Avatar

Natissa

PUBLISHED ON JULY, 20 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Gampang Mengecek BI Checking, Online Juga Bisa!

Memiliki rumah dan kendaraan impian lebih mudah dengan bantuan pinjaman dari Bank. Namun sebelum mendapat persetujuan bank, kita harus memenuhi syarat skor yang ditentukan BI checking. Apa itu BI Checking?

BI checking adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi terkait riwayat kredit debitur. Sistem ini akan menunjukkan rekam jejak debitur dalam perilaku finansialnya. Kelancaran dalam membayar cicilan dan kegagalan pembayaran tercatat di dalamnya. Hal ini sangat menentukan apakah pengajuan pinjaman dari debitur layak diberikan oleh bank atau tidak.

BI checking sendiri dulu dikenal dengan Sistem Informasi Debitur (SID). Dalam sistem ini tercantum sejumlah informasi seperti, identitas debitur, riwayat kredit yang pernah dilakukan, informasi pemberi kredit, hingga kelancaran pembayaran kredit. Jika debitur memiliki riwayat kredit macet juga akan tercantum di sana.

Lalu bagaimana cara kita mengecek riwayat kredit kita? Mengecek riwayat kredit BI checking sebenarnya sangat mudah. Kita bisa melakukannya via online bahkan lewat hp kita. Simak caranya di bawah ini.

Cara Mengecek BI Checking Online Via Hp atau Laptop

Saat ini BI checking sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Layanannya pun sudah beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Meski demikian kita tetap bisa mengakses informasi SLIK ini secara gratis. Anda dapat melakukan BI checking secara online via Hp android maupun laptop, baik di kantor pusat maupun di kantor regional. Di SLIK layanan informasi riwayat kredit ini disebut layanan informasi debitur (iDEB). Bagaimana cara mengakses SLIK?

Anda bisa melakukan permohonan akses SLIK di kantor pusat maupun di kantor regional/ OJK setempat. Caranya sedikit berbeda, namun sama-sama mudah dilakukan. Berikut caranya:

Cara mengecek SLIK di Kantor Pusat secara online

Cara mengecek SLIK online di Kantor Regional/ Kantor OJK Setempat

Cara mengecek BI Checking secara Offline

Anda juga bisa mengajukan permohonan mengakses iDEB dengan mendatangi langsung kantor pusat/ kantor regional/ kantor OJK setempat. Caranya pun tak kalah mudah.

Pemohon SLIK datang langsung ke kantor pusat/ kantor regional/ kantor OJK setempat dengan membawa dokumen sebagai berikut:

Selama dokumen yang diperlukan lengkap, permohonan Anda tentu akan diproses sesuai ketentuan. Perlu dicatat juga bahwa untuk permintaan informasi SLIK tidak dipungut biaya (gratis).

Dokumen informasi SLIK mungkin terlihat memusingkan bagi orang awam. Tapi jangan khawatir, Anda akan diberikan panduan membaca iDEB yang mudah dimengerti.

Mengecek Skor BI Checking

Informasi yang tercantum dalam SLIK memperlihatkan riwayat kredit debitur. Di dalamnya terdapat skor yang menunjukkan seberapa baik debitur dalam melakukan pembayaran kredit. Skor ini yang jadi pertimbangan bank dalam menyetujui pemberian kredit yang diajukan debitur.

Seperti apa skala skor yang diberikan? Penilaian dibagi menjadi 5 kategori kolektibilitas kredit. Berikut 5 kolektibilitas kredit sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum :

Kolektibilitas 1: Lancar, apabila debitur selalu membayar pokok dan bunga tepat waktu. Perkembangan rekening baik, tidak ada tunggakan, serta sesuai dengan persyaratan kredit.

Kolektibilitas 2: Dalam Perhatian Khusus, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 1-90 hari.

Kolektibilitas 3: Kurang Lancar, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 91-120 hari.

Kolektibilitas 4: Diragukan, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga antara 121-180 hari.

Kolektibilitas 5: Macet, apabila debitur menunggak pembayaran pokok dan/atau bunga lebih dari 180 hari.

Anda masih memiliki pertanyaan seputar SLIK? Jangan ragu untuk menghubungi OJK lewat layanan call center di 157. Email: konsumen@ojk.co.id atau via nomor WhatsApp di 081-157-157-157. Anda juga bisa menghubungi kantor OJK setempat yang dekat dengan tempat tinggal Anda.