Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON AUGUST, 10 2022 reading time clock 5 Mins Read

Sama-sama Praktis, Ini Perbedaan Kartu Kredit Vs Kartu Debit

Kartu debit dan kartu kredit, bagi sebagian masyarakat yang memiliki salah satu atau keduanya mungkin sudah familiar dan mengetahui perbedaan di antara keduanya. Namun, bagi sebagian lain masyarakat yang belum pernah memiliki kartu tersebut, mungkin akan sedikit bingung.

Kartu debit dan kredit masing-masing memiliki keuntungan yang tentunya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, dan juga kemampuan kondisi keuangan Anda.

Walaupun tampak sama, namun terdapat perbedaan yang mendasar dan signifikan antara keduanya. Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, Anda bisa memahami terlebih dahulu pengertian kartu debit dan juga kartu kredit.

Pengertian Kartu Kredit

Menurut Bank Indonesia atau BI, kartu kredit adalah Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK) atas suatu transaksi keuangan dimana kewajiban membayar akan diambil oleh penerbit kartu kredit dan nasabah tersebut akan berkewajiban untuk membayar baik secara cicilan sesuai jangka waktu yang disepakati maupun pelunasan langsung kepada bank penerbit kartu kredit.

Kemudian, Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda membutuhkan kartu kredit. Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengevaluasi pro dan kontra dari kartu kredit, di antaranya adalah:

Dengan penggunaan yang bijak, kartu kredit dengan segala penawarannya dapat dimanfaatkan karena menawarkan solusi pembayaran dengan jangkauan yang luas.

Pengertian Kartu Debit

Kartu debit adalah kartu yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi keuangan elektronik dan transaksi selain dalam bentuk uang tunai. Apabila pada kartu kredit terdapat limit atau batas maksimal transaksi, pada kartu debit terdapat saldo yaitu jumlah uang yang Anda miliki pada kartu debit tersebut.

Saldo ini dapat Anda kurangi dan tambahkan melalui setor tunai melalui teller bank ataupun setor pada mesin ATM. Bisa juga Anda melakukan transfer melalui i-banking ataupun aplikasi m-banking.

Di zaman cashless seperti saat ini, kepemilkan kartu debit terbilang penting karena Anda sudah tidak lagi perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang terlalu banyak. Oleh karena itu, kartu debit merupakan salah satu dari solusi transaksi keuangan yang praktis.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Terdapat perbedaan mendasar dan signifkan antara kartu kredit dengan kartu debit, beberapa di antaranya adalah:

Apakah sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan antaran kartu kredit dengan kartu debit? Tentunya sudah, ya. Keduanya menawarkan manfaat yang berbeda dan semuanya bisa Anda nikmati tentunya dengan pemakaian yang bijak, ya!


Link foto cover

https://banksentral.com/wp-content/uploads/2020/01/Perbedaan-Kartu-ATM-Kartu-Debit-dan-Kartu-Kredit.jpg