

Apakah kamu ingat kapan terakhir memiliki catatan pinjaman? Apabila sudah melebihi 2 tahun yang lalu, data bisa jadi sudah dihapuskan pada SLIK karena untuk saat ini, laporan SLIK memuat laporan hingga 2 tahun ke belakang.

3. Terdapat kekeliruan penginputan data oleh kreditur pada SLIK OJK

Kemudian kembali lagi ke pihak kreditur, bisa jadi pihak kreditur melakukan kesalahan dalam memproses penginputan pada laporan kamu.

Human error bisa terjadi, namun kamu juga bisa melakukan double check untuk menghindari kesalahan.

Data apa saja yang bisa salah? Bisa jadi data pinjaman kamu dimasukan ke debitur lain yang memiliki nama sama karena petugas lalai untuk mengecek lebih dalam data kamu. Hal ini dapat membuat skor kredit kamu tidak muncul pada laporan SLIK OJK.

4. Tidak pernah memiliki pinjaman

Alasan terakhir mengapa skor kredit tidak muncul karena bisa jadi kamu tidak pernah memiliki pinjaman cicilan maupun kartu kredit.

Jika kamu hanya memiliki kartu debit, maka skor kredit kamu tidak akan muncul. Karena pada dasarnya laporan SLIK OJK adalah untuk melihat komitmen finansial kamu dalam membayar kewajiban berupa tunggakan setiap bulannya.


Pengertian Skor Kredit

Setelah membahas pembahasan yang lebih dalam, ada baiknya kita melihat apa sebenarnya skor kredit itu dan kenapa bisa skor kredit menjadi salah satu faktor terbesar yang bisa menentukan apakah pengajuan kamu akan diterima atau ditolak.

Skor kredit pada dasarnya adalah nilai dari kualitas komitmen kamu dalam hal finansial. Skor kredit dapat diukur dari tingkat kolektibilitas.

Sesuai dengan klasifikasi yang dibuat oleh pihak OJK, terdapat 5 status kol (atau collection). Kol-1 artinya skor kredit kamu adalah lancar, Kol-2 artinya status kamu adalah Dalam Pengawasan Khusus (DPK), Kol-3 artinya adalah Kredit Tidak Lancar, Kol-4 artinya Kredit Diragukan, dan yang terakhir adalah Kol-5 yaitu Kredit Macet.


Cara Mendapatkan Skor Kredit

Lantas, bagaimanakah cara untuk mendapatkan skor kredit tersebut? Tujuannya yaitu agar kamu bisa terlebih dahulu memperbaiki skor kredit sebelum mengajukan cicilan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki sistem khusus dimana setiap debitur dapat melihat kondisi kredit mereka. Sistem ini disebut IDEB dan laporannya disebut dengan SLIK atau yang lebih dulu kita kenal sebagai BI Checking.

Cara untuk mendapatkan laporan skor kredit pun terbilang mudah. Kamu bisa mengajukan langsung ke OJK baik secara offline maupun online.

Sayangnya, proses seperti ini sangat memakan waktu, cara yang lebih mudah adalah pakai download aplikasi Skorlife dan langsung lihat semua catatan riwayat kredit kamu.


Penting untuk diketahui bahwa skor kredit amatlah penting bagi pihak kreditur untuk menilai kelayakan dan komitmen debitur terkait proses pengajuan KPR maupun pinjaman lainnya.

Untuk debitur dengan kondisi skor kredit tidak muncul, biasanya pihak kreditur akan memiliki kebijakan internal guna untuk mengurasi potensi resiko yaitu pembatasan limit.

Apabila hal ini terjadi kepada kamu, ada baiknya kamu membuat pengajuan atau proses lebih lanjut dengan bank atau pihak kreditur lain yang telah mengenal kamu lama, atau bisa juga melalui referal. Hal ini karena pihak kreditur akan bisa menilai kelayakan dan komitmen kamu dari faktor lain. Contohnya dari saldo, karakter kamu, prospek pekerjaan/bisnis kamu.

Hal ini diharapkan dapat membuat pengajuan kamu diterima tanpa harus menerima limit yang lebih kecil daripada yang sebenarnya bisa kamu dapatkan. Dengan begini, maka impian kamu untuk memiliki rumah dan mobil idaman kamu akan segera terwujud!

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
View all comments