Ingin Punya Lebih dari Satu Kartu Kredit, Apakah Boleh?

Ingin mengajukan kartu kredit padahal sebelumnya sudah punya dan masih aktif? Apakah boleh memiliki lebih dari satu kartu kredit? 

Salah satu alat pembayaran non-tunai berbasis kartu yang marak digunakan banyak orang adalah kartu kredit. Di zaman modern seperti sekarang ini, kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup orang banyak.

Praktis dan mudah digunakan untuk bertransaksi merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan dari kartu kredit. Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, kartu kredit juga menawarkan banyak benefit yang menguntungkan.

Maka tidak heran jika penggunanya merasa tidak cukup jika hanya memiliki satu kartu kredit. Contohnya di negara Amerika Serikat, rata-rata setiap orang di sana memiliki hingga empat kartu kredit. 

Sebenarnya di Indonesia sendiri, masih banyak orang yang takut atau enggan menggunakan kartu kredit. Alasan yang paling utama adalah mereka khawatir jika nantinya mereka terjebak dalam utang yang tidak bisa dilunasi. 

Namun, tidak sedikit pula orang yang memiliki satu kartu kredit atau bahkan lebih. Jika kartu kredit digunakan dengan bijak dan penuh perhitungan, kartu kredit bisa memberikan manfaat untuk kita sebagai penggunanya dibandingkan metode pembayaran lainnya.

Keuntungan Memiliki Lebih dari Satu Kartu Kredit

Punya kartu kredit lebih dari satu tentunya memberikan beberapa keuntungan tersendiri. Berikut adalah beberapa keuntungan yang pada akhirnya membuat orang memutuskan untuk punya lebih dari satu kartu kredit:

1. Punya Kartu Cadangan

Memiliki barang tentu saja berpotensi hilang, seperti halnya kartu kredit. Ketika kamu punya kartu kredit, selalu ada kemungkinan kartu tersebut hilang, dicuri, atau bahkan diretas.

Butuh waktu beberapa hari untuk mengurus kartu kredit tersebut dan kamu tidak bisa menggunakan kartu kredit selama masa-masa itu hingga kartu yang baru datang. Oleh karena itu, punya kartu kredit lebih dari satu bisa membantu kamu di situasi seperti ini.

2. Dapat Memaksimalkan Lebih Banyak Rewards

Rewards kartu kredit adalah benefit yang diberikan oleh bank kepada pengguna kartu karena telah bertransaksi menggunakan kartu kredit. Rewards ini terdiri dari beberapa jenis, seperti cash back, poin reward, miles atau poin travel, ataupun diskon dan promo khusus.

Dengan memanfaatkan rewards tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu. Apalagi jika kamu punya dua kartu kredit atau lebih, semakin banyak rewards yang bisa kamu dapatkan untuk berhemat.

3. Tambahan Dana dalam Keadaan Darurat

Memiliki kartu kredit lebih dari satu artinya artinya ada dana tambahan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Hal ini bisa membantu kamu apabila salah satu dari kartu kredit kamu telah mencapai batas limit dan kamu sedang dalam keadaan yang mendesak. 

4. Meningkatkan Skor Kredit

Punya satu kartu kredit atau lebih akan mempengaruhi beberapa faktor yang berkontribusi pada perhitungan skor kredit. Mengapa? Karena salah satu faktor penting dalam perhitungan skor kredit adalah rasio utang terhadap kredit. Rasio ini mengukur seberapa besar utang kartu kredit dibandingkan total kredit yang tersedia. 

Dengan memiliki dua kartu kredit, maka total kredit yang tersedia jadi lebih tinggi. Jika kamu menjaga saldo utang tetap rendah dan membayar tagihan secara penuh setiap bulan, maka rasio utang terhadap kredit kamu akan lebih rendah dan berdampak positif pada skor kredit kamu.

Risiko Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu

Walaupun punya kartu kredit lebih dari satu ada untungnya, namun ada juga risikonya jika kartu tidak dipergunakan dengan bijak. Apa saja risikonya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Potensi Terjebak dalam Utang

Ketika kamu punya lebih dari satu kartu kredit, potensi untuk berbelanja lebih banyak akan muncul. Jika tidak bisa menahan diri untuk tidak berbelanja melebihi kemampuan bayar, maka kamu bisa terjebak dalam utang. 

2. Pengeluaran Tidak Terkendali

Punya dua kartu kredit atau lebih akan lebih mudah tergiur untuk berbelanja lebih sering. Apabila kartu kredit tidak digunakan dengan bijak, pengeluaran bisa jadi tidak terkendali. 

Ditambah lagi, kartu kredit sering memiliki bunga yang tinggi. Artinya ketika kamu punya dua kartu kredit atau lebih, maka akan ada dua tambahan biaya yang perlu kamu keluarkan. 

3. Risiko Telat Bayar Tagihan

Bayar tagihan bisa jadi telat karena punya dua kartu kredit atau lebih, lho! Oleh karena itu, kamu harus bisa mengelola masing-masing kartu dengan baik. Catatlah tanggal jatuh tempo pembayaran dan jumlah tagihannya agar tagihan terbayar tepat waktu. 

Punya kartu kredit lebih dari satu sebetulnya boleh-boleh saja, asalkan kamu bisa mengatur kondisi keuangan kamu dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai punya kartu kredit malah merugikan diri kamu sendiri akibat tidak bisa menahan diri dan tergiur untuk terus berbelanja. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments