Ini 5 Keuntungan Membeli Rumah Secara KPR

Harga rumah semakin naik dari tahun ke tahun. Sehingga, untuk membelinya secara tunai akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga uang terkumpul. Untuk mengatasi hal tersebut, KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sering dijadikan solusi agar bisa memiliki rumah lebih cepat.

Meski demikian, sebagian orang masih ada yang ragu untuk mengambil KPR. Mulai dari tidak ingin terbebani utang dengan jangka waktu yang panjang hingga bunga KPR yang sewaktu-waktu bisa naik mengikuti pasar.

Nyatanya, membeli rumah dengan KPR justru memberikan banyak manfaat dibanding membeli rumah secara tunai, lho. Apa saja keuntungannya? Di bawah ini adalah beberapa keuntungan membeli rumah dengan KPR.

1. Punya Rumah Lebih Cepat

Membeli rumah dengan KPR memungkinkan kamu untuk punya rumah lebih cepat. Pasalnya, kamu tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk mengumpulkan uang tunai yang cukup.

Dengan KPR, kamu bisa membayar rumah yang kamu beli secara bertahap dengan uang muka yang relatif kecil. Sehingga, kamu bisa punya rumah lebih cepat daripada membelinya secara tunai.

2. Legalitas yang Terjamin

Membeli rumah dengan KPR merupakan transaksi yang sah dan legal di banyak negara, termasuk Indonesia. Legalitas tersebut didasarkan pada kontrak hukum antara peminjam (pembeli rumah) dan pemberi pinjaman (biasanya bank atau lembaga keuangan). 

Semua syarat dan ketentuan termasuk tingkat bunga, jangka waktu, hak dan kewajiban kedua belah pihak sudah diatur dengan jelas di dalam kontrak. 

Tidak hanya itu, biasanya proses KPR juga melibatkan notaris dan dokumen-dokumen hukum yang resmi. 

3. Promo dari Bank

Pemberi pinjaman atau bank seringkali memberikan berbagai jenis promo kepada calon peminjam yang ingin mengajukan KPR.

Berbagai jenis promo yang sering ditawarkan oleh bank seperti diskon suku bunga, periode tanpa pembayaran, pembiayaan uang muka, ataupun pembebasan biaya administrasi. Tentunya ada syarat dan ketentuan khusus untuk bisa menikmati promo tersebut dari bank. 

4. Mendapat Perlindungan Asuransi

Membeli rumah dengan KPR tidak otomatis mendapatkan asuransi. Namun, bank atau lembaga keuangan biasanya menawarkan asuransi untuk melindungi peminjam dan keluarganya jika terjadi sesuatu yang menyebabkan mereka tidak dapat lagi membayar cicilan KPR, seperti kematian atau cacat total dan tetap. 

Asuransi ini akan membantu melunasi atau mengurangi sisa utang KPR. Selain asuransi jiwa, ada juga asuransi yang melindungi properti dari kerusakan akibat kebakaran atau bencana alam.

5. Bisa dijadikan Investasi

Ada berbagai macam cara berinvestasi, salah satunya melalui properti rumah. Membeli rumah dengan KPR bisa dijadikan investasi karena rumah cenderung mengalami apresiasi nilai seiring waktu. 

Selain itu, selama proses KPR masih berjalan kamu juga bisa menyewakan rumah tersebut. Sehingga, uang yang didapat bisa digunakan untuk membayar cicilan KPR. 

Itulah keuntungan membeli rumah dengan KPR. Sebelum mengambil KPR, penting untuk melakukan perencanaan keuangan yang cermat, memahami syarat-syarat KPR dan mempertimbangkan risiko serta manfaatnya. 

Kamu juga bisa konsultasi dengan financial planner untuk memastikan apakah situasi keuangan kamu memungkinkan untuk membeli rumah secara KPR. Jangan sampai kamu gagal bayar karena hal tersebut bisa mempengaruhi penilaian skor kredit kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments